Sukses


6 Cara Terbaik Meningkatkan Rasa Percaya Diri yang Bisa Dicoba

Bola.com, Jakarta - Memiliki rasa percaya diri menjadi satu di antara modal yang harus Anda miliki untuk terus bergerak maju. Dengan kepercayaan diri tinggi, kamu akan selalu termotivasi untuk meraih yang terbaik dalam hidup.

Individu yang memiliki percaya diri tinggi akan terlihat lebih berwibawa dan dihormati oleh orang lain sehingga tidak mudah diremehkan.

Meski demikian, masih banyak di antara kita yang kurang memiliki rasa percaya diri dengan berbagai hal yang sedang dilakukan.

Merasa tidak percaya diri pada momen-momen tertentu merupakan hal yang wajar, tetapi jangan membiasakan diri untuk rendah diri karena dapat menghalangi Anda mendapatkan berbagai hal baik.

Misalnya, ketika Anda menemukan peluang, tetapi pada akhirnya gagal karena Anda merasa kurang percaya diri.

Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan rasa percaya diri sehingga berbagai hal baik bisa digapai.

Berikut cara terbaik meningkatkan rasa percaya diri yang bisa Anda coba, seperti disadur dari Liputan6, Kamis (11/5/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Terbaik Meningkatkan Rasa Percaya Diri

1. Abaikan pikiran yang membatasi Anda

Kadang-kadang orang cenderung berkonsentrasi pada hal-hal yang mereka pikir tidak dapat mereka lakukan, dan mereka membiarkan pikiran-pikiran ini menahan mereka. 

Mereka mengurangi kemampuan mereka lebih dari yang mereka pikirkan, dan mereka membiarkan hal-hal negatif berjalan dalam hidup mereka. 

Ketika momen seperti ini muncul di depan Anda, balikkan keadaan dan katakan pada diri sendiri bahwa Anda bisa mencobanya.

Tidak ada salahnya mencoba dan jika Anda berhasil, Anda akan membuktikan kepada diri sendiri bahwa tidak ada yang tidak bisa dilakukan selama Anda berusaha.

2. Hadapi ketakutan dan kendalikan hidup Anda

Ketika kita membiarkan rasa takut menguasai kita, kita cenderung kehilangan kendali atas hidup kita dan juga kehilangan kepercayaan diri.

Jadi, alih-alih menyerah pada ketakutan terbesar kita, kita dapat memutuskan untuk menatap langsung ke matanya. 

Ini satu-satunya cara kita bisa menaklukkan mereka dan meninggalkan mereka untuk selamanya. Ini adalah kemenangan pribadi yang menunjukkan kepada kita bagaimana kita dapat memiliki kendali atas hidup kita, apapun yang terjadi.

3 dari 4 halaman

Cara Terbaik Meningkatkan Rasa Percaya Diri

3. Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain

Dalam sebuah studi tahun 2018, para peneliti menemukan bahwa orang yang membandingkan diri mereka dengan orang-orang di media sosial merasa sangat iri. 

Dan ketika merasa iri terhadap orang lain, mereka juga merasa buruk tentang diri mereka sendiri. Untuk mengalahkan itu, Anda harus selalu mengingatkan diri sendiri tentang kesuksesan.

4. Bersikaplah tegas

Stres dan kurangnya harga diri inilah yang seringkali membuat orang kurang tegas dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Keterampilan komunikasi sangat penting untuk membuat orang lain menghormati Anda.

Cara Anda berdiri serta mengucapkan kata-kata memainkan peran besar dalam membuat Anda didengarkan dan dihormati.

4 dari 4 halaman

Cara Terbaik Meningkatkan Rasa Percaya Diri

5. Lakukan kontak mata 

Jika ini sulit, Anda dapat mulai dengan rasio 80/20 dan berkonsentrasi pada mata lawan bicara selama 80 persen dan pada hal lain selama 20 persen dari waktu berbincang.

Mungkin awalnya sulit, tetapi seiring waktu Anda akan melihat bahwa tingkat kepercayaan diri akan meningkat. Anda juga akan melihat bahwa hubungan Anda akan menjadi lebih kuat dan bertahan lebih lama.

6. Pelajari keterampilan baru

Tidak ada yang tahu segalanya atau sempurna dalam hal apapun. Anda dapat beralih ke podcast atau buku bimbingan untuk mendapatkan inspirasi dan mulai mengembangkan keterampilan Anda. 

Ketika pengetahuan terus berkembang, Anda akan melihat bahwa kepercayaan diri meningkat.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis:Camelia. Published: 11/9/2022)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer