Sukses


8 Cara Ampuh Mengatasi Ngantuk saat Kerja, Mudah Dipraktikan

Bola.com, Jakarta - Merasakan kantuk merupakan masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang, terutama saat kerja di kantor atau dalam rutinitas sehari-hari.

Sensasi mengantuk yang datang saat bekerja dapat mengganggu produktivitas, konsentrasi, dan kinerja kita secara keseluruhan.

Kesibukan sering kali membuat banyak orang tidak dapat mencukupi kebutuhan tidur pada malam hari. Akibatnya, rasa kantuk menyerang dari pagi hingga sore, yang tentu mengganggu pekerjaan.

Jangan biarkan rasa kantuk mengganggu kinerja dan produktivitasmu dalam. Dengan melakukan perubahan kecil dalam rutinitas kerjamu, akan mampu menghadapi rasa ngantuk.

Ada sejumlah cara ampuh yang bisa dilakukan untuk mengatasi ngantuk saat kerja agar tetap produktif dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Berikut delapan cara ampuh mengatasi ngantuk saat kerja, yang mudah untuk dipraktikan, disadur dari Merdeka, Jumat (9/6/2023).

2 dari 5 halaman

Cara Ampuh Mengatasi Ngantuk saat Kerja

1. Berjalan-jalan Sebentar

Cara mengatasi ngantuk saat kerja yang pertama, yaitu berjalan-jalan sebentar. Ketika rasa kantuk muncul saat kerja, tetap di tempat duduk hanya akan akan memperparah kondisi tersebut.

Untuk itu, cobalah beranjak dari tempat dudukmu, lalu pergi keluar ruangan untuk berjalan-jalan sebentar.

Namun, apabila kamu sedang tidak bisa meninggalkan tempat kerja, cobalah untuk menggoyangkan kaki saat duduk. Kamu juga bisa berjalan mondar-mandir di dalam ruangan.

2. Cuci Muka dengan Air Dingin

Cara mengatasi ngantuk saat kerja selanjutnya adalah cuci muka dengan air dingin. Kamu bisa pergi ke kamar mandi dan basuh wajah dengan air dingin.

Cara sederhana ini dipercaya efektif menghilangkan kantuk dengan cepat dan memberikan kesegaran yang kamu butuhkan.

Setelah itu, kamu bisa mengonsumsi camilan. Namun, sebaiknya hindari mengonsumsi camilan yang manis dan berlemak karena tidak baik bagi kesehatan. Pilih camilan sehat untuk menghilangkan rasa kantuk, seperti kacang-kacangan, buah, atau yoghurt.

3 dari 5 halaman

Cara Ampuh Mengatasi Ngantuk saat Kerja

3. Minum Kopi

Minum kopi atau kafein juga dipercaya efektif sebagai cara mengatasi kantuk saat kerja. Kandungan kafein ini sejak dulu dikenal mampu meningkatkan aktivitas di otak dan saraf.

Namun, jika kamu tidak begitu menyukai kopi, masih ada beberapa minuman berkafein lainnya yang bisa kamu pilih, seperti teh hitam atau teh hijau.

4. Jaga Ruang Kerja Tetap Tenang

Menjaga ketenangan di ruang kerja juga efektif sebagai cara mengatasi ngantuk saat kerja. Jika kamu bekerja pada siang hari, biarkan tirai jendela tempat kerja terbuka agar sinar matahari masuk.

Jika kamu bekerja saat gelap, nyalakan lampu untuk membantumu tetap terjaga dan waspada.

4 dari 5 halaman

Cara Ampuh Mengatasi Ngantuk saat Kerja

5. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik dengan tempo cepat menjadi satu di antara cara mengatasi ngantuk saat kerja yang cukup efektif.

Bekerja di tempat yang sepi kadang membuat seseorang mudah ngantuk. Maka itu, dengarkan musik dengan tempo cepat dan ceria agar kantuk hilang.

Selain itu, Anda kamu bisa mondar-mandir di dalam ruangan atau melakukan stretching sederhana. Cara mengatasi kantuk saat kerja ini bisa kamu lakukan bila sedang tidak bekerja meninggalkan pekerjaan.

Meregangkan lengan ke samping secara bergantian atau menekuk leher ke samping dan memutarnya, dapat mengendurkan otot yang tegang dan menjaga aliran dan tubuh tetap berenergi.

6. Tidur Siang sebelum Bekerja

Meski tidur siang adalah hal yang sulit dilakukan di tempat kerja, tidur siang sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan kewaspadaanmu.

Tips ini mungkin akan lebih berguna bagi pekerja shift, yang mungkin diminta untuk bekerja pada jam-jam tertentu atau bergantian.

Tidur siang, setidaknya 15 hingga 20 menit sebelum bekerja, dapat membantu meningkatkan kewaspadaanmu sambil menunggu giliran shift.

5 dari 5 halaman

Cara Ampuh Mengatasi Ngantuk saat Kerja

7. Menghirup Udara Segar

Cara mengatasi ngantuk saat kerja lainnya, yaitu menghirup udara segara. Hiruk pikuk suasana di dalam kantor membuat pikiran menjadi jenuh.

Cobalah keluar sebentar untuk menghirup udara segar. Jalan-jalan sambil bernapas dalam-dalam bisa menyegarkan pikiran.

Selain itu, kamu juga bisa naik turun tangga yang ada di ruang kerja. Meningkatkan kecepatan detak jantung adalah cara asyik lain untuk mencegah kantuk saat bekerja.

Jadi, sebaiknya kamu naik turun tangga agar jantung berdetak lebih cepat sehingga kamu akan terhindar dari rasa kantuk.

8. Olahraga Secara Rutin

Olahraga secara rutin berperan penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit saat bekerja. Ketika tubuh rajin berolahraga, pemakaian oksigen dalam tubuh menjadi lebih efektif dan optimal. Untuk itu, fisik akan lebih bugar dalam menghadapi beragam aktivitas.

Rutin berolahraga kira-kira 3-5 kali per minggu, selama minimal 30 menit penting sebagai cara menghilangkan ngantuk. Kamu bisa memilih olahraga aerobik seperti bersepeda, lari, dan renang.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Jevi Nugraha. Published: 6/10/2022)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer