Sukses


Jenis-Jenis Sampah, Lengkap beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Sampah adalah sisa-sisa kegiatan setiap hari dari manusia, atau dari proses alam yang terjadi. Tak bisa dimungkiri, sampah masih menjadi permasalahan besar di Indonesia.

Untuk mengatasi permasalahan sampah, perlu dilakukan upaya maksimal dari seluruh aspek pengelolaan sampah.

Seperti diketahui, sampah memiliki banyak efek buruk, terutama terhadap lingkungan. Tak hanya jangka pendek, tetapi juga jangka panjang.

Bila sampah hanya dibuang untuk kemudian dibuang lagi di suatu tempat, dan dari suatu tempat itu kemudian dibuang lagi di tempat lain maka hal itu tidak akan ada habisnya.

Maka itu, setiap orang dari berbagai lapisan masyarakat harus berpartisipasi dalam pengelolaan sampah. Adapun cara yang bisa dilakukan ialah dengan memilah sampah sesuai jenisnya.

Mungkin kamu pernah melihat warna-warni tempat sampah yang tersedia di area publik seperti taman, lapangan, atau tepi jalan. Tempat sampah tersebut disediakan berwarna-warni sesuai jenis sampah.

Berikut ini jenis-jenis sampah dan cara meminimalkan yang penting untuk diketahui, dilansir dari ditsmp.kemdikbud.go.id, Kamis (8/6/2023).

2 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Sampah

1. Sampah Organik

Sampah organik merupakan sampah yang sifatnya mudah terurai di alam (mudah busuk) seperti sisa makanan, daun-daunan, atau ranting pohon. Sampah organik umumnya diwadahi dengan tempat sampah berwarna hijau.

Dengan memisahkan sampah organik dalam wadah tersendiri maka dapat memudahkan sampah organik diproses menjadi pupuk kompos.

2. Sampah Anorganik

Sampah anorganik merupakan sampah yang sifatnya lebih sulit diurai seperti sampah plastik, kaleng, dan styrofoam. Sampah anorganik umumnya diwadahi dengan tempat sampah berwarna kuning.

Dengan adanya tempat sampah khusus maka dapat mempermudah pemanfaatan sampah anorganik sebagai kerajinan daur ulang atau daur ulang di pabrik.

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Sampah

3. Sampah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3)

Sampah B3 umumnya diwadahi dengan tempat sampah berwarna merah. Sampah B3 merupakan sampah yang dapat membahayakan manusia, hewan, atau lingkungan sekitar.

Contoh sampah B3 yaitu sampah kaca, kemasan detergen atau pembersih lainnya, serta pembasmi serangga dan sejenisnya.

Untuk meminimalkan dampak yang mungkin ditimbulkan, sampah B3 perlu dikelompokkan secara khusus dalam satu wadah.

4. Sampah Kertas

Sampah kertas juga merupakan jenis sampah yang dapat dipilah secara khusus dalam wadah tempat sampah berwarna biru.

Pemilahan sampah kertas berguna untuk memudahkan proses daur ulang kertas. Karton, potongan kertas, pamflet, bungkus kemasan berbahan kertas, dan buku juga termasuk jenis sampah kertas.

5. Sampah Residu

Sampah residu merupakan sampah sisa di luar keempat jenis sampah di atas. Tempat sampah yang diperuntukan bagi tempat sampah residu umumnya berwarna abu-abu.

Contoh sampah residu yaitu seperti popok bekas, bekas pembalut, bekas permen karet, atau puntung rokok.

4 dari 5 halaman

Cara Meminimalisasi Sampah agar Tidak Mencemari Lingkungan

Daur Ulang Sampah Plastik dan Perca

Sampah plastik yang susah diurai, yang apabila hanya dibakar akan menimbulkan polusi udara ternyata dapat didaur ulang menjadi barang yang berguna dan berdaya jual.

Contoh: bungkus makanan plastik bila dikumpulkan maka akan dapat dijadikan sebagai tas plastik bermotif unik.

Sementara untuk limbah kain (kain perca) dapat didaur ulang menjadi keset yang cantik bergantung pada jahitannya. Dapat pula dijadikan sebagai boneka jari untuk alat storytelling.

Dijadikan Alat Seni

Sampah tak selamanya menjadi sampah. Sampah bisa pula menjadi sebuah karya seni yang keren. Seperti halnya yang sempat terjadi di sepanjang jalan Malioboro Yogyakarta, dipamerkan seni patung yang terbuat dari sampah-sampah plastik. Semuanya terbuat dari sampah dan akhirnya terlihat menarik.

Media Menanam

Dengan metode menanam vertikultur, sampah botol plastik yang masih utuh dapat digunakan sebagai media tanam.

Botol plastik tinggal dilubangi sedemikian rupa untuk memasukkan tanah ke dalamnya, serta jangan lupa untuk melubangi bagian ujung botol sebagai jalan masuknya tali penggantung.

5 dari 5 halaman

Cara Meminimalisasi Sampah agar Tidak Mencemari Lingkungan

Dijadikan Pupuk

Sampah organik bila sekadar didiamkan akan membusuk dan ditumbuhi organisme yang menjijikkan. Baunya yang tidak sedap juga mengganggu indra penciuman.

Sampah jenis ini dapat dimanfaatkan untuk didaur ulang sebagai pupuk tanaman, yakni semacam demokrasi tanaman, dari tanaman, untuk tanaman dan oleh tanaman itu sendiri. Akan lebih menghemat pengeluaran dibanding membeli pupuk lagi.

Sebagai Alat Edukasi

Bahaya sampah dan ketakbersihan lingkungan perlu diedukasikan ke masyarakat. Sampah merupakan ancaman yang tidak bisa dianggap sepele.

Sampah dapat dijadikan sebagai peraga alat edukasi. Tentu bukan semua sampah, tetapi yang sekiranya diperlukan saja.

 

Sumber: ditsmp.kemdikbud.go.id

Baca artikel seputar edukasi lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer