Sukses


Gilang Ramadhan, Pevoli Yogyakarta yang Sukses Ukir Hattrick Emas SEA Games

Bola.com, Yogyakarta - Berakhir sudah perhelatan SEA Games 2023. Closing ceremony multievent olahraga dua tahunan itu berlangsung di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Rabu (17/5/2023) malam WIB.

Kontingen Indonesia memungkasi SEA Games 2023 di urutan ketiga klasemen akhir perolehan medali. Tim Merah-Putih mengoleksi 276 medali, dengan perincian 87 medali emas, 80 medali perak, dan 109 medali perunggu.

Sementara itu, Vietnam yang keluar sebagai juara umum mengumpulkan 359 medali. Disusul Thailand diposisi kedua dengan 108 medali emas, 96 medali perak, dan 108 medali perunggu.

Meski gagal menjadi yang terbaik, kontingen Indonesia berhasil melampaui target yang dipatok Presiden Jokowi, yakni 69 medali emas. Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mengapresiasi perjuangan kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja.

"Indonesia dapat 87 emas. Ini merupakan emas terbanyak sepanjang sejarah SEA Games ketika kita main di luar kandang kita sendiri," kata Menpora Dito seperti dilansir dari web resmi Kemenpora, Rabu (17/5/2023).

Pada SEA Games ke-32 Kamboja, Indonesia mengirimkan total 599 atlet dan turun di 31 cabang olahraga dari total 37 cabor yang dipertandingkan. Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi salah satu provinsi penyumbang atlet bagi kontingen Merah-Putih.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Sumbang 11 Atlet SEA Games

Kota Gudeg menyumbang total 11 atlet yang tergabung dalam kontingen Indonesia di SEA Games XXXII. Ke-11 atlet tersebut berasal dari berbagai cabor.

Mereka adalah Amazia Keiko Radisty dari polo air putri, Lisa Ayu (bulutangkis), Mutiara Oktarani Nurul Al-Pasha (atletik), Odie Purnomo dan Aiman Cahyadi (balap sepeda).

Kemudian Yokebed Purari Eka dan Gilang Ramadhan dari voli pantai, Fahri Septian Putratama (voli indoor), Jabran Bagus Wiloko (e-sport), Gebby Adi Wibawa Putra (billiard), serta Rahmayuna Fadillah (obstacle race).

Atlet-atlet DIY sukses mengukir prestasi gemilang di SEA Games 2023. Tiga di antaranya berhasil mempersembahkan medali emas buat Indonesia. Mereka adalah Fahri Septian Putratama, Lisa Ayu Kusumawati, dan Gilang Ramadhan.

Adapun medali perak didapat Iman Cahyadi, Yokebed Purari Eka, dan Rahmayuna Fadillah. Kemudian perunggu diraih Gebby Adi Wibawa Putra serta Amazia Keiko Radisty.

 

3 dari 6 halaman

Langganan Emas SEA Games

Sekeping medali emas dipersembahkan Gilang Ramadhan di nomor beregu putra. Tim voli pantai Indonesia dihuni Mohammad Ashfiya, Bintang Akbar, Danangsyah Yudistira Pribadi, dan Gilang Ramadhan.

Bertanding di kawasan pantai Sihanokville, Selasa (16/5/2023), tim Indonesia menang secara dramatis atas wakil Thailand dengan skor 2-1.

Kemenangan tersebut tidak dilalui dengan mudah. Penentuan medali emas SEA Games 2023 harus dituntaskan lewat golden match alias tiga partai.

Pada partai final, Gilang Ramadhan yang berpasangan dengan Danangsyah Yudistira harus mengakui keunggulan Pithak Tipjan/Poravid Taovato dengan skor 16-21, 19-21.

 

4 dari 6 halaman

Berhasil Dibalas

Kekalahan ini berhasil dibalas Bintang Akbar/Mohammad Ashfiya yang turun pada partai kedua. Mereka sukses menuntaskan perlawanan Dunwinit Kaewsai/Surin Jongklang 21-19, 21-19.

Adapun pada partai penentuan, Bintang/Ashfiya kembali tak terbendung dengan menumbangkan Pithak Tipjan/Poravid Taovato lewat skor 21-18, 25-23.

Ini merupakan medali emas kedelapan secara beruntun yang diraih tim voli pantai Indonesia. Tim Merah-Putih memang dominan pada cabang olahraga voli pantai putra SEA Games dengan merebut emas sejak dipertandingkan pada 2003 di Vietnam.

 

5 dari 6 halaman

Bangga dan Terharu

"Bangga dan terharu bisa meraih medali emas. Tantangan kebetulan melawam tim Thailand saya enggak pernah menang. Meski secara skill sama saja tetapi buat saya pribadi merasa ada tekanan lebih," ujar Gilang Ramadhan saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (18/5/2023).

"Pressure itu karena ngelihat teman-teman sudah dapat medali semua sedangkan kita hari terakhir bertanding. Itu buat saya tantangan sama saya juga sempat cedera lutut kiri, tetapi untung tim kedua bisa menutup," sambungnya.

 

6 dari 6 halaman

Hattrick Emas SEA Games

Medali emas ini merupakan yang ketiga alias hattrick bagi Gilang Ramadhan di SEA Games.

"Ini emas ketiga buat saya. Sebelumnya di SEA Games 2019 dan 2021 juga Alhamdulillah dapat medali emas," ungkap Gilang Ramadhan.

Pencapaian di SEA Games bakal dijadikan bekal tim voli pantai putra Indonesia menghadapi sejumlah kejuaraan level Asia. Satu di antaranya Asian Games 2023 di Hangzhou, Tiongkok, akhir tahun nanti.

"Setelah SEA Games ada AVC Beach Continental di China untuk kualifikasi Olimpiade sama ada Asian Games. Yang pasti, saya berharap bisa masuk Timnas lagi untuk membela Indonesia," tutur Gilang.

"Tentunya juga saya ingin sampai Olimpiade, kalau bisa ya. Ya semoga ada kesempatan untuk kesana," pungkasnya.

Video Populer

Foto Populer