Sukses


Cara Mengatasi Badan Lemas dan Lelah yang Bisa Dilakukan di Rumah

Bola.com, Jakarta - Merasa lemas dan lelah (fatigue) merupakan keluhan yang sering ditemukan terutama pada orang yang menginjak usia pertengahan.

Rasa lemas dan lelah tidak akan muncul jika tidak ada penyebabnya. Terkadang rasa lelah bisa tetap terasa, meski sudah cukup beristirahat atau tidur.

Penyebab lemas dan lelah biasanya karena rutinitas pekerjaan yang padat. Rutinitas tersebut tidak diimbangi dengan istirahat, yang akan menyebabkan stres dan kejenuhan.

Selain itu, kamu perlu memahami kondisi tubuhmu dengan baik. Jika kamu paham kondisi tubuhmu, akan lebih mudah dalam melakukan pengecekan dini.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi badan lemas dan lelah. Bagaimana caranya?

Berikut cara mengatasi badan lemas dan lelah, disadur dari Klikdokter, Kamis (2/3/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Badan Lemas dan Lelah

1. Singkirkan adanya kemungkinan penyakit

Fatigue merupakan gejala umum untuk banyak penyakit, seperti diabetes, anemia, penyakit tiroid. Konsultasikanlah ke dokter bila kamu merasa lelah yang berlebihan.

Beberapa obat dapat menyebabkan fatigue, termasuk beberapa obat antihipertensi, antihistamin, diuretik, dan lainnnya.

2. Lakukan aktivitas fisik

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa aktivitas fisik meningkatkan energi dalam tubuh. Olahraga memperbaiki efesiensi jantung, paru, dan otot. Bahkan berjalan selama 15 menit saja dapat meningkatkan energi tubuh.

3. Lakukan yoga

Setelah enam minggu mengikuti kelas yoga, relawan pada sebuah penelitian di Inggris melaporkan adanya peningkatan energi dan rasa percaya diri.

4. Cukupi kebutuhan air

Minumlah air dalam jumlah yang banyak dan mencukupi kebutuhan karena kekurangan cairan (dehidrasi) menurunkan energi.

5. Tidur yang cukup

Rekomendasi The Royal College of Psychiatrist adalah: tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya, cukupi waktu tidurmu dan mandilah dengan air hangat sebelum tidur selama setidaknya 20 menit.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Badan Lemas dan Lelah

6. Konsumsi omega-3

Sebuah penelitian tahun 2009 di Italia menunjukkan bahwa subjek yang mengkonsumsi kapsul minyak ikan selama 21 hari merasa lebih kuat dan berenergi.

7. Kurangi lemak tubuh

Cukupi porsi makan, hindari makanan berlemak, pilih menu yang memiliki nutrisi seimbang sehingga dapat meningkatkan aktivitas fisik.

8. Makan lebih sering

Makan dalam jumlah lebih sedikit dengan frekuensi lebih sering untuk menstabilkan kadar gula darah, termasuk makanan selingan yang sehat.

9. Kurangi stres

Lakukan aktivitas seperti mendengarkan musik, membaca, atau berjalan-jalan.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 22/9/2014)

Yuk, baca edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer