Sukses


Bacaan Doa saat Hujan yang Bisa Diamalkan Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Hujan adalah berkah dari Allah Swt. yang tidak hanya dirasakan manusia melainkan seluruh makhluk hidup ciptaan-Nya yang ada di bumi.

Namun, turunnya air hujan terkadang menjadi hambatan bagi orang yang memiliki aktivitas di luar rumah. Selain itu, hujan secara terus-menerus bisa mengakibatkan banjir.

Saat hujan turun terlalu lebat dan terus-menerus, Islam mengajarkan umatnya untuk memanjatkan doa. Berdoa merupakan kebiasaan orang muslim dalam berbagai keadaan, termasuk saat turun hujan.

Membaca doa saat turun hujan adalah amalan yang dianjurkan oleh nabi Muhammad saw. Saat hujan turun, pintu-pintu langit terbuka dengan lebar dan pada saat itu pula Allah Swt. banyak mengabulkan doa umat-umat-Nya.

Umat muslim bisa juga mengikuti sunah Nabi Muhammad saw. tersebut saat hujan. Lantas, bagaimana doa saat hujan?

Berikut ini bacaan doa saat hujan yang bisa diamalkan umat muslim lengkap beserta artinya, disadur dari Merdeka, Senin (27/2/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Doa saat Turun Hujan

Diriwayatkan dalam hadis Bukhari nomor 1032, dari Ummul Mukminin, Aisyah radhiyallahu 'anha membaca kalimat tersebut saat hujan turun;

Allahumma shoyyiban nafi'an.

Artinya: "Ya Allah, turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat."

Selain itu, kamu juga bisa membaca doa saat turun hujan lainnya sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ صَيِّبًا هَنِيًّا وَسَيِّبًا نَافِعًا

Allahumma shayyiban haniyya wa sayyiban nafi'a.

Artinya: "Wahai Tuhanku, jadikan ini hujan terpuji kesudahannya dan menjadi aliran air yang bermanfaat."

3 dari 5 halaman

Doa saat Turun Hujan dengan Angin Kencang dan Petir

Satu di antara hadis Imam Muslim meriwayatkan bahwa saat hujan disertai angin kencang Rasulullah saw. membaca sebuah doa angin kencang berikut ini:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

Allahumma inni as aluka khoiraha wa khoira ma fiha wa khoira ma ursilat bihi wa a'udzubika min syarriha wa syarri ma fiha wa syarri ma ursilat bihi.

Artinya; "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan angin ini dan kebaikan yang ada padanya dan kebaikan yang dibawanya dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan angin ini, keburukan yang ada padanya dan keburukan yang dibawanya."

4 dari 5 halaman

Bacaan Doa agar Hujan Cepat Reda dan Berhenti

1. Bacaan Doa agar Hujan Reda atau Berhenti

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ

Muthirnaa bi fadh-lillaahi wa rahmatih.

Arti: "Dicurahkannya hujan ini kepada kami atas karunia dan rahmat Allah." (HR. Bukhari)

2. Bacaan Doa agar Hujan Reda atau Berhenti

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِوَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allaahumma hawaalainaa wa laa ‘alainaa, allahumma ‘alal aakaami wadh dhiroobi, wa buthuunil audiyati, wa manaabitisy syajarati.

Arti: "Ya Allah berilah hujan di sekitar kami, jangan kepada kami. Ya Allah berilah hujan ke dataran tinggi, beberapa anak bukit, perut lembah dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan." (HR. Bukhari dan Muslim)

5 dari 5 halaman

Doa saat Hujan Disertai Petir

Sementara jika hujan yang turun disertai dengan petir, berdasarkan hadis riwayat Imam Malik inilah doa saat turun hujan yang pernah dibaca oleh Rasulullah saw.

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

Subhaanalladzii yusabbihur ro'du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya: "Maha suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbihlah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya."

 

Disadur dari: Merdeka.com (Reporter : Edelweis Lararenjana. Published: 20/5/2022).

Baca artikel seputar bacaan doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer