Sukses


Cara Aman Mudik Lebaran Menggunakan Mobil Pribadi

Bola.com, Jakarta - Mudik merupakan satu di antara tradisi yang sering dilakukan masyarakat Indonesia menjelang perayaan Idulfitri.

Mudik menjadi hal yang ditunggu-tunggu para perantau untuk berkumpul bersama keluarga dalam merayakan Idulfitri.

Mudik berasal dari singkatan bahasa Jawa, 'mulih dhisik' atau pulang sebentar ke kampung halaman, kota, atau negara asal.

Ada beragam pilihan untuk mudik, dengan transportasi umum atau pribadi, baik darat, udara, atau laut. Namun, kebanyakan orang yang sudah berkeluarga biasanya memilih menggunakan mobil pribadi.

Kendaraan pribadi roda empat alias mobil belakangan ini menjadi satu di antara moda transportasi favorit pemudik saat melakukan perjalanan menuju kampung halaman.

Mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi memang lebih menyenangkan karena kita bisa beristirahat dan berhenti sesuka hati apabila sedang lelah.

Supaya perjalanan mudik lancar, pemudik dimbau harus memperhatikan beberapa hal. Maka itu, perlu waspada selama dalam perjalanan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar aman saat mudik menggunakan mobil pribadi.

Berikut ini cara aman mudik Lebaran menggunakan mobil pribadi, dilansir dari infomudik.blitarkab.go.id, Sabtu (15/4/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Aman Mudik Lebaran Menggunakan Mobil Pribadi

Memeriksa Kelayakan Kendaraan

Sebelum melakukan perjalanan, kita harus memeriksa lebih dahulu kondisi kendaraan yang akan dipakai.

Periksa kelayakan mesin, surat perlengkapan dan kalau perlu melakukan perawatan terlebih dahulu di bengkel agar dapat dipastikan kendaraan kita layak untuk digunakan.

Kemudian sebelum dan selama perjalanan, pastikan kebutuhan BBM selalu tercukupi agar tidak mogok di jalan.

Fisik dalam Keadaan Prima

Melakukan perjalanan yang jauh membutuhkan tubuh yang prima sehingga sebelum melakukan perjalanan kita perlu memastikan bahwa tubuh kita sudah siap.

Apabila memiliki waktu yang cukup, istirahat atau tidur yang cukup sangat dibutuhkan. Selain itu, hindarkan melakukan aktivitas berat sebelum melakukan perjalanan yang jauh.

3 dari 4 halaman

Cara Aman Mudik Lebaran Menggunakan Mobil Pribadi

Beristirahat saat Lelah atau Mengantuk

Untuk perjalanan yang memakan waktu lama, pengendara tidak perlu memaksakan diri apabila lelah. Idealnya setiap empat jam sekali bisa berhenti di rest area atau menepi di tempat yang ramai.

Jangan memaksakan diri apabila tubuh dalam keadaan lelah. Istirahat sejenak jika kondisi tubuh tidak memungkinkan melakukan perjalanan.

Tidak Membawa Barang Melebihi Muatan

Pemudik kadang membawa barang terlalu banyak sehingga membuat perjalanan tidak nyaman karena harus memikirkan barang bawaan yang dibawa.

Usahakan untuk membawa barang seperlunya saat melakukan perjalanan yang jauh menggunakan mobil. Membawa barang berlebihan juga bisa membahayakan pengguna jalan lainnya.

4 dari 4 halaman

Cara Aman Mudik Lebaran Menggunakan Mobil Pribadi

Memperhatikan Rambu-rambu Lalu Lintas dan Disiplin

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah kewaspadaan saat berada di jalan raya. Perhatikan rambu-rambu lalu lintas yang ada. Terkadang ada jalur khusus yang hanya diperuntukan saat mudik tiba.

Sebagai pengendara kendaraan pribadi, perlu bagi kita untuk selalu mengendarai mobil dalam konsentrasi penuh. Jangan lupa untuk selalu menjadi pemudik yang disiplin di jalan raya.

Siapkan Segala Perlengkapan

Sebelum melakukan perjalanan siapkan beberapa hal seperti makanan dan minuman, uang tunai, kotak P3K hingga saldo e-toll harus disiapkan sejak awal. Pastikan semua tersedia.

Kemudian sediakan aplikasi di HP, terutama pengarah jalan/maps, maupun apps lain yang bisa membantu selama perjalanan.

Tak hanya itu, selama perjalanan pantau terus informasi lalu lintas baik melalui media sosial, berita, maupun aplikasi pengarah jalan.

 

Sumber: Blitarkab.go.ig

Baca artikel seputar cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer