Sukses


Atlet Renang, Flairene Candrea Bawa Bendera untuk Defile Kontingen Indonesia pada Upacara Pembukaan SEA Games 2023

Bola.com, Phnom Penh - Upacara pembukaan SEA Games 2023 digelar di Stadion Morodok Techo, Phnom Penh, Kamboja, Jumat (5/5/2023) sore WIB. Kontingen Indonesia dipastikan turut memeriahkan opening ceremony.

Kontingen Indonesia yang menjadi bagian defile di opening ceremony SEA Games 2023 Kamboja diikuti sekitar 45 orang. Rinciannya terdiri dari 25 atlet dan ofisial serta 15 perwakilan Tim CdM serta Komite Eksekutif Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia).

Dalam defile nanti, Bendera Merah Putih di bawa oleh atlet renang peraih medali emas di nomor 100 meter gaya punggung di SEA Games 2021 Vietnam, Flairene Candrea Wonomiharjo.

"Sebuah kerhormatan dan pastinya saya sangat senang sekali bisa menjadi representasi Indonesia di Asia Tenggara dengan membawa bendera Merah Putih. Ini kesempatan yang tidak mungkin saya tolak. Pokoknya saya sangat bangga," ungkap Flair.

Cabang olahraga yang ikut ambil bagian dalam defile adalah karate, teqball, renang, pencak silat dan sepak takraw. Adi Wirawan perwakilan dari KE NOC Indonesia, Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia Lexyndo Hakim, Vice CdM Puji Lestari, Deputi I Andi Astribhaskoro Emir, Deputi II Ibnu Riza Pradipta dan lainnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Target di Kamboja

CdM Lexyndo Hakim berharap dalam defile nanti merupakan penampilan terbaik yang bisa dipersembahkan untuk saudara-saudara sesama negara ASEAN. Selain memperkenalkan wajah Indonesia, serta perwakilan dari kekuatan Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja.

Tim Indonesia menurunkan 599 atlet yang turun di 31 cabang olahraga pada SEA Games kali ini. Tim Indonesia berharap bisa minimal mempertahankan peringkat ketiga yang diraih di Vietnam tahun lalu dengan target 60 medali emas.

"SEA Games ini merupakan bentuk dari solidaritas kita, bangsa Indonesia terhadap Kamboja dan negara-negara ASEAN yang bersahabat. Jadi, kita harus berperan aktif dan mengambil peran di SEA Games ini," kata Lexy.

3 dari 4 halaman

Jadi Batu Lompatan

SEA Games Kamboja merupakan edisi ke-32. Ini adalah kali pertama Kamboja menjadi tuan rumah pesta (multievent) olahraga solidaritas negara kawasan ASEAN.

Tim Indonesia untuk SEA Games Vietnam yang dipimpin Chef de Mission (CdM) Lexyndo Hakim berpartisipasi di 31 cabor. Tim Indonesia mendapat dukungan dari official patners, Li-Ning, MyTours, NusaPay, Gudangkripto, Pocari Sweat, Essenza, Bagasi, Berdikari Logistik Suplai.

"Selain itu, SEA Games ini juga jadi batu loncatan kita Tim Indonesia untuk menyongsong Asian Games 2022 Hangzhou dan Olimpiade 2024 Paris. Ini semua menjadi perjalanan panjang prestasi atlet Indonesia yang dimulai dari SEA Games Kamboja," tutup Lexy.

4 dari 4 halaman

Liputan Eksklusif Bola.com Langsung dari Kamboja

Sahabat Bola.com bisa menikmati sajian eksklusif liputan SEA Games 2023 Kamboja dengan mengklik tautan ini.

<p>SEA Games 2023 - Laporan Langsung dari Kamboja Bersama Abdul Aziz dan Gregah Nurikhsani (Bola.com/Decika Fatmawaty)</p>

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer