Sukses


4 Contoh Resensi Novel Fiksi yang Bisa Dipelajari

Bola.com, Jakarta - Resensi adalah kegiatan menilai, membahas, mengkritik atau mengungkapkan kembali isi yang ada di dalam suatu karya dengan cara memaparkan data-data, sinopsis, dan kritikan terhadap karya tersebut.

Secara sederhana, pengertian resensi adalah ulasan atau pertimbangan tentang baik dan buruknya suatu karya. Dalam bahasa Inggris, resensi dikenal dengan istilah review.

Novel menjadi satu di antara jenis karya yang bisa diresensi. Bahkan, meresensi novel menjadi satu di antara yang dipelajari pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Jika kamu ingin membuat sebuah resensi novel, kamu harus mengetahui isi novel tersebut. Tak hanya itu, kamu juga diharuskan membaca novel tersebut dari awal hingga selesai.

Hal itu untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan informasi yang disampaikan dalam resensi.

Berikut ini empat contoh resensi novel fiksi yang bisa kamu pelajari, dikutip dari laman Made-blog dan Thegorbalsla, Selasa (9/5/2023).

2 dari 5 halaman

London Love Story

- Identitas Buku

  • Judul buku: London Love Story
  • Penerbit: Loveable
  • Tahun terbit: Desember 2015
  • Penulis: Tisa TS dan didampingi oleh Stanley Meulen
  • Jumlah halaman: 192 halaman
  • Nomer edisi: ISBN 978-602-72989-7-2

- Sinopsis

Awal mula pembuatan novel ini karena banyaknya permintaan penonton karena awalnya cerita London Love Story ini diawali dari sebuah film. Akhirnya, penulis skenario Tisa TS membuat dalam bentuk novel yang didampingi oleh Stanley Meulen dalam pengeditan novel London Love Story.

Novel love story dikemas sedikit berbeda dengan filmnya, cerita dalam novel ini menceritakan mengenai bagaimana kelanjutan cinta di masa depan. Bagaimana seseorang mempertahankan dan memperjuangkan cintanya untuk masa yang akan datang. Novel London Love Story ini lebih menekankan mengenai perihal cinta dan sedikit kisah persabahatan.

Kisah yang dituangkan dalam Novel London Love Story ini kental dengan bumbu percintaan, bagaimana seseorang dapat membuka cintanya kembali, percaya dengan cinta yang indah. Novel ini juga berlatar belakang Kota London yang menggambarkan kesejukannya dan menampilkan beberapa tempat yang indah di Kota London. London love story ini juga mengangkat beberapa objek di Kota Bali.

- Kelebihan

Kelebihan yang dapat diambil dari cerita dalam novel London Love Story ini sangat unik dan nyentrik. Penulis banyak menggambarkan bagian-bagian yang indah sesuai latar tempat yang dipilih yaitu London, tapi penulis juga tidak melupakan indahnya Tanah Air dengan mengangkat Pula Dewata. Kelebihan yang dapat diambil dari novel London Love Story, ceritanya kental dengan kisah percintaan yang unik dan sangat khas, tapi juga dibumbui dengan kisah persahabatan yang begitu menyelimuti.

- Kekurangan

Kekurangan yang dapat diambil dari novel London Love Story, di dalam novel ini seolah tidak memberikan titik temu yang jelas dengan penggambaran tokoh Caramel yang seolah menghilang dan menghanyut tanpa ada alasan dan latar belakang yang jelas. Kekurangan lainnya, masih ada beberapa typo yang terdapat dalam novel London Love Story. Novel ini juga seharusnya diberi jangkauan umur untuk para pembaca agar anak-anak yang berusia dibawah 17 tahun tidak diperkenankan membaca novel London Love Story.

3 dari 5 halaman

5 CM

- Identitas Buku

  • Judul buku: 5 CM
  • Tahun terbit: Mei 2005
  • Kota terbit: Yogyakarta
  • Penulis: Dhonny Dhirgantoro
  • Jumlah halaman: 381 hlm
  • Nomor edisi terbit: ISBN 979-759-151-4

- Sinopsis

Novel ini berceritakan mengenai kisah lima orang pemuda dan pemudi yang menjalin persahabatan dan memiliki kepribadian yang berbeda. Tokoh-tokoh dalam novel ini yang pertama adalah Riani, sosok gadis cantik yang berkacamata dan memiliki otak yang cerdas. Ia memiliki cita-cita yang tinggi ingin menjadi seorang presenter di satu di antara stasiun TV.

Tokoh selanjutnya ialah Zafran, gayanya menampakkan bahwa dirinya adalah anak band, berbadan kurus, dan sosok Zafran ini selalu menjadi pelebur suasana dalam kisah lima sahabat dalam novel 5 CM, kemudian adalah sosok Arial yang memiliki badan sporty dan selalu tampak rapi dalam acara apa pun. Genta adalah sosok yang paling dewasa dan memiliki jiwa kepemimpinan, rambutnya agar lurus dan berjambul, memakai kacamata dan seorang aktifis kampus. Sosok terakhir adalah Ian, laki-laki bertubuh besar yang sangat mengidolakan Happy Salma.

Kisah ini dimulai dari kejenuhan mereka yang selalu berkumpul bersama setiap harinya, akhirnya mereka memiliki ambisi untuk tidak bertemu selama beberapa tahun sampai apa yang mereka cita-citakan terwujud, mereka akan berkumpul semacam reuni. Akhirnya waktu itu pun tiba, mereka berhasil meraih cita-cita yang diinginkan dan merka berkumpul untuk menanjak gunung yang sangat fenomenal di Indonesia, Gunung Mahameru. Kisah persahabatan 5 CM dalam perjalanan menuju puncak Mahameru pun diuji, kuatnya persahabatan mereka akhirnya berhasil menaklukan jalan yang penuh dengan perjuangan hingga akhirnya mereka dapat sampai di puncak Gunung Mahameru.

- Kelebihan

Kelebihan yang dapat diambil dari novel 5 CM ini adalah mencerminkan sebuah kisah persahabatan yang harus terpisah karena harus keluar dari zona nyaman mereka ke tempat yang akan membawa mereka menuju kesuksesan. Kisah 5 CM ini menggambarkan dengan bersama maka perjalanan yang ditempuh dan rintangan yang dihadapi akan terasa lebih mudah. Pembaca seolah dihanyutkan dengan kisah adegan 5 CM ini saat menanjak Gunung Mahameru, dan penulis sukses membuat para pembaca penasaran apa yang terjadi selanjutnya setelah mereka sampai di puncak Mahameru.

- Kekurangan

Novel 5 CM sejauh ini sudah cukup bagus dan baik, tapi pastinya tidak ada suatu karya yang sempurna. Dalam novel ini ada beberapa bahasa yang tidak dimengerti oleh pembaca dan ada beberapa konteks bahasa yang tidak mengalir. Novel 5 CM ini seolah menggambarkan imajinasi yang luar biasa bahwa begitu mudahnya menggapai mimpi apa yang diidamkan tanpa melalui proses yang panjang.

4 dari 5 halaman

Laskar Pelangi

- Identitas Buku

  • Judul buku resensi: Laskar Pelangi
  • Genre: Roman
  • Penerbit: Yogyakarta, Bandung Pustaka
  • Penulis: Andrea Hirata
  • Tahun terbit: 2005
  • Jumlah halaman: 529 hlm
  • Nomor edisi terbit: ISBN 970-3062-79-7

- Sinopsis

Novel yang ditulis oleh Andrea Hirata ini berkisahkan 10 orang anak yang tinggal di Belitung Timur, Desa Gantung, Kabupaten Gantung. Kisah ini awalnya dimulai karena Depdikbud yang akan membubarkan sekolah Muhammadiyah yang terancam akan dibubarkan jika tidak memiliki 10 murid.

Saat itu, kepala sekolah Pak Hafran, mengumumkan jika jumlah muridnya tidak mencapai 10 orang maka Depdikbud akan membubarkan sekolah tersebut. Namun, tak lama setelah Pak Hafran mengumumkan hal tersebut, datang Harun dan ibunya yang hendak mendaftarkan dirinya di sekolah Muhammadiyah tersebut.

Kisah Laskar Pelangi dari sini dimulai, ketika Bu Muslimah yang akrab disapa Bu Mus yang memberi nama mereka dengan sebutan Laskar Pelangi. Laskar Pelangi ini tak hanya menceritakan mengenai Borek yang ceroboh, Kucai yang sering protes, Mahar yang diam-diam memiliki bakat yang menakjubkan, Ikal yang mengalami peristiwa jatuh cinta, dan Lintang yang pekerja keras dan tidak mudah menyerah.

Nama yang diberikan oleh Bu Mus ini dikarenakan para murid yang jumlahnya hanya 10 orang ini memiliki semangat yang sangat luar biasa. Buktinya hal itu ditunjukkan dengan kecerdasan Lintang yang mampu mengalahkan Drs. Zulfikar yang terkenal memiliki otak yang cerdas dan jabatan yang tinggi di PN, kemenangan yang diraih oleh Mahar pada acara karnaval 17 Agustus.

Kisah Laskar Pelangi ini tidak hanya menceritakan mengenai kisah mereka dalam lingkup sekolah saja melainkan kisah ini sangat berliku, mulai kisah kematian ayah Lintang yang dengan tidak sengaja memaksa Lintang yang dijuluki Einstein kecil itu dipaksa untuk putus sekolah.

Tak lama kisah haru disusul oleh Ikal yang harus melanjutkan sekolahnya di kampung halamannya di luar Kampung Belitong.

- Kelebihan

Andrea Hirata memang sosok penulis yang sangat berkarakter, hal tersebut tampak dari gaya tulisan yang disajikannya pada novel Laskar Pelangi. Gaya penulisannya yang begitu khas dan menarik sudah mengakar pada semua karya Andrea Hirata.

Di dalam novel Laskar Pelangi ini Andrea Hirata menyajikan dengan sentuhan etnis melayu yang kental. Novel ini juga menceritakan tentang kisah persahabatan yang sangat kental dan haru, kisah juang para sahabat dalam menggapai mimpinya.

- Kekurangan

Kekurangan dari novel Laskar Pelangi ini penulis seolah tidak menjelaskan waktu yang jelas. Kisah dari novel ini diangkat dari kisah nyata, ta[i penulis seolah mengaburkan waktu tepat yang terjadi pada saat hal itu terjadi. Seolah-olah ingin melindungi pemerintahan pada saat itu.

Lantaran kisah yang diangkat dalam novel Laskar Pelangi ini nyata maka hal tersebut menuai banyak kritikan dari pada pembaca novel atas perlakuan pemerintahan pada masa itu.

5 dari 5 halaman

Dilan

- Identitas Buku

  • Judul buku: Dilan 1990
  • Tahun terbit: 2015
  • Penulis: Pidi Baiq
  • Penerbit: Pastel Books
  • Jumlah halaman: 332 halaman
  • Nomor edisi: ISBN 978-602-7870-41-3

- Sinopsis

Novel Dilan ini diangkat dari kisah percintaan masa SMA. Dua tokoh yang diangkat adalah Milea dan Dilan. Dilan adalah sosok lelaki yang memiliki kepribadian yang cukup aneh. Pasalnya, ia adalah cowok yang bandel dan sering berulah, ia pun sering mengikuti kegiatan geng motor. Namun, anehnya Dilan ini selalu mendapatkan peringkat pertama di kelasnya. Hal ini yang membuat Milea penasaran dengan sosok Dilan. Walaupun Dilan sering dikenal banyak ulah, cowok cerdas ini menyukai sastra yang selalu ia buat untuk Milea.

Novel Dilan ini seolah menceritakan curhatan hati dari seorang Milea yang hanyut dalam gombalan dari Dilan, ia bingung dengan sikap Dilan yang aneh, seolah mengungkapkan perasaannya pada Milea, tapi seperti di ambang karena Milea tidak mendapatkan suatu kepastian dari Dilan.

Dilan adalah sosok cowok yang sangat menyukai sastra sehingga dalam menyatakan cinta pun ia memiliki cara yang berbeda dan unik sehingga Milea merasa bingung dengan perasaan Dilan yang sesungguhnya Milea. Kisah Dilan ini diangkat seperti tahun 1990 yang unik, walaupun kisah ini menceritakan kisah percintaan masa putih abu-abu, dikemas dengan cara yang berbeda.

- Kelebihan

Kelebihan yang terdapat dalam novel ini, penulis Pidi Baiq berhasil membuat para pembacanya terbawa perasaan dengan kisah percintaan Dilan dan Milea. Bahasa yang digunakan oleh penulis pun ringan dan dapat dengan mudah diterima oleh para pembaca. Kisah Dilan ini diangkat dari kisah nyata dan berhasil membuat para pembaca penasaran dengan apakah benar adanya sosok Dilan dan Milea di kehidupan nyata. Dalam novel ini juga dibubuhi dengan gambar yang membuat para pembaca tidak bosan.

- Kekurangan

Di bagian akhir cerita Dilan ini sepertinya masih menggantung dan tidak diberikan titik yang jelas sehingga para pembaca dibuat penasaran. Masih banyak kisah yang belum terjawab dari novel Dilan ini, seolah menggantung dan banyak sekali konflik yang belum terselesaikan dari kisah novel Dilan. Kekurangannya juga penulis menggambarkan sosok Dilan yang sangat romantis dengan kata-kata, tapi tidak memberi kepastian untuk Milea.

 

Sumber: Made-blog, Thegorbalsla

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer