Sukses


Pengertian dan Sejarah Singkat Olahraga Yoga

Bola.com, Jakarta - Yoga merupakan jenis senam tanpa menggunakan irama. Kini olahraga tersebut sudah populer di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, pengertian yoga ada dua. Pertama, yoga adalah sistem filsafat Hindu yang bertujuan mengheningkan pikiran, bertafakur, dan menguasai diri.

Kemudian pengertian yoga yang kedua adalah senam gerak badan dengan latihan pernapasan, pikiran, dan sebagainya untuk kesehatan rohani dan jasmani.

Kata “yoga” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “menyatu.” Penyatuan yang dimaksud bermakna “penyatuan dengan Sang Pencipta” dan atau “penyatuan dengan alam". Yoga terdiri atas berbagai cabang dan bentuk aktivitas seperti, meditasi atau tapa, latihan postur, hingga kekuatan fisik.

Banyaknya manfaat yang bisa didapatkan membuat banyak orang berminat untuk mencoba ikut kelas latihan yoga. Yoga bermanfaat untuk meregangkan otot-otot, mengurangi stres,melangsingkan tubuh (menurunkan berat badan atau menjaga berat ideal), menyehatkan tubuh, dan lain-lain.

Bagi kamu yang tertarik untuk mencoba mendapatkan berbagai manfaat dari yoga, bisa mengenal yoga lebih dalam dengan mengetahui sejarahnya terlebih dahulu.

Berikut ini sejarah singkat latihan yoga yang perlu diketahui, dilansir dari Emodul.kemdikbud.go.id, Senin (20/2/2023).

 

 

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Sejarah Yoga

Tidak ada catatan tertulis dan resmi siapa orang yang menemukan olahraga ini untuk pertama kali. Sebab, yoga dilakukan untuk pertama kali oleh para yogi (sebutan untuk praktisi yoga) jauh sebelum laporan tertulis itu muncul.

Selama ribuan tahun, para yogi ini menurunkan ilmunya kepada para muridnya, yang pada akhirnya membuat olahraga yoga masuk ke dalam sekolah-sekolah yang dibawa langsung oleh para anak didik tersebut.

Konon kabarnya, yoga sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu. Orang-orang yang melakukan yoga secara umum disebut yogis. Sedangkan jika dipisahkan berdasarkan gender, praktisi pria disebut yogin dan praktisi wanita disebut yogini.

Ajaran yoga termuat dalam sastra Hindu seperti: Hatta Yoga, Bhagavad Gita, Yogasutra, dll. Jika tertarik untuk melihat beberapa klasifikasi yoga, bisa mencari buku Karma Yoga, Bakti Yoga, hingga Raja Yoga.

Di Indonesia, yoga pertama kali diperkenalkan oleh Maha Rsi Agastya yang berasal dari Kasi, Benares, India. Sejak saat itu, yoga terus berkembang dan banyak dipraktikkan terutama di kerajaan-kerajaan Hindu di tanah air (Kerajaan Kutai, Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Kalingga, hingga Kerajaan Majapahit, dan Pajajaran).

3 dari 4 halaman

Sejarah Yoga

Lanjutan...

Di zaman modern di Nusantara, yoga semakin banyak dipraktekkan. Sejak tahun 90-an, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan lain-lain.

Yoga mulai banyak diterima oleh masyarakat sejak kegiatan ini dijadikan sebagai alternatif untuk mengatasi stres yang banyak dirasakan oleh masyarakat pada saat itu.

Dengan senam yoga seseorang mampu memerangi napsu makan berlebih saat stres dan memberi inspirasi untuk tidak makan terlalu banyak (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Bahasa Indonesia Kelas VII, 2017).

Saat ini, yoga semakin banyak diterima dan dipraktikkan di Indonesia karena semakin banyak kelas-kelas yoga yang dibuka, serta adanya media (seperti internet) yang menampilkan berbagai cerita dan pengalaman kepuasan orang yang melakukan yoga sehingga membuat banyak orang lain menjadi tertarik untuk ikut dan mencoba.

Adapun yang harus diketahui untuk mengenal yoga bagi pemula salah satunya adalah filsafat dan cabang yoga. Pada zaman dahulu, yoga sering diibaratkan sebagai sebuah pohon yang terdiri atas akar, batang, cabang, bunga, dan buah.

4 dari 4 halaman

Sejarah Yoga

Lanjutan. . .

Setiap cabang yoga memiliki karakteristik yang unik yang bisa dipraktikkan dengan biaya murah bahkan tidak memerlukan biaya. Adapun beberapa cabang yoga di antaranya adalah:

• Hatha Yoga melibatkan fisik dan mental yang digunakan untuk melatih tubuh dan pikiran

• Raja Yoga (mempraktikkan meditasi)

• Karma Yoga, yang secara khusus dipraktikkan untuk membebaskan yogis dari sifat negatif dan egoisme.

• Bhakti Yoga (jalan pengabdian), merupakan alternatif yoga untuk menyalurkan emosi secara positif dengan mengedepankan toleransi dan keterbukaan.

• Jnana Yoga, adalah jalan kebijakan yang akan didapatkan melalui pembelajaran

• Tantra Yoga (panduan ritual), mempraktikkan berbagai upacara dan penyempurnaan hubungan dengan Sang Pencipta.

Sejarah yoga dibagi ke dalam empat kategori besar besar yakni Yoga Veda, Yoga Praklasik, Yoga Klasik, dan Yoga Posklasikal

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar sejarah lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer