Sukses


8 Manfaat Menakjubkan Melakukan Push Up sebelum Tidur

Bola.com, Jakarta - Push up adalah olahraga umum yang dapat dilakukan oleh kaum pria maupun wanita. Bahkan olahraga ini pun dapat dilakukan oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Untuk melakukan push up, kamu tidak perlu membutuhkan peralatan apa pun. Selain itu, push up bisa dilakukan di mana saja, baik di luar ruangan (outdoor) maupun di dalam ruangan (indoor).

Push up merupakan latihan fisik di mana kita berbaring dengan wajah menghadap ke lantai dan mencoba mendorong tubuh dengan lengan sambil menjaga kaki dan punggung tetap lurus.

Adapun fungsi push up melatih trisep, otot dada, dan bahu. Jika dilakukan secara rutin dan efektif, olahraga ini juga dapat membentuk otot perut.

Ternyata melakukan push up sebelum tidur baik untuk tubuh. Lantas apa saja manfaat yang bisa diambil dari push up sebelum tidur?

Berikut ini delapan manfaat menakjubkan melakukan push up sebelum tidur, dikutip dari laman Dosenpenjas dan Atursaja, Rabu (15/3/2023).

2 dari 5 halaman

Manfaat Menakjubkan Melakukan Push Up

1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh penting untuk melindungi tubuh dari bebagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Tubuh yang sehat membuat aktvitas sehari-hari menjadi lancar.

Melakukan olahraga push up sebelum tidur dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Gerakan-gerakan yang dilakukan membuat peredaran daran makin lancar. Peredaran darah yang lancar akan membantu sistem imun tubuh menyebar ke seluruh tubuh.

2. Mencegah Insomnia

Insomnia adalah sebutan untuk keadaan di mana seseorang mengalami susah tidur. Hal tersebut dapat terjadi karena banyak faktor. Untuk mengatasi insomnia, melakukan olahraga push up sebelum tidur dapat menjadi solusi untuk mengatasi insomnia.

Melakukan olahraga push up sebelum tidur memberikan efek rileks pada tubuh. Namun, perlu diperhatikan intensitas latihan yang dilakukan. Jangan sampai justru membuat tubuh menjadi kelelahan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Menakjubkan Melakukan Push Up

3. Memperbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh ideal menjadi dambaan semua orang. Melakukan olahraga khususnya push up sebelum tidur membantu memperbaiki postur tubuh. Olahraga push up sebelum tidur juga membantu memperlancar kerja tubuh bagian dalam.

4. Meningkatkan Mood Keesokan Hari

Banyak penelitian membuktikan bahwa ketika kamu terbiasa push up sebelum tidur, keesokan harinya suasana hati akan terasa lebih bahagia. Dengan melakukan push up sebelum tidur, aktivitas keesokan harinya akan dihadapi dengan lebih bersemangat dan bekerja lebih efektif.

4 dari 5 halaman

Manfaat Menakjubkan Melakukan Push Up

5. Membakar Kalori

Melakukan olahraga push up sebelum tidur dipercaya mampu membakar kalori hingga dua kalori dalam tubuh. Melakukan olahraga ini secara rutin sangat cocok dilakukan untuk mendukung program diet.

Semakin banyak kalori yang terbakar akan semakin ideal pula bentuk tubuh seseornag. Lemak yang berebihan di tubuh dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti obesitas dan lain sebagainya.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung perlu dijaga untuk menghindari berabagi macam penyakit yang ada. Jantung merupakan organ vital tubuh memiliki fungsi peran yang sangat berat, satu di antaranya memompa darah ke seluruh tubuh.

Oleh karena itulah dengan melakukan olahraga push up sebelum tidur membuat jantung bekerkja lebih cepat dari biasanya. Semakin sering jantung bekerja, mengurangi risiko lemah jantung.

5 dari 5 halaman

Manfaat Menakjubkan Melakukan Push Up

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Tak hanya bisa dilakukan di pagi atau sore hari, kamu bisa mencoba melakukan push up sebelum tidur. Pasalnya, ada manfaat push up sebelum tidur yang bisa kamu dapatkan, misalnya adalah meningkatkan kualitas tidur.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan keesokan harinya bisa bangun tidur dengan segar dan lebih fokus dalam menjalani aktivitas harian.

8. Mengurangi Risiko Osteoporosis

Osteoporosis adalah satu di antara penyakit yang biasanya diderita oleh orang lajut usia. Hal tersebut membuat otot dan tulang tubuh menjadi kaku.

Melakukan push up sebelum tidur dapat menjadi satu di antara alternatif untuk memenuhi kebutuhan gerak tubuh. Apabila dilakukan secara rutin, dapat membantu mencegah penyakit osteoporosis ketika sudah lanjut usia.

 

Sumber: Dosenpenjas, Atursaja

Yuk, baca kumpulan artikel manfaat bagi kesehatan lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer