Sukses


Cara Membantu Mengatasi Rasa Duka

Bola.com, Jakarta - Kesedihan adalah respons alami terhadap segala jenis kehilangan. Dalam satu titik kehidupan, seseorang akan mengalami perasaan duka atau berkabung akibat pengalaman menyakitkan, seperti kematian, perpisahan, perceraian, kegagalan, bencana, dan sebagainya.

Di sisi lain, kesedihan merupakan pengalaman pribadi sehingga sulit untuk mengetahui bagaimana membantu seseorang yang sedang berduka.

Apabila perasaan sedih dan hampa tersebut dialami oleh satu di antara orang terdekat, melihatnya seperti itu tentu bisa membuatmu ikut merasakan pilu.

Tanpa sadar, kamu pasti akan berusaha mengibur untuk meredakan kesedihan atau kedukaan. Namun, seringnya itu tak cukup.

Jika kamu kehabisan ide untuk menghibur seseorang yang mengalami kedukaan. Ada beberapa cara berikut yang bisa dicoba.

Berikut ini beberapa cara membantu mengatasi rasa duka, disadur dari Klikdokter, Sabtu (20/5/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Membantu Mengatasi Rasa Duka

1. Menghubungi Orang yang Berduka

Kamu bisa mencoba mengontak atau menghubunginya. Tanyakan kabarnya, bagaimana perasaannya, serta apa yang bisa kamu lakukan untuknya.

Usahamu dalam menghubunginya dapat membuat orang tersebut merasa berarti dan diperhatikan.

2. Menjadi Pendengar yang Baik

Untuk mengatasi rasa sedihnya karena kehilangan orang terdekat, satu di antara caranya adalah menjadi pendengar yang baik.

Tidak perlu banyak bicara, memberi nasihat, atau menghibur. Cukup menjadi pendengar yang tulus atas segala keluh kesahnya.

3. Biarkan Ia Mengungkapkan Emosi

Rasa duka kadang tidak bisa ditahan. Satu di antara cara mengatasinya adalah dengan menangis. Jadi, biarkan orang tersebut mengungkapkan emosi dan kesedihannya kepadamu.

3 dari 4 halaman

Cara Membantu Mengatasi Rasa Duka

4. Sabar dan Tidak Menghakimi

Emosi dan perasaan orang yang sedang berduka tentunya sedang tidak stabil. Oleh karena itu, kamu harus dapat bersabar dan menahan diri untuk tidak menghakimi hal yang ia ucapkan atau lakukan.

5. Mendukung Harapannya

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi duka tersebut adalah dengan mendukung harapannya. Kamu bisa menanyakan apa yang ia harapkan dan nyatakan dukunagn kepadanya bahwa kamu selalu ada untuknya.

6. Bantu secara Nyata

Bantuan secara nyata sangat membantu. Kamu dapat menawarkan, misalnya untuk membantu mengurus pemakaman, membelikan makanan, mengontak toko bunga, dan sebagainya.

4 dari 4 halaman

Cara Membantu Mengatasi Rasa Duka

7. Ajak Berkegiatan

Cara yang cukup ampuh untuk mengatasi duka cita seseorang adalah dengan mengajaknya melakukan aktivitas bersama yang disukai.

Ketimbang berdiam diri dan memikirkan hal yang membuat pilu, lebih baik ajak ia untuk melakukan hal positif untuk membantu mengalihkan pikirannya.

8. Membawakan Makanan

Jika kamu tahu makanan favoritnya maka kamu bisa membawakannya. Kamu dapat membeli ataupun memasak makanan tersebut agar lebih spesial.

Setiap orang punya reaksi dan cara penerimaan yang berbeda-beda dalam mengatasi rasa duka yang mendalam, yang tergantung banyak faktor.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 3/11/2022)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer