Sukses


Bacaan Doa agar Lulus Ujian Akhir Sekolah dalam Tulisan Arab dan Latin

Bola.com, Jakarta - Bacaan doa agar lulus ujian akhir sekolah penting diketahui dan diamalkan siswa jelang ulangan. Hal itu agar dalam mengerjakan soal ujian sekolah diberi kemudahan dan kelancaran.

Ujian atau ulangan merupakan satu di antara momen yang dihadapi pelajar di sekolah. Ujian sekolah menjadi sarana untuk mengukur kemampuan para murid dalam memahami materi pelajaran.

Beberapa ujian yang dilakukan di bangku sekolah antara lain PTS (Penilaian Tengah Semester), PAT (Penilaian Akhir Tahun), maupun tes-tes harian lainnya yang diberikan guru.

Biar kamu tenang dan fokus saat menghadapi ujian, ada baiknya kamu mempersiapkan diri dengan metode belajar efektif. Hal itu penting dilakukan agar tidak cemas dan takut saat waktu ujian sekolah tiba.

Kurang fokus dan persiapan bisa membuat ujian sekolahmu jadi kurang maksimal. Alhasil, nilai yang kamu didapat bisa berada di bawah standar yang telah ditetapkan.

Maka itu, bagi para siswa atau pelajar, harus mempersiapkan diri dengan cara belajar secara efektif. Selain belajar dengan giat, siswa juga perlu berdoa kepada Allah Swt. agar diberikan kelulusan.

Berikut ini bacaan doa agar lulus ujian sekolah dan tata cara mengamalkannya, dilansir dari Sditattaubahbatuajibatam.sch.id, Senin (8/5/2023).

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Doa agar Lulus Ujian Akhir Sekolah

Doa agar Diberi Kemudahan Mengikuti Ujian Akhir Sekolah

لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

"Allahumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idza syi'ta sahlaa."

Artinya :

“Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya." (Shahih Ibnu Hibban no. 2427; Syaikh ‘Abdul Qadir Al Arna’uth menyatakan shahih dalam Takhrij Al Adzkar hal. 106).

Doa Memohon Kemudahan dalam Segala Urusan.

اَللّهُمَّ يَسِّرْ وَ لَا تُعَسِّر

"Rabbi yassir wa la tu'assir."

Artinya :

"Ya Allah permudahkanlah jangan dipersulit".

Doa Nabi Musa a.s. untuk Kelancaran Lisan.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي, وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي, وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي, يَفْقَهُوا قَوْلِ

“Rabbisy syrahlii shadrii, wa yassirlii amrii, wahlul 'uqdatam millisaanii, yafqahu qaulii."

Artinya :

"Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku".

 

3 dari 3 halaman

Tata Cara Mengamalkan Doa Lulus Ujian Akhir Sekolah

Berikut ini tata cara mengamalkan doa lulus ujian akhir sekolah :

  • Sebelum berangkat mintalah restu dari kedua orang tua, mintalah ibu mendoakan dan membacakan surah Al-fatihah 7 kali dan Waqi'ah 3 kali yang diniatkan karena Allah Ta'ala dan pahalanya untuk mempermudah Anda dalam mengerjakan soal ujian.
  • Dorong doa dengan bersedakoh. Selain sebagai penolak bala, sedakah juga bisa untuk membantu terkabulnya doa.
  • Saat akan melangkahkan kaki keluar rumah menuju sekolah bacalah doa nomor 1
  • Saat akan masuk ruang ujian bacalah doa nomor 2
  • Saat akan mengerjakan soal ujian sekolah, bacalah doa nomor 3
  • Jika ada soal dengan jawaban meragukan, bacalah selawat, insyaallah pensil anda akan dibimbing pada jawaban yang benar karena kehendak Allah
  • Doakan juga teman-teman anda agar diberikan kemudahan, karena dengan demikian malaikat akan mendoakan kemudahan untuk anda menjawab soal ujian.

 

Sumber: sditattaubahbatuajibatam.sch.id

Baca artikel doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer