Sukses


Bacaan Doa setelah Salat Tasbih dalam Tulisan Arab dan Latin, Lengkap dengan Artinya

Bola.com, Jakarta - Salat tasbih merupakan satu di antara salat sunah yang bisa dikerjakan umat muslim. Bahkan, salat tasbih sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw.

Sesai namanya, dalam salat sunah mengandung banyak bacaan tasbih. Ada 300 kali tasbih yang harus dibaca dalam sekali salat sunah tersebut.

Dengan memperbanyak tasbih berarti kita berharap Allah Swt. mengampuni dosa-dosa kita. Meski hukumnya sunah, tidak ada salahnya mempelajari dan mengamalkan salat tasbih ini.

Bahkan, Rasulullah saw. menyarankan kepada pamannya untuk menjalankan salat tasbih tersebut, meski hanya sekali seumur hidup.

Kemudian setelah melaksananakan salat tasbih, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu. Bagaimana bacaan doa setelah salat tasbih?

Berikut ini bacaan doa setelah salat tasbih dalam tulisan Arab dan latin, disadur dari Dream, Selasa (14/3/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Salat Tasbih Sesuai Sunah

Sebelum mengetahui bacaan doa setelah salat tasbih, ketahui terlebih dahulu tata caranya. Berikut ini tata cara salat tasbih:

  • Niat
  • Takbiratul ihram
  • Membaca doa Iftitah
  • Membaca surat Al-Fatihah.
  • Membaca surat dari Alquran.
  • Membaca tasbih sebanyak 15 kali. Bacaan tasbih seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah saw. berikut ini: Subhanallah, walhamdulillah, walaa ilaaha illa allah, wallahu akbar.
  • Rukuk dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
  • Iktidal dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
  • Sujud dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
  • Duduk di antara dua sujud dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
  • Sujud yang kedua kali dan membaca doa seperti biasa. Setelah itu membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
  • Membaca tasbih sebelum rakaat kedua. Sebelum berdiri untuk mengerjakan rakaat yang kedua, duduk istirahat sejenak sambil membaca tasbih seperti di atas sebanyak 10 kali.
  • Berdiri mengerjakan rakaat kedua sama seperti pada rakaat pertama.
  • Duduk tasyahud akhir. Pada tasyahud akhir membaca tasbih terlebih dahulu sebanyak 10 kali, kemudian baru membaca doa tasyahud akhir.
  • Diakhiri dengan salam.
3 dari 4 halaman

Bacaan Niat Salat Tasbih

Menurut tuntunan cara salat tasbih sesuai ajaran Rasulullah saw., ada 300 kali tasbih yang harus dibaca. Bacaan niat dalam cara salat tasbih siang ataupun malam ada perbedaan sedikit, yaitu pada peletakan salamnya.

1. Niat Salat Tasbih Siang Hari

Niat salat sunnah tasbih pada siang hari (4 rakaat dengan 1 salam) dengan membaca dalam hati bacaan berikut:

Usholli sunnatat tasbihi arba’a rak’aatin lillahi ta’alaa

Artinya: Aku niat salat tasbih empat rakaat karena Allah Ta'ala.

2. Niat Salat Tasbih Malam Hari

Niat salat sunah tasbih pada malam hari (4 rakaat dengan 2 salam) dengan membaca dalam hati bacaan berikut:

Usholli sunnatat tasbihi rak’ataini lillahi ta’alaa

Artinya: Aku niat salat tasbih dua rakaat karena Allah Ta'ala.

4 dari 4 halaman

Doa setelah Salat Tasbih

اَللّٰهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ تَوْفِيْقَ أَهْلِ الْهُدَى وَأَعْمَالَ أَهْلِ الْيَقِينِ وَمُنَاصَحَةَ أَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ أَهْلِ الصَّبْرِ وَوَجَلَ أَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ أَهْلِ الرَّغْبَةِ وَتَعَبُّدَ أَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ أَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى أَخَافَك اَللّٰهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ مَخَافَةً تَحْجِزُنِيْ عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى أَعْمَلَ بِطَاعَتِكَ عَمَلًا أَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ وَحَتَّى أُنَاصِحَكَ بِالتَّوْبَةِ خَوْفًا مِنْكَ حَتَّى أَخْلُصَ لَكَ النَّصِيحَةَ حَيَاءً مِنْكَ وَحَتَّى أَتَوَكَّلَ عَلَيْكَ فِي الْأُمُورِ كُلِّهَا وَحَتَّى أَكُوْنَ أُحْسِنَ الظَنَّ بِكَ، سُبْحَانَ خَالِقِ النُّورِ

Allahumma inni as'aluka taufîqa ahlil huda, wa a'mala ahlil yaqin, wa munashahata ahlit taubah, wa 'azma ahlis shabri, wa wajala ahlil khasyyah, wa thalaba ahlir raghbah, wa ta'abbuda ahlil wara'i, wa 'irfana ahlil 'ilmi hatta akhafak. Allahumma inni as'aluka makhafatan tahjizuni 'an ma'ashika hatta a'mala bi tha'atika 'amalan astahiqqu bihi ridhaka wa hatta unashihaka bit taubah, khaufan minka hatta akhlusha lakan nashihata haya'an minka wa hatta atawakkala 'alaika fil 'umuri kulliha wa hatta akuna 'uhsinuz zhanna bika, subhana khaliqin nur.

Artinya,

"Ya Allah, kepada-Mu aku meminta petunjuk mereka yang terima hidayah, amal-amal orang yang yakin, ketulusan mereka yang bertobat, keteguhan hati mereka yang bersabar, kekhawatiran mereka yang takut (kepada-Mu), doa mereka yang berharap, ibadah mereka yang wara', dan kebijaksanaan mereka yang berilmu agar aku menjadi takut kepada-Mu. Ya Allah, masukkanlah rasa takut di kalbuku yang dapat menghalangi diri ini untuk mendurhakai-Mu. Dengan demikian aku dapat beramal saleh yang mengantarkanku pada rida-Mu, dan aku bertobat setulusnya karena takut kepada-Mu. Dengan itu pula aku beribadah secara tulus karena malu kepada-Mu. Dengan rasa takut itu aku menyerahkan segala urusanku kepada-Mu. Karena itu juga aku dapat berbaik sangka selalu kepada-Mu. Mahasuci Engkau Pencipta cahaya."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Reporter: Ahmad Baiquni. Published: 26/11/2022)

Baca artikel seputar bacaan doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer