Sukses


Tujuan Bisnis beserta Pengertian dan Fungsinya

Bola.com, Jakarta - Dalam menjalani aktivitas dan kehidupan sehari-hari, tentu kita sering mendengar istilah bisnis. Banyak orang yang memiliki keinginan menjadi pebisnis.

Istilah bisnis mungkin kerap kali terdengar, tetapi tidak sedikit dari kita yang ternyata masih belum mengerti pengertian apa itu bisnis.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bisnis adalah usaha komersial dalam dunia perdagangan.

Untuk terjun ke dalam dunia bisnis, Anda tentu juga memerlukan bekal pengetahuan tentang apa itu bisnis, jenis-jenisnya, dan tujuan menjalankannya.

Hal ini agar Anda memiliki gambaran dasar terlebih dahulu sebelum lebih jauh mempraktikkannya.

Dengan memahami lebih dalam pengertian bisnis beserta tujuan dan fungsinya akan membuat Anda lebih siap dan mantap dalam menjalankan sebuah bisnis yang diinginkan.

Berikut macam-macam tujuan bisnis beserta pengertian dan fungsinya, disadur dari Merdeka, Kamis (23/3/2023)

2 dari 4 halaman

Pengertian Bisnis Menurut Ahli

Grififin dan Ebert (2007)

Bisnis adalah organisasi yang menyediakan barang atau jasa dengan maksud mendapatkan laba.

Prof. Owen

Bisnis adalah sebuah perusahaan yang berhubungan dengan produksi dan distribusi barang-barang untuk dijual ke pasaran ataupun memberikan harga pada setiap jasanya.

Hopper

Bisnis adalah segala kompleksitas yang ada pada berbagai bidang, seperti penjualan (commerce) dan industri, industri dasar, processing, dan industri manufaktur dan jaringan, distribusi, perbankan, ansuransi, transportasi, dan seterusnya, yang kemudian melayani dan memasuki secara utuh (which serve and interpenetrate) dunia bisnis secara menyeluruh.

Merriam Webster

Bisnis adalah suatu aktivitas pembuatan, pembelian atau penjualan barang dan jasa yang kemudian dipertukarkan dengan uang, kerja atau aktivitas yang merupakan bagian dari pekerjaan. Jumlah aktivitas yang telah diselesaikan oleh sebuah toko, perusahaan, pabrik dan lain lain.

Steinford ( 1979)

Business is an institution which produces goods and services demanded by people. Artinya, bisnis ialah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Apabila kebutuhan masyarakat meningkat, lembaga bisnis pun akan meningkat pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh laba.

Menurut Businessdictionary

Bisnis adalah sebuah organisasi atau sistem ekonomi di mana barang dan jasa dipertukarkan menjadi bentuk lain atau dalam bentuk uang.

Setiap bisnis membutuhkan investasi dan pelanggan yang cukup untuk menjual keluarannya pada kuantitas tertentu untuk menghasilkan keuntungan. Bisnis dapat dimiliki secara pribadi, bukan untuk keuntungan pribadi.

3 dari 4 halaman

Tujuan Bisnis

Tujuan bisnis yang paling utama adalah untuk memperoleh laba dan keuntungan. Tujuan bisnis ini bisa diperoleh dengan cara memproduksi barang serta jasa yang dibutuhkan oleh konsumen.

Apa pun jenisnya, tujuan bisnis biasanya tetap akan berorientasi pada profit. Namun, bukan berarti bisnis tidak memiliki tujuan lain. Berikut beberapa tujuan bisnis lainnya:

  • Menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
  • Meningkatkan kesejahteraan pemilik bisnis dan orang-orang yang terlibat di dalamnya.
  • Menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat umum.
  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara umum.
  • Menunjukkan prestise dan kinerja.
  • Menunjukkan eksistensi sebuah perusahaan dalam jangka panjang.

Sedangkan menurut Sternberg, tujuan bisnis adalah melipatgandakan nilai-nilai ekonomis atau keuntungan pemilik perusahaan melalui penjualan barang atau jasa.

Sederhanya, tujuan bisnis adalah melipatgandakan keuntungan pemilik bisnis dengan penjualan barang atau jasa.

4 dari 4 halaman

Fungsi Bisnis

Semua kegiatan bisnis memiliki fungsi untuk membuat sesuatu yang awalnya kurang bernilai menjadi sesuatu yang punyai nilai. Nantinya, hal ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat setelah diolah.

Berikut beberapa fungsi bisnis yang perlu diketahui:

- Kegunaan Bentuk (Form Utility), yaitu fungsi produksi di mana sebuah bisnis menghasilkan suatu barang atau jasa yang dibutuhkan masyarakat. Contoh: perusahaan furniture, perusahaan jasa keuangan.

- Kegunaan Tempat (Place Utility), yaitu fungsi distribusi di mana sebuah bisnis menyalurkan suatu barang atau jasa ke lokasi terdekat yang bisa dijangkau konsumen.

- Kegunaan Pemilikan (Possessive Utility), yaitu fungsi penjualan dalam bisnis.

- Kegunaan Waktu (Time Utility), yaitu fungsi penyimpanan dan pemasaran dalam bisnis, di mana barang pada saat itu kurang bermanfaat untuk nanti dikeluarkan pada saat barang tersebut lebih bermanfaat.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Novi Fuji Astuti. Published: 12/8/2020)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer