Sukses


Jenis-Jenis Kampanye yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Kampanye adalah suatu aktivitas komunikasi atau kegiatan penyampaian informasi yang dilakukan secara terencana untuk mendidik, meyakinkan, memengaruhi serta mengambil simpati individu atau masyarakat menggunakan berbagai media untuk memenuhi target dalam satuan waktu tertentu.

Menurut Undang-Undang No. 10 Tahun 2008 tentang pemilihan umum DPR, DPD, DPRD, kampanye adalah kegiatan peserta pemilu untuk meyakinkan para pemilih dengan menawarkan visi, misi, dan program peserta pemilu.

Pada dasarnya kegiatan kampanye dilandasi oleh prinsip persuasi, yaitu mengajak dan mendorong publik untuk menerima atau melakukan sesuatu yang dianjurkan atas dasar kesukarelaan.

Media untuk berkampanye ada berbagai jenis. Selain media seperti spanduk dan baliho, ada pula media seperti televisi, YouTube, sampai media sosial. Bahkan, para politisi juga kerap menyewa tempat seperti lapangan bola untuk berkampanye.

Media apa pun yang dipilih, harus dimanfaatkan dengan maksimal.

Agar kamu lebih jelas, berikut jenis-jenis kampanye, dilansir dari lamanĀ Kuncie, Senin (5/6/2023).

2 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Kampanye

Jenis-jenis kampanye berdasarkan tujuannya:

Kampanye Sosial

Kampanye sosial adalah kegiatan berkampanye yang mengomunikasikan pesan-pesan yang berisi tentang masalah sosial kemasyarakatan dan bersifat non komersial.

Tujuan dari kampanye jenis ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan gejala-gejala sosial yang sedang terjadi.

Kampanye Bisik

Bisik berarti berbicara dengan suara pelan. Maka, kampanye bisik adalah kampanye yang dilakukan melalui gerakan untuk melawan atau mengadakan aksi secara serentak. Agar aksi ini tidak terendus, informasi dan ajakan beraksi dilakukan dengan menyiarkan kabar angin.

Kampanye Promosi

Kampanye promosi adalah kegiatan kampanye yang dilaksanakan dalam rangka promosi untuk meningkatkan atau mempertahankan penjualan dan sebagainya. Biasanya kampanye promosi dilakukan perusahaan produk untuk mendongkrak penjualan.

Kampanye jenis ini dilakukan untuk mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin. Makin banyak untungnya maka akan makin baik.

Kampanye Politik

Kampanye politik adalah kampanye yang menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat agar masyarakat memperoleh informasi tentang apa dan bagaimana suatu partai, program, maupun visinya.

Dengan demikian masyarakat dapat memahami maksud dan tujuan dari partai tersebut untuk menentukan dipilih atau tidak.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Kampanye

Jenis-jenis kampanye berdasarkan orientasinya:

Product Oriented Campaign

Kampanye orientasi produk adalah kegiatan kampanye yang berorientasi pada produk dan bertujuan komersial. Aktivitas kampanye yang dilakukan biasanya menyelenggarakan kegiatan-kegiatan sosial sebagai satu di antara cara membangun citra yang baik bagi suatu perusahaan.

Candidate Oriented Campaign

Kampanye orientasi kandidat disebut juga sebagai kampanye politik. Kampanye ini berorientasi pada seorang kandidat demi kepentingan politik dengan dilatarbelakangi sebuah tujuan, yaitu memperoleh dukungan dalam melaksanakan suatu kegiatan politik.

Ideological or Cause Oriented Campaign

Jenis kampanye ini mempunyai orientasi atau tujuan untuk mengubah sebuah aturan di masyarakat yang sudah berakar sejak lama. Kampanye ini melibatkan semua kalangan dan dilakukan oleh lembaga sosial non-profitable tanpa berharap keuntungan apa pun.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Kampanye

Jenis-jenis kampanye berdasarkan medianya:

Kampanye Langsung

Jenis kampanye langsung dilakukan secara tatap muka. Dalam kampanye ini, kandidat akan hadir dan menemui masyarakat untuk menyampaikan program maupun pesan-pesan untuk menarik dukungan masyarakat.

Kampanye ini biasanya dilakukan di stadion, lapangan, gedung atau tempat-tempat yang bisa diakses oleh semua orang. Biasanya kandidat akan naik ke atas panggung dan berbicara di hadapan banyak orang.

Kampanye Elektronik

Kampanye elektronik dilakukan dengan memanfaatkan media elektronik seperti televisi dan radio. Akan tetapi, seiring berkembangnya zaman, muncul media yang makin canggih. Kini, para politisi bisa melakukan kampanye di berbagaiĀ channelĀ YouTube danĀ podcast.

Kampanye Cetak

Meski teknologi sudah makin canggih, kampanye cetak masih kerap dilakukan. Hal ini karena jenis kampanye ini dinilai masih efektif. Contoh kampanye cetak adalah di majalah, koran, selebaran, poster, brosur, baliho, spanduk, dan banyak lainnya.Ā 

Ā 

Sumber: Kuncie

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer