Sukses


Cara Mengatasi Kebiasaan Hedonisme, Patut Menjadi Perhatian

Bola.com, Jakarta - Hedonisme adalah gaya hidup yang fokus pada kenikmatan serta kepuasan pribadi tanpa mementingkan dampaknya terhadap diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

Hedonisme erat kaitannya dengan kekayaan, kenikmatan batin, kekuasaan, kebebasan, dan sebagainya.

Kata hedonisme berasal dari bahasa Yunani, 'hedone, yang memiliki arti kesenangan.

Hedonisme juga bisa diartikan sebagai sebuah ideologi atau pandangan hidup yang meyakini jika kebahagiaan hanya bisa didapat dengan cara mencari kesenangan sebanyak-banyaknya.

Sementara, arti kata hedonisme dalam gaya hidup mengacu pada tindakan dan kebiasaan yang berfokus pada pemenuhan hasrat dan kenikmatan pribadi, seperti berlebihan dalam konsumsi makan, minum, dan belanja, serta menghabiskan waktu dan uang untuk aktivitas yang hanya memuaskan keinginan pribadi.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebiasaan hedonisme, dilansir dari laman Bfi, Kamis (8/6/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kebiasaan Hedonisme

1. Definisikan Tujuan Hidupmu

Luangkan waktu sejenak untuk berpikir dan mendefinisikan ulang tujuan hidup yang ingin kamu raih. Fokus pada sesuatu yang membawa kebahagian jangka panjang dan bermakna untuk kehidupan kamu.

2. Kurangi Kegiatan yang Tidak Bermanfaat

Hedonisme erat kaitannya dengan kesenangan. Namun, tidak semua hal yang menyenangkan adalah suatu hal yang baik ataupun memberikan manfaat untuk diri kita.

Maka itu, cobalah untuk menghindari kegiatan yang sekiranya tidak membawa manfaat untukmu.

3. Temukan Kebahagiaan dalam Hal-Hal Sederhana

Carilah kebahagiaan dalam hal-hal sederhana, tetapi sarat akan makna. Misalnya membaca buku, berbicara dengan orang terdekat atau keluarga tercinta, berkebun, berolahraga, atau membantu sesama.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kebiasaan Hedonisme

4. Mintalah Dukungan Dari Orang Terdekat

Diskusikan masalah yang kamu miliki ke orang terdekat dan mereka yang dapat kamu percaya sepenuhnya. Nasihat dan dukungan dari mereka menjadi penguat untuk perubahan yang lebih baik di kehidupanmu.

5. Mencari Bantuan Profesional

Jika kamu merasa kesulitan untuk mengatasi gaya hidup hedonisme, carilah bantuan dari seorang profesional, seperti psikolog atau konselor.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kebiasaan Hedonisme

6. Ubah Lingkup Pertemananmu

Lingkungan pertemanan menjadi satu di antara faktor terbesar dalam membentuk kepribadian seseorang.

Jika kamu merasa lingkup pertemananmu saat ini mendorong dirimu untuk menjadi pribadi yang senang hura-hura, membeli dan melakukan sesuatu yang kurang bermanfaat, ada baiknya mulai sekarang kamu mengubah lingkup pertemananmu.

7. Pahami Bahwa Kebahagiaan dan Kepuasan Tidak Datang Dari Konsumsi

Kebahagiaan dan kepuasan hidup tidak datang dari konsumsi, tetapi dari hal-hal yang lebih esensial dan bermakna dalam hidup seperti hubungan yang baik, kesehatan, dan kontribusi positif pada lingkungan dan masyarakat.

 

Sumber: Bfi

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer