Sukses


Daftar Istilah Seputar Modal yang Perlu Diperhatikan

Bola.com, Jakarta - Modal adalah istilah yang sudah tidak asing lagi bagi kamu, khususnya yang bergelut di dunia investasi dan bisnis.

Dalam bahasa Inggris, modal disebut juga sebagai capital. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, modal adalah uang yang digunakan sebagai bahan berdagang serta harta benda yang jika dimanfaatkan mampu menambahkan kekayaan seseorang.

Secara umum, fungsi modal bagi perusahaan adalah untuk mempermudah pendirian perusahaan baru serta membantu perkembangan perusahaan.

Setiap perusahaan memerlukan modal untuk bisa beroperasi dan menghasilkan keuntungan.

Modal tidak hanya dalam bentuk uang saja, tetapi bisa juga berupa bangunan, kendaraan, mesin-mesin, bahan baku, lokasi perusahaan, hak cipta, hak paten, kemampuan, jaringan, wawasan dan masih banyak lagi.

Agar lebih paham lagi, berikut macam-macam istilah terkait modal, dilansir dari laman Pintu, Jumat (19/5/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Istilah-Istilah Terkait Modal

Modal Uang

Modal uang adalah uang yang dibutuhkan perusahaan agar kegiatan perusahaan bisa berjalan dengan baik guna menghasilkan keuntungan.

Modal uang digunakan perusahaan untuk membiayai berbagai kebutuhan perusahaan, seperti untuk membayar tagihan listrik, air, atau telepon, membeli perlengkapan kantor, hingga membayar biaya pegawai.

Modal Usaha

Modal usaha adalah sejumlah uang atau modal bentuk lain yang digunakan oleh perusahaan untuk menjalankan kegiatan operasional sebuah bisnis atau usaha.

Modal usaha bisa didapatkan dari pemilik usaha, modal patungan, serta modal pinjaman. Modal berupa uang merupakan satu di antara contoh dari modal usaha.

Modal Ventura

Modal ventura didefinisikan sebagai usaha penyertaan modal atau pembiayaan ke dalam suatu perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Penyertaan modal bisa dilakukan dengan membeli obligasi konversi atau dengan pembagian hasil usaha.

Modal Kerja

Modal kerja bisa diartikan sebagai total aktiva lancar pada neraca sebuah perusahaan. Modal kerja bersih dapat dihitung dengan rumus berikut:

Modal Kerja = Aktiva lancar – Utang lancar

3 dari 4 halaman

Istilah-Istilah Terkait Modal

Modal Sosial

Secara umum, modal sosial adalah suatu sumber daya yang tumbuh akibat adanya hubungan antaranggota kelompok sosial yang berbeda, baik itu individu, kelompok, maupun organisasi yang menciptakan kapasitas untuk bertindak demi tujuan bersama.

Belanja Modal

Belanja modal adalah pengeluaran yang digunakan untuk pembelian atau pengadaan maupun pembangunan aset tetap berwujud yang nilai manfaatnya melebihi satu tahun.

Belanja modal merupakan satu di antara komponen dari belanja langsung.

Struktur Modal

Ada pula istilah struktur modal. Struktur modal merupakan pembelanjaan permanen yang mencerminkan perimbangan antara modal sendiri dengan utang jangka panjang.

Kredit Modal Kerja

Kredit yang diberikan kepada perusahaan untuk digunakan dalam pembiayaan kegiatan usahanya disebut sebagai kredit modal kerja. 

Contoh dari kredit modal kerja adalah pembayaran utang dagang dan pembelian barang dagang.

4 dari 4 halaman

Istilah-Istilah Terkait Modal

Biaya Modal

Biaya modal adalah sejumlah biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk memperoleh sejumlah dana untuk investasi maupun kebutuhan operasional perusahaan.

Modal Tetap dan Tidak Tetap

Modal tetap atau fixed capital adalah modal yang bisa digunakan berkali-kali untuk proses produksi atau tidak habis dalam sekali pakai. Beberapa contoh modal tetap adalah bangunan, mesin, dan lainnya.

Selain itu, ada pula modal tidak tetap. Berlawaran dengan modal tetap, modal tidak tetap merupakan modal yang akan habis dalam sekali pakai. Contoh modal tidak tetap adalah bahan baku yang digunakan untuk proses produksi.

Modal Pinjaman

Modal pinjaman atau modal asing merupakan modal bersifat utang yang didapatkan dari pihak luar perusahaan dan pada pada waktu tertentu perlu segera dikembalikan kepada pemberi modal tersebut.

Modal pinjaman akan menimbulkan biaya bunga dan biaya administrasi.

Modal Awal

Modal awal diartikan sebagai modal yang pertama kali perlu diperhitungkan dan dipikirkan sebelum membuka suatu usaha.

Jumlah modal awal biasanya akan besar karena akan digunakan sebagai fondasi untuk kelangsungan bisnis dalam jangka panjang.

Modal merupakan satu di antara hal paling penting dalam dunia bisnis maupun investasi. Di luar dugaan banyak investor pemula, kamu bisa berinvestasi mulai dari modal yang sangat kecil.

 

Sumber: Pintu

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer