Sukses


Daftar Buah yang Cocok untuk Kesehatan Ibu Hamil

Bola.com, Jakarta - Menjaga kesehatan ibu hamil memang gampang-gampang susah. Sebab, kondisi kesehatan selama kehamilan bergantung pada pola hidup sehat yang diterapkan ibu hamil.

Satu di antara cara membantu menjaga kesehatan ibu hamil selama sembilan bulan kehamilan yakni dengan mengonsumsi makanan bergizi tinggi, terutama buah.

Buah mengandung berbagai vitamin serta mineral alami yang berperan penting membantu ibu tetap sehat selama kehamilan dan mendukung proses tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Ibu hamil disarankan mengonsumsi buah setiap hari, baik berupa buah segar atau beku sebagai camilan.

Lantas, apa saja buah yang dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil?

Berikut ini daftar buah yang cocok untuk kesehatan ibu hamil, dikutip dari laman Healthline dan Babycenter, Selasa (16/5/2023).

2 dari 5 halaman

Daftar Buah yang Cocok untuk Kesehatan Ibu Hamil

1. Alpukat

Pilihan buah pertama yang baik dimakan saat hamil adalah alpukat. Alpukat kaya akan vitamin B, vitamin C, asam folat, serta kalium.

Berkat kandungan gizinya, alpukat dapat membantu mengurangi "morning sickness", membantu perkembangan otak, sistem saraf, dan jaringan bayi.

Namun, perlu diingat bahwa buah alpukat mengandung lemak yang tinggi. Jadi, ibu tidak disarankan makan buah alpukat terlalu banyak saat hamil. Makanlah alpukat secara bergantian dengan jenis buah-buahan lainnya.

2. Pisang

Pisang adalah buah yang baik untuk ibu hamil. Buah ini menyediakan cukup serat dan kalori sebagai energi untuk mencegah kelelahan. Selain itu, kalium di dalam pisang dapat membantu menjaga tekanan darah ibu hamil tetap normal.

Kandungan zat besi yang ada di dalam pisang juga menjadikan buah ini bagus buat ibu hamil. Asupan zat besi yang mencukupi dapat membantu mencegah anemia saat hamil.

Buah ini pun mudah untuk dicerna sehingga bisa menjadi alternatif makanan penghilang mual saat hamil.

3 dari 5 halaman

Daftar Buah yang Cocok untuk Kesehatan Ibu Hamil

3. Jambu Biji

Jambu biji banyak mengandung vitamin C, E dan folat. Selain itu, buah ini membantu menenangkan otot, pencernaan, dan terhindar dari konstipasi.

4. Jeruk

Jeruk membantu ibu hamil tetap terhidrasi. Jeruk juga merupakan sumber folat yang bagus.

Folat adalah vitamin B yang berperan penting dalam membantu mencegah kerusakan otak dan sumsum tulang belakang atau neural tube defect.

Selain itu, jeruk merupakan sumber vitamin C yang mengandung antioksidan yang bermanfaat mencegah kerusakan sel. Dengan begitu, tubuh ibu hamil mampu menyerap zat besi dengan baik.

4 dari 5 halaman

Daftar Buah yang Cocok untuk Kesehatan Ibu Hamil

5. Apel

Apel mengandung banyak serat sehingga membantu ibu hamil menghindari sembelit. Apel juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan kalium untuk menurunkan risiko alergi pada janin.

6. Mangga

Mangga baik dikonsumsi ibu hamil karena mengandung tinggi kalium, vitamin C, dan vitamin A. Kalium dalam mangga membantu menjaga tekanan darah dan keseimbangan cairan dalam tubuh. Sementara vitamin C membantu menangkal serangan radikal bebas dan meningkatkan stamina tubuh.

Kandungan vitamin A di dalam mangga juga berfungsi sebagai antioksidan dan membantu sistem kekebalan tubuh, penglihatan, dan sistem saraf pada bayi. Mangga juga mengandung serat tinggi untuk bantu mencegah sembelit saat hamil.

5 dari 5 halaman

Daftar Buah yang Cocok untuk Kesehatan Ibu Hamil

7. Lemon

Lemon ampuh meredakan mual selama kehamilan. Di sisi lain, lemon kaya akan vitamin C yang mampu menstimulasi sistem pencernaan untuk meredakan sembelit.

8. Pir

Pir menjadi satu di antara buah yang bagus untuk ibu hamil. Sebuah studi pada jurnal Nutrition Today, pir adalah sumber serat, vitamin C, folat, dan kalium.

Asupan serat selama kehamilan dapat membantu meringankan sembelit, yang menjadi masalah kehamilan umum. Sementara, kalium bermanfaat bagi kesehatan jantung ibu dan anak. Selain itu juga merangsang regenerasi sel dalam tubuh.

 

Sumber: Healthline, Babycenter

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer