Sukses


5 Fakta Farhan Halim, Raja Servis Timnas Voli Putra Indonesia di SEA Games 2023

Bola.com, Phnom Penh - Timnas Voli Putra Indonesia berhasil menyabet medali emas SEA Games 2023. Keberhasilan pasukan Jeff Jiang Jie itu tak bisa dipisahkan dari peran Farhan Halim.

Farhan Halim tampil menegsankan pada perebutan medali emas SEA Games 2023. Timnas Voli Putra Indonesia menghadapi tuan rumah Kamboja dalam laga yang digelar di Olympic Complex Indoor Main Hall, Phnom Penh.

Farhan Halim berhasil melakukan 10 servis yang sembilan di antaranya masuk. Penampilan apiknya itu membantu Timnas Voli Putra menang tiga gim langsung dengan skor 25–21, 25–10, 25–15 dan sukses meraih medali emas SEA Games 2023.

Nama Farhan Halim kemudian mendapatkan pujian dari masyarakat di dunia maya. Pemain kelahiran 26 April 2001 dianggap punya jasa besar atas keberhasilan Timnas Voli Putra Indonesia dalam meraih emas SEA Games 2023 dan dinobatkan sebagai Raja Servis.

Lantas, siapa sebenarnya Farhan Halim? Berikut ini lima fakta menarik mengenai pemain Timnas Voli Putra Indonesia yang bermain untuk Jakarta STIN BIN itu versi Bola.com.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

1. Gandrungi Voli Sejak Dini

Kegemaran berman voli didapat Farhan Halim tak tiba-tiba dalam hidupnya. Farhan sudah menyukai olahraga tersebut sejak masih berusia belia yakni 12 tahun.

Hobi tersebut kemudian semakin ditekuninya saat memasuki SMA di Kota Bandung. Farhan kemudian mengikuti sejumlah event lokal hingga bermain di Pekan Olahraga Nasional (PON).

Karier profesionalnya kemudian dimulai saat bergabung dengan Pasundan Bandung pada Livoli Divisi 1 2019. Kemudian Farhan Halim melanjutkan karier di Jakarta Pertamina Energi pada 2018 dan mentas di ajang Proliga.

3 dari 6 halaman

2. Main di Luar Negeri

Farhan Halim kemudian memilih kembali ke Pasundan Bandung pada 2019. Farhan Halim menjadi pemain yang kembali berperan membantu berhasil klub tersebut promosi ke Livoli Divisi Utama.

Sebelumnya, Farhan Halim juga membantu Pasundan Bandung menjadi juara Livoli Divisi I musim 2019. Farhan Halim kemudian balik lagi ke Jakarta Pertamina Energi pada 2019.

Penampilan apiknya kemudian terendus ke Uni Emirat Arab. Pada 2021, Farhan Halim mendapatkan kesempatan untuk bermain di Dubai bersama Hatta Club Dubai VC untuk mengikuti Liga Bola Voli Yunior Uni Emirat Arab 2021.

4 dari 6 halaman

3. Mahasiswa Universitas Pasundan

Di tengah kesibukannya sebagai pemain voli profesional, Farhan Halim tak melupakan pendidikan di bidang akademi. Pada 2019, Farhan Halim mendapatkan beasiswa dari Paguyuban Pasundan untuk kuliah di Universitas Pasundan, Bandung.

Farhan Halim saat ini tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan. Sebagai mahasiswa beasista pendidikan program sarjana, Farhan Halim dibebaskan dari biaya perkuliahan selama masa pendidikan maksimal empat tahun.

Beasiswa tersebut didapat Farhan Halim setelah membantu Pasundan Bandung menyabet gelar juara pada Kejurnas Antarklub Livoli Divisi I 2019 di Pacitan, Jawa Timur. Saat ini, Farhan Halim masih mengejar gelar sarjananya di universitas tersebut.

5 dari 6 halaman

4. Tanpa Jari Kelingking

Tak banyak yang tahu, Farhan Halim ternyata bermain voli dengan keterbatasan. Saat ini, Farhan Halim sudah tidak memiliki dua jari kelingkingnya.

Farhan Halim kehilangan dua jari di tangan kirinya saat masih SD. Farhan Halim harus merelakan dua jari, yaitu kelingking dan jari manis, diamputasi akibat terjepit siku penyangga penampungan air.

Meski bermain dalam keterbatasan, namun itu tak menjadi kendala buat Farhan. Pada SEA Games 2023, Farhan Halim berhasil membuktikan diri sebagai Raja Servis di Timnas Voli Putra Indonesia.

6 dari 6 halaman

5. Andalan Timnas Voli

Farhan Halim memulai karier di Timnas Voli Indonesia pada SEA Games 2021. Ketika itu, Farhan Halim sukses membantu Indonesia meraih medali emas SEA Games yang berlangsung di Vietnam tersebut.

Sejak saat itu, Farhan Halim menjadi andalan di Timnas Voli Putra Indonesia. Pada SEA Games 2023, Farhan Halim berhasil membantu Timnas Voli Putra Indonesia mempertahankan medali emas.

Pada usia yang maish muda yakni 22 tahun, masa depan Farhan Halim diprediksi masih akan cerah. Menarik untuk menantikan prestasi-prestasi lain yang akan diraihnya di level klub dan tim nasional.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer