Sukses


Bacaan Doa sebelum Salam Tahiyat Akhir, Penting Diketahui Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Pada salat fardu lima waktu selain subuh, terdapat dua tahiyat, yaitu awal dan akhir.

Tahiyat awal dilakukan setelah rakaat kedua. Sedangkan tahiyat akhir dilaksanakan sebelum mengucapkan salam, yang menandai akan berakhirnya salat.

Sementara itu, ada bacaan doa yang umat muslim boleh amalkan setelah bacaan tahiyat akhir sebelum salam.

Sebagaimana dalam hadis Imam Muslim dari Abu Hurairah, Rasulullah saw. bersabda:

"Jika kalian telah selesai membaca tahiyat akhir maka mohonlah perlindungan kepada Allah dari empat perkara; dari siksa neraka jahannam, dari azab kubur, dari bencana kehidupan dan kematian, dan dari bencana Dajjal."

Menurut jumhur ulama, hukum membaca doa setelah tahiyat akhir sebelum salam adalah sunah. Meski sunah, ada banyak keutamaan yang bisa diperoleh oleh umat muslim yang mengamalkannya.

Berikut ini bacaan doa sebelum salam tahiyat akhir, disadur dari Liputan6, Kamis (11/5/2023).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa sebelum Salam Tahiyat Akhir

أَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ

"Allaahumma inni a uudzubika min adzaabil qabri wa min adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamati wa min fitnatil masiihid ddajjaal."

Artinya: "Ya Allah aku berlindung hanya kepada-Mu dari siksaan neraka Jahannam, dari azab kubur, dari bencana kehidupan dan kematian, dan dari keburukan fitnah Dajjal."

Setelah usai membaca doa itu, ucapkanlah salam sambil menengok ke kanan dan ke kiri. Dengan dibacanya salam maka selesailah sudah salat yang dikerjakan.

3 dari 3 halaman

Keutamaan Membaca Doa Tahiyat Akhir sebelum Salam

Adanya keutamaan membaca bacaan doa tahiyat akhir sebelum salam ini ditegaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah.

"Jika kamu telah selesai melakukan tahiyat akhir maka berlindunglah kepada Allah Swt. dari empat hal, azab api Jahanam, azab kubur, fitnah hidup dan mati, dan keburukan Dajjal yang terhapus dari rahmat-Mu."

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Laudia Tysara, Editor: Rizky Mandasari. Published: 11/5/2022)

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer