Sukses


Macam-Macam Dampak Sewa Pacar bagi Kesehatan Mental

Bola.com, Jakarta - Jasa sewa pacar mulai ramai diperbincangkan di media sosial. Meski baru viral di Indonesia belakangan, jasa rental pacar sudah ramai di Jepang dan China sejak tahun 2007.

Sesuai namanya, sewa pacar adalah jasa untuk membantu seseorang menyewa pasangan.

Jasa yang ditawarkan bervariasi dengan tarif yang beragam, mulai bertukar pesan, kencan, hingga menjadi pasangan untuk menghadiri pesta pernikahan.

Meski disewa, penyedia jasa rental pacar menetapkan aturan sejak awal, seperti dilarang menanyakan informasi pribadi, baper, maupun berhubungan seksual.

Bagi orang yang tidak ingin merasa sendiri, jasa sewa pacar mungkin bisa menjadi solusi sesaat. Namun, kamu perlu tahu efek sewa pacar nyatanya juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan mental

Berikut macam-macam dampak sewa pacar bagi kesehatan mental, disadur dari Klikdokter, Selasa (16/5/2023).

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Dampak Sewa Pacar bagi Kesehatan Mental

1. Tidak Mengatasi Minder

Diduga, satu di antara alasan seseorang menggunakan jasa rental pacar, yaitu merasa cemas dan minder karena tekanan sosial yang membuatnya harus memiliki pasangan. Ketika merasa tertekan, self-esteem alias keyakinan terhadap diri sendiri pun menurun. Hal ini mendorong keinginan untuk punya pacar sewaan.

Orang yang menyewa pacar biasanya ingin meningkatkan rasa aman dan percaya diri ketika berada di lingkungan yang menuntutnya harus membawa pasangan, seperti ke pesta pernikahan.

Namun, sebenarnya, rasa tenang ini mungkin bersifat sementara karena setelah jasa sewa pacar berakhir, masalah yang ada di dalam diri terkait rasa percaya diri masih ada.

Untuk itu, lebih baik kamu lebih mengenali hal yang membuatmu merasa belum bisa menjalin hubungan dengan seseorang.

2. Rasa Kesepian Akan Kembali Muncul

Mengurangi rasa kesepian yang dirasakan mungkin menjadi alasan kamu menyewa pacar. Namun, perlu disadari, setelah jasa sewa pacar selesai, rasa kesepian bisa kembali muncul.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Dampak Sewa Pacar bagi Kesehatan Mental

3. Meningkatkan Perilaku Konsumtif

Menggunakan jasa sewa pacar mungkin bisa membantumu menjalani waktu berkualitas, membagikan suka duka, dan memperoleh rasa nyaman sementara. Hanya, tanpa disadari, kegiatan ini bisa meningkatkan perilaku konsumtif.

Lantaran rasa aman dan nyaman yang diperoleh hanya bersifat sementara, akhirnya keinginan untuk kembali menyewa jasa pacar timbul (saat kesepian kembali dirasakan).

4. Memperburuk Masalah

Menyewa pacar mungkin bisa membantumu memiliki teman yang mau mendengar keluh kesahmu. Akan tetapi, jika kamu terikat secara emosional dengan sang pacar sewaan, hal ini justru bikin masalah makin runyam. 

Kamu berpotensi menyakiti diri sendiri karena pacar sewaan secara profesional hanya menjalani pekerjaannya dan tidak menanggapi maksud hatimu.

Pada gilirannya, mencari bantuan melalui layanan tersebut memberi dampak negatif. Perasaan ditolak dan diabaikan yang kamu rasakan bisa makin parah.

Dukungan yang hanya dirasakan sementara juga bisa membuatmu kesulitan mengatur emosi.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 3/11/2022)

Yuk, baca artikel kesehatan mental lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer