Sukses


Apa Itu Recount Text? Ketahui Ciri, Macam, Struktur, dan Kaidah Kebahasaannya

Bola.com, Jakarta - Ketika kamu menulis jurnal atau diari, sebenarnya kamu sedang menulis recount text. Lantas apa itu recount text?

Recount text adalah jenis teks yang menceritakan kembali sesuatu yang telah terjadi di masa lampau.

Cerita tersebut dapat berupa aksi atau aktivitas sebelum seseorang menuliskan teks, misalnya pengalaman yang lucu, menyenangkan, menyedihkan, maupun menakutkan.

Terkadang, cerita yang dituliskan dalam recount text tidak selalu tentang hal personal, bisa juga sesuai jiwa imajinatif si penulis.

Selain itu, untuk beberapa kasus si penulis menggunakan connective adverbs, seperti first, next, then, last, finally, dan lain sebagainya, untuk menunjukkan runtutan kejadian yang diceritakan saat menulis recount text.

Itulah sedikit gambaran secara umum tentang recount text. Setelah mengetahui pengertiannya, kamu perlu mempelajari juga ciri, macam, struktur, hingga kaidah kebahasaannya

Berikut ini rangkuman mengenai recount text yang penting diketahui, dilansir dari laman Englishcafe dan Blog.cakap, Rabu (22/2/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Recount Text

Berikut ciri-ciri recount text:

  • Menggunakan past tense.
  • Terdapat adverbial phrase (keterangan waktu dan tempat).
  • Menggunakan conjunction (kata hubung: first, then, next).
3 dari 5 halaman

Macam-Macam Recount Text

Berikut macam-macam recount text:

  • Factual; yang diceritakan dalam teks merupakan cerita sesuai fakta. Contohnya: laporan kepolisian atau kejadian nyata sejarah.
  • Personal; sebagai penulis pasti punya pengalaman melakukan sesuatu atau apa pun itu. Tulisan tentang pengalaman itu termasuk bentuk teks personal.
  • Imaginative; bentuk imaginative recount hampir mirip narrative text. Bedanya, bentuk ini berkisah tentang pengalaman imajinatifmu. Misalnya, mimpi.
4 dari 5 halaman

Struktur Recount Text

Berikut struktur recount text:

  • Orientation; sebagai pembuka, bagian orientation berisi informasi dasar yang menjawab pertanyaan who, where, when.
  • Events; pada bagian isi atau events ini, saatnya menjawab pertanyaan how atau why. Ceritakan kisahmu dan jangan lupa memakai adverbial phrase.
  • Re-orientation; di bagian penutup, tulislah kesimpulan atau pendapat perihal ceritamu secara keseluruhan sekaligus singkat.
5 dari 5 halaman

Kaidah Kebahasaan Recount Text

  • Past Tense

Lantaran menceritakan kejadian di masa lampau, kita menggunakan tata bahasa past tense di dalam recount text.

  • Time Connective

Time connective adalah kata-kata yang berfungsi sebagai penghubung waktu untuk mengurutkan kejadian, misalnya after, before, at first, then, after that, dan lain-lain.

  • Adverbs

Adverbs adalah kata keterangan untuk menunjukkan waktu, tempat, atau cara, misalnya yesterday, three months ago, last year, at home, slowly, carefully, dan lain-lain.

 

Sumber: Englishcafe, Blog.cakap

Dapatkan artikel edukasi berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer