Sukses


Sejarah Hari Lanjut Usia Nasional 29 Mei yang Menarik Diketahui

Bola.com, Jakarta - Di Indonesia, Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) atau juga dikenal sebagai Hari Lansia Nasional diperingati pada tanggal 29 Mei setiap tahunnya.

Dilansir laman resmi kemensos.go.id, tahun 2023 Hari Lanjut Usia Nasional akan menjadi peringatan yang ke-27.

Adapun tema yang diangkat pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-27 adalah "Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat".

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, lansia adalah tahapan masa tua pada perkembangan seorang laki–laki ataupun perempuan dengan batasan usia 60 tahun ke atas.

Dalam rangka memeriahkan Hari Lanjut Usia Nasional 2023, tak ada salahnya kamu mempelajari sejarah dari peringatan ini.

Berikut ini rangkuman sejarah Hari Lanjut Usia Nasional 29 Mei yang menarik diketahui, dikutip dari laman smamuh1smg.sch.id dan kemensos.go.id, Minggu (28/5/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Sejarah Hari Lanjut Usia Nasional 29 Mei

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) merupakan sebuah upaya pemerintah untuk mengapresiasi semangat jiwa raga serta menghargai peran penting dan strategi para lanjut usia di Indonesia.

Selain itu, peringatan Hari Lanjut Usia Nasional berfungsi sebagai pengingat untuk menghargai dan menghormati populasi lansia di Indonesia dan mengakui pencapaian luar biasa mereka yang diberikan kepada masyarakat.

Pada hakikatnya, peringatan Hari Lanjut Usia Nasional untuk meningkatkan kepedulian kita, sesama manusia, terhadap para lansia.

Dilansir laman resmi kemensos.go.id, Hari Lanjut Usia Nasional diinisiasi atas peran Dr. KRT. Radjiman Widyodiningrat, yang memimpin sidang BPUPKI pada 29 Mei 1945, sebagai anggota paling sepuh (tertua) yang dengan kearifannya mencetuskan gagasan perlunya dasar filosofis negara Indonesia.

3 dari 3 halaman

Sejarah Hari Lanjut Usia Nasional 29 Mei

Lanjutan...

Hari Lanjut Usia Nasional secara resmi dicanangkan di kota Semarang pada 29 Mei tahun 1996 oleh Presiden Soeharto.

Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia mengamanatkan bahwa program atau kegiatan pembangunan kesejahteraan sosial harus berorientasi pada peningkatan kesejahteraan sosial lanjut usia.

Alasannya karena lanjut usia memiliki pengalaman, keahlian, dan kearifan untuk berperan serta dalam pembangunan nasional.

Kehadiran negara terhadap para lanjut usia ditandai dengan diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2021 tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan, di mana pemerintah memberikan perhatian khusus kepada lanjut usia.

Mandat Peraturan Presiden tersebut ditujukan kepada kementerian/lembaga untuk mewujudkan lanjut usia sejahtera, mandiri, dan bermartabat. Hal itu menjadi latar belakang peringatan Hari Lanjut Usia Nasional pada 29 Mei.

 

Sumber: smamuh1smg.sch.id, kemensos.go.id

Baca artikel seputar sejarah lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer