Sukses


6 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh saat Cuaca Panas Ekstrem

Bola.com, Jakarta - Cuaca panas yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia terasa menyengat beberapa hari terakhir.

KondisiĀ ini dikeluhkan banyak orang karena merasakan ketaknyamanan terutama saat harus beraktivitas di luar ruangan denganĀ cuaca panas ekstrem.

Cuaca panas ekstrem bisa membuat daya tahan tubuh menurun. Alhasil, tubuh pun akan lebih rentan sakit atau mengalami berbagai masalah kesehatan.

Tentu kamu tidak ingin mengalami sakit. Untuk itu, penting menjaga kesehatan tubuh tetap fit pada kondisi ini agar aktivitas lancar dan kualitas hidup pun terjaga.

Nah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh saat cuaca panas ekstrem terjadi.

Berikut ini enam cara menjaga kesehatan tubuh saat cuaca panas ekstrem, dikutip dari laman unila.ac.id dan kemkes.go.id, Rabu (26/4/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh saat Cuaca Panas Ekstrem

1. Perbanyak Minum Air Putih

Pada cuaca panas ekstrem dampak yang bisa dirasakan yaitu kehilangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi.

Maka itu, pastikan untuk minum air putih dalam jumlah yang banyak. Dengan demikian, keseimbangan cairan dalam tubuh akan tetap terjaga.

2. Konsumsi Buah-Buahan

Konsumsi buah-buahan saat cuaca panas ekstrem sangat dianjurkan. Konsumsi buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi, seperti semangka, melon, atau jeruk dapat membantu tubuh tetap terhidrasi.

Selain itu, vitamin yang terkandung dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

3 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh saat Cuaca Panas Ekstrem

3. Gunakan Krim Pelembap

Ketika akan beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk menggunakan krip pelembap. Krim ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit tetap lembap. Sebab, saat cuaca panas ekstrem, kulit rentan kering dan iritasi.

4. Olahraga di dalam Ruangan

Rutin berolahraga akan membuat tubuh tetap fit dan prima, meski cuaca sedang panas-panasnya. Kendati demikian, hindari olahraga di luar ruangan karena berisiko tinggi menyebabkan heatstroke, dehidrasi berat, dan gangguan kesehatan lainnya.

Solusinya, kau bisa berolahraga di tempat gym atau di dalam rumah. Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan di dalam ruangan adalah yoga, latihan kekuatan, dan kardio.

4 dari 4 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh saat Cuaca Panas Ekstrem

5. Jangan Terlalu Sering Mandi

Saat cuaca panas ekstrem, tentunya ingin bolak-balik mandi. Apalagi bagi yang sedang bekerja di rumah atau WFH (Work From Home). Padahal, mandi terlalu sering saat cuaca panas ekstrem tidak terlalu baik. Sebab, dapat membuat kulit jadi kering.

6. Gunakan Pakaian Tertutup

Menggunakan pakaian lengan panjang dan celana panjang dilakukan agar memberi perlindungan ekstra kepada tubuh.

Hindari baju berwarna gelap karena dapat menyerap panas dan hanya membuat anda semakin merasa kepanasan. Gunakan pakaian cerah, longgar, serta berbahan lembut seperti poliester, rayon, atau katun agar terasa lebih nyamanĀ saat cuaca terasa panas.

Sertakan penggunaan kacamata hitam dan topi saat beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi mata dan kulit wajah dari paparan sinar matahari.

Ā 

Sumber: unila.ac.id, kemkes.go.id

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer