Sukses


Cerita SEA Games 2023: Ketika Semua Atlet Kun Bokator Tak Menyangka Dapat Emas

Bola.com, Phnom Penh - Kontingen Indonesia berjaya di cabang olahraga Kun Bokator disiplin seni dengan meraih tiga emas, satu perak dan satu perunggu pada SEA Games 2023, Senin (8/5/2023).

Tiga medali emas Indonesia di SEA Games 2023 datang dari cabor Kun Bokator-Men's Bare Hand Form Group berkat aksi Muhammad Martin Ramadhan/Tedi Hidayat/Sendiri Putra, disusul nomor Women's Bare Hand Form Group atas nama atlet Rana Oktavia/Riva Hijriah/Eni Tri Susilowati.

Serta Men's Duo Group Performance melalui Gema Nur Arifin/Yazid Hanifam Kurniawan. Banyak dari mereka yang tidak menyangka bisa menyumbangkan medali.

"Iya, ini kan olahraga khas Kamboja, jadi enggak menyangka kita bisa meraih medali emas," kata Eni Tri Susilowati.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Berkat Persiapan Matang

Persiapan Kun Bokator dilakukan Pelatnas selama enam bulan. Mendatangkan pelatih langsung dari Kamboja juga dilakukan agar mendulang raihan terbaik.

Pelatih Agus 'Gusnang' Nanang juga merasa terkejut Kun Bokator bisa meraih emas. Semua atlet pun tidak menyangka, seperti Sendiagi 'Agim' Putra dkk. yang latar belakang aslinya pencak silat.

"Enggak nyangka, A. Kita ke sini ya ibaratnya bawa badan aja, apa yang selama latihan kita aplikasikan di sini," kata Agim kepada Bola.com.

"Dulu saya pernah bilang ke Aa kan, saya debut SEA Games bareng Tedi dan Martin, Alhamdulillah dapat emas," ujarnya lagi.

3 dari 5 halaman

Bonus Buat Beli HP Baru

Agim begitu sibuk dengan gawainya. Ia memberikan kabar bahagia ini kepada orang tua di rumah dan kekasihnya.

"Gim, meser hape anyar, atlet emas masa hape butut," (Gim, beli hape baru, masa atlet emas hape rusak) kata Tedi bercanda dengan Bola.com ketika memperlihatkan layar gawai Agim yang retak.

Berbeda dengan Agim dkk., Gema yang juga meraih emas terlihat lebih emosional.

"Terharu saya, siapa sangka saya bisa dapat emas, apalagi lawan saya tadi Kamboja," kata Gema.

4 dari 5 halaman

Balik Lagi ke Silat

Baik Agim, Eni, maupun Gema yang berasal dari pencak silat belum tahu seperti apa rencana kariernya.

"Belum tahu, tergantung kalau cabor ini di SEA Games berikutnya ada lagi, mungkin kita akan bertahan di sini," ujar Eni.

"Untuk ke depan akan kembali ke pencak silat, tetapi nanti lihat bagaimana keputusan pelatih," kata Martin menambahkan.

5 dari 5 halaman

Bola.com di Kamboja

Sahabat Bola.com bisa menikmati sajian eksklusif liputan SEA Games 2023 Kamboja dengan mengklik tautan ini.

<p>SEA Games 2023 - Laporan Langsung dari Kamboja Bersama Abdul Aziz dan Gregah Nurikhsani (Bola.com/Decika Fatmawaty)</p>

Video Populer

Foto Populer