Sukses


Bacaan Doa Menyambut Datangnya Bulan Suci Ramadan

Bola.com, Jakarta - Tak lama lagi umat Islam di seluruh dunia akan kembali bertemu dengan bulan suci Ramadan, bulan yang penuh dengan keberkahan. Datangnya bulan Ramadan sangat ditunggu-tunggu umat muslim karena keutamaannya.

Selama sebulan penuh umat muslim akan lebih fokus dalam melakukan ibadah dan amalan-amalan lainnya, untuk mendulang pahala yang jumlahnya bisa berkali lipat dari bulan-bulan biasanya.

Suasananya pun terasa lebih damai dan penuh kekhusyuan. Masjid-masjid penuh dan lantunan Al-Qur'an terdengar di mana-mana.

Ramadan juga menjadi momen yang tepat untuk menambah ilmu agama karena banyak kesempatan untuk mengikuti pengajian setelah salat berjamaah.

Dalam menyambut bulan suci Ramadan, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa agar ibadah yang dilakukan bisa lebih lancar dan diterima Allah Swt.

Berikut bacaan doa menyambut datangnya bulan suci Ramadan, seperti disadur dari Dream, Jumat (3/3/2023).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Menyambut Datangnya Bulan Suci Ramadan

Doa Menyambut Bulan Suci Ramadan

Allahumma barik lana fi rajaba wa sya'bana wa balighna ramadlana

Artinya:

"Ya Allah, berkahilah kami pada Rajab dan Sya'ban dan pertemukanlah kami dengan Ramadan"

 

Allāhumma sallimnī li Ramadhāna, wa sallim Ramadhāna lī, wa sallimhu minnī

Artinya:

"Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) Bulan Ramadan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di bulan Ramadan." 

3 dari 3 halaman

Doa Mohon Diberi Kekuatan Ibadah Ramadan

Puasa dan salat tarawih merupakan dua ibadah yang identik dengan bulan Ramadan. Dua kewajiban tersebut tentu sangat dinanti-nantikan umat muslim.

Di sisi lain, meski Ramadan sering disebut bulan suci yang spesial, bukan berarti dalam melakukan ibadah pada bulan tersebut kita tidak menemui kendala atau godaan.

Agar selalu kuat dalam melakukan ibadah kepada Allah Swt., Anda bisa memohon kepada-Nya agar selalu diberi kekuatan untuk melakukan ibadah setiap saat.

Berikut doa yang bisa Anda baca agar diberikan kekuatan dalam melakukan ibadah pada bulan Ramadan.

Doa Mohon Diberi Kekuatan Ibadah Ramadan 

Allahumma ha huwa syahrush shiyami qod aqbala 'alaina binurihi wa dhiya-ihi wa khoirihi wa barakatihi fawaffiqna wa taqobbal minna shiyama naharihi wa qiyama layalihi wa awzi'na anna'mala shalihan fima tuhibbu wa tardla anaal laili wa athrafan nahari. Allahumma zakki nufusana wa thohhir a'malana birahmatika ya arhamar rahimin. Allahuma inna laka fi kulli lailatin min layali syahri ramadlana nafahatin wa mawahiba wa 'athiyyatin fallahumma imnahna minha ya rabbal 'alamin. Wa shallallahu 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala alihi wa shohbihi wa sallam.

Artinya :

"Ya Allah, inilah bulan puasa telah datang mengunjungi kami dengan sinar dan cahayanya, dengan kebajikan dan aneka keberkahannya, maka anugerahilah kami kemampuan melaksanakan puasa di siang harinya, dan salat di malam harinya. Tunjukilah dan anugerahilah kami kemampuan mengamalkan amal-amal saleh yang Engkau sukai dan Engkau ridhi sepanjang malam dan siang hari. Ya Allah, sucikan jiwa-jiwa kami, dan bersihkan amalan-amalan kami dengan rahmat-Mu, wahai Penyayang yang paling Penyayang. Ya Allah, setiap malam di bulan Ramadan, Engkau memberi anugerah yang dimohonkan, pemberian yang tak diminta, dan embusan-embusan rahmat, maka ya Allah, berikanlah kepada kami sebagiannya, wahai Tuhan semesta alam."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Ahmad Baiquni. Published: 4/5/2019)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer