Sukses


8 Cara Memberikan Pertolongan Pertama Bila Digigit Anjing

Bola.com, Jakarta - Meski anjing merupakan hewan yang bisa jadi sahabat manusia, tidak sedikit anjing yang suka menggigit dan berperilaku galak kepada pemilik maupun orang asing.

Menurut US Centre for Disease Control, satu dari lima gigitan anjing bisa berakibat parah dan membutuhkan pengobatan segera.

Anjing yang belum divaksinasi memiliki risiko membawa penyakit rabies, dan sangat bisa ditularkan kepada manusia.

Rabies atau sering disebut penyakit "anjing gila" adalah infeksi virus yang biasanya ditularkan ke manusia dan hewan melalui gigitan hewan yang terinfeksi. 

Setelah digigit oleh anjing yang terinfeksi rabies, biasanya penderita tidak akan langsung menampakkan gejala. Ada waktu inkubasi, yaitu jarak waktu antara gigitan dan gejala, yang umumnya terjadi selama 1-3 bulan.

Agar tidak menjadi makin parah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memberikan pertolongan pertama bagi mereka yang baru saja digigit oleh anjing.

Berikut delapan cara memberikan pertolongan pertama bila digigit anjing, seperti disadur dari Klikdokter, Selasa (14/3/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Memberikan Pertolongan Pertama Bila Digigit Anjing

1. Cuci Luka dengan Air Mengalir

Penanganan yang pertama kali perlu dilakukan saat digigit anjing adalah mencuci luka. Segera bersihkan luka tersebut dengan air mengalir. Terlebih jika ada luka terbuka.

2. Bersihkan Menggunakan Sabun 

Selain menggunakan air mengalir, luka bekas gigitan anjing sebaiknya dibersihkan juga dengan sabun. 

3. Lakukan Penekanan pada Daerah Luka

Untuk mencegah infeksi akibat digigit anjing, pertolongan pertama yang tak kalah penting adalah memberikan tekanan pada daerah luka. Khususnya bila terdapat perdarahan yang mengalir aktif pada luka gigitan, penekanan tersebut akan membantu perdarahan segera berhenti.

3 dari 4 halaman

Cara Memberikan Pertolongan Pertama Bila Digigit Anjing

4. Balut Luka

Luka yang sudah dibersihkan menggunakan antiseptik perlu segera ditutup. Kamu bisa membalut luka dengan kasa steril. Tindakan ini dilakukan untuk menghindari risiko terjadinya infeksi.

5. Berikan Antiseptik

Tahapan berikutnya adalah gunakan cairan antiseptik untuk membersihkan luka secara maksimal. Ini dilakukan agar infeksi akibat gigitan anjing tidak terjadi.

6. Posisikan Lokasi Gigitan

Pastikan kamu memosisikan luka bekas gigitan anjing dengan tepat. Kamu sebaiknya meletakkan bagian yang terluka pada posisi yang lebih tinggi. 

4 dari 4 halaman

Cara Memberikan Pertolongan Pertama Bila Digigit Anjing

7. Konsumsi Obat Antinyeri

Bila tahapan pertolongan pertama digigit anjing tersebut telah dilakukan, lalu kamu merasakan nyeri pada luka, konsumsi obat antinyeri seperti paracetamol atau ibuprofen bisa membantu. 

8. Periksakan Diri ke Dokter

Penanganan gigitan anjing bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Kamu hanya perlu mengikuti panduan di atas. Kendati demikian, jangan lupa untuk segera ke dokter terdekat untuk perawatan luka lebih lanjut.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 18/10/2022)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer