Sukses


Macam-Macam Gejala Tubuh Kekurangan Vitamin D yang Perlu Diperhatikan

Bola.com, Jakarta - Vitamin D adalah nutrisi penting yang memiliki peran krusial dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Meski sering kali diabaikan, kekurangan vitamin D dapat berdampak negatif pada kesejahteraan dan fungsi tubuh kita secara keseluruhan.

Hanya, banyak orang tidak menyadari bahwa mereka mungkin mengalami kekurangan vitamin D karena gejalanya sering kali tidak langsung terlihat dan terjadi secara bertahap.

Satu di antara gejala utama dari kekurangan vitamin D adalah kondisi tulang yang melemah. Selain itu, kekurangan vitamin D dapat mengganggu fungsi otot, menyebabkan kekuatan fisik menurun, serta mengurangi daya tahan tubuh.

Untuk memahami lebih lanjut apa saja gejala yang ditimbulkan dari kekurangan asupan vitamin D, kamu bisa membaca artikel di bawah ini.

Berikut macam-macam gejala tubuh kekurangan vitamin D yang perlu diperhatikan, disadur dari Klikdokter, Kamis (25/5/2023).

2 dari 5 halaman

Gejala Tubuh Kekurangan Vitamin D

1. Tulang Melemah Akibat Rakhitis  

Kekurangan vitamin D yang terjadi pada masa kanak-kanak dalam keadaan yang ekstrem dan berkepanjangan dapat menimbulkan rakhitis. 

Penyakit ini ditandai dengan tulang-tulang yang melunak dan melemah. Lama-kelamaan tulang pun menjadi bengkok, terutama tulang panjang di tungkai dan lengan.

Selain itu, biasanya anak mengalami keterlambatan perkembangan motorik, misalnya terlambat berjalan.

2. Tulang Melunak Akibat Osteomalasia

Pada orang dewasa, kekurangan vitamin D yang berat dan dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan gangguan osteomalasia. Seperti pada rakhitis, tulang penderita osteomalasia juga melunak.

Gejala utama osteomalasia adalah nyeri tulang dan lemah pada otot. Nyeri tulang pada osteomalasia sering kali terjadi di punggung bawah, panggul, pinggul, dan tungkai. Rasa nyeri biasanya memberat saat berbaring di malam hari.

3 dari 5 halaman

Gejala Tubuh Kekurangan Vitamin D

3. Nyeri Tulang Akibat Osteoporosis

Osteoporosis bisa menjadi gejala dari kekurangan vitamin D. Osteoporosis ditandai dengan kepadatan tulang yang menurun. 

Osteoporosis sering terjadi pada wanita yang sudah memasuki masa menopause. Namun, pada kekurangan vitamin D, osteoporosis bisa muncul lebih dini dan dapat menyerang pria.

Pada osteoporosis yang ringan, tidak selalu menunjukkan gejala. Sementara itu, osteoporosis yang berat dapat mengakibatkan nyeri tulang, bahkan tulang jadi mudah patah. 

Untuk memastikan ada tidaknya osteoporosis, diperlukan pemeriksaan bone densitometry.

4. Infeksi Saluran Pernapasan

Tanda tubuh kekurangan vitamin D dapat ditunjukkan dengan seringnya mengalami infeksi saluran pernapasan.

Berbagai studi menemukan bahwa orang yang kekurangan vitamin D lebih rentan mengalami infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki vitamin D yang cukup. 

Hal ini karena vitamin D berperan penting dalam mengoptimalkan imunitas tubuh.

4 dari 5 halaman

Gejala Tubuh Kekurangan Vitamin D

5. Depresi

Kekurangan vitamin D mengakibatkan seseorang lebih rentan mengalami depresi. Jika seseorang memiliki depresi dan terbukti kekurangan vitamin D, suplemen vitamin D perlu diberikan sebagai satu di antara bagian dalam pengobatannya.

Walau demikian, depresi bisa terjadi karena berbagai hal, bukan hanya karena kekurangan vitamin D. 

6. Gangguan Penyembuhan Luka 

Penyembuhan luka yang membutuhkan waktu lama setelah operasi, atau luka yang lama sembuh, dapat menjadi gejala kekurangan vitamin D. 

Vitamin D dapat membantu produksi komponen yang diperlukan untuk membentuk kulit baru dalam proses penyembuhan luka. 

5 dari 5 halaman

Gejala Tubuh Kekurangan Vitamin D

7. Rambut Rontok

Ciri lainnya dari kekurangan vitamin D adalah rambut rontok. Itu karena nutrisi yang masuk ke tubuh ikut memengaruhi kesehatan rambut. Kendati demikian, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian tentang hal ini.

Lebih lanjut, rendahnya kadar vitamin D berhubungan dengan kejadian alopecia areata dan penyakit autoimun yang ditampilkan dengan kerontokan rambut. 

8. Gelisah

Sebuah penelitian menemukan bahwa calcidiol adalah satu di antara bentuk vitamin D yang jumlahnya rendah pada orang dengan kecemasan. 

Penelitian lain menemukan bahwa pada ibu hamil, memiliki kadar vitamin D yang cukup dapat mengurangi kecemasan dan membantu kualitas tidur. Bahkan bisa mencegah depresi postpartum. 

Vitamin D berperan penting dalam metabolisme kalsium, kesehatan tulang, dan mengoptimalkan imunitas tubuh. Oleh sebab itu, perlu memperhatikan asupan vitamin D untuk tubuh.

Vitamin D dapat diperoleh secara mudah dan efektif melalui paparan sinar matahari. Sebuah studi di Asia Tenggara menyatakan bahwa berjemur pada pukul 9 pagi selama 25 menit dapat mencukupkan kebutuhan vitamin D harian.

Selain berjemur, vitamin D dapat diperoleh dari makanan seperti susu, keju, yoghurt, makanan yang difortifikasi vitamin D, serta minyak ikan.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 7/12/2022)

Dapatkan artikel macam-macam berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer