Sukses


Daftar Bahan Makanan Mengandung Zat Besi yang Baik untuk Ibu Hamil

Bola.com, Jakarta - Banyak bahan makanan yang mengandung zat besi baik untuk kesehatan ibu hamil. Makanan ini bisa Anda temukan dan konsumsi kapan pun dan di mana pun Anda berada.

Makanan yang mengandung zat besi sangat baik karena zat besi merupakan satu di antara mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Makanan yang mengandung zat besi tinggi juga penting untuk ibu hamil. Pasalnya, ada banyak manfaat zat besi untuk ibu hamil, dari menjaga kesehatan ibu hingga berperan dalam tumbuh kembang janin.

Di masa kehamilan, zat besi berguna untuk mencegah anemia pada ibu hamil dan mencegah kelelahan akibat kekurangan oksigen.

Berikut daftar bahan makanan mengandung zat besi yang baik untuk ibu hamil, seperti dilansir dari laman Masakapaharini, Selasa (2/5/2023).

2 dari 3 halaman

Daftar Bahan Makanan Mengandung Zat Besi yang Baik untuk Ibu Hamil

1. Daging merah

Daging merah dikenal sebagai sumber zat besi yang cukup baik. Khusus untuk daging sapi, setidaknya terdapat 2-3 mg zat besi untuk setiap 3 ons-nya. Anda bisa mengolahnya menjadi apa saja.

Khusus buat Anda yang tengah ngidam makan steak, sebetulnya tidak mengapa untuk menikmatinya asalkan daging steak yang dikonsumsi ada di level matang atau well-done. Begitu pula untuk burger, pastikan dagingnya agar matang sepenuhnya. 

2. Dark Cokelat

Saat hamil, konsumsi saja dark cokelat, dan bukan milk chocolate ataupun white chocolate. Selain kandungan cokelatnya yang tinggi dan rendah gula, dark chocolate juga mengandung lebih banyak magnesium serta zat besi.

Untuk dark chocolate dengan kadar 70-85 persen dalam 1 ons-nya terkandung 3,3 mg zat besi. 

3 dari 3 halaman

Daftar Bahan Makanan Mengandung Zat Besi yang Baik untuk Ibu Hamil

3. Bayam

Sayuran yang satu ini punya banyak penggemar dan cocok untuk Anda yang vegetarian. Selain kadar zat besinya yang cukup mumpuni, bayam  mengandung folat. Bayam juga mudah untuk diolah menjadi berbagai masakan,

4. Brokoli

Sayuran yang satu ini kaya akan vitamin dan serat. Kandungan vitamin C di dalamnya bisa membantu penyerapan zat besi yang ada dalam sayuran ini. 

Kekurangannya adalah, sayuran ini tidak bisa bertahan terlalu lama dan Anda perlu memperhatikan bagian kepalanya kalau-kalau ada yang sudah membusuk.

Brokoli juga akan mengeluarkan bebauan yang khas sehingga ibu hamil sebaiknya berjaga-jaga seandainya dapat memicu rasa mual di pagi hari saat memasaknya. 

5. Seafood

Hampir segala jenis seafood memiliki kandungan zat besi yang kaya. Dari ikan salmon, tuna, udang, sarden, bahkan hingga ikan lele. Beberapa jenis seafood seperti ikan salmon ataupun bandeng juga kaya akan kandungan omega-3, yang dapat membantu menyehatkan kondisi ibu selama kehamilan.

 

Sumber: Masakapaharini

Yuk, baca juga artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer