Sukses


Keutamaan Salat Hajat yang Umat Islam Perlu Ketahui

Bola.com, Jakarta - Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, setiap umat Islam pasti akan menghadapi tantangan dan cobaan yang berbeda-beda.

Terkadang, kita merasa lelah dan terjebak dalam situasi berat yang sulit diatasi dengan daya upaya sendiri. Namun, sebagai umat muslim, kita memiliki sumber kekuatan yang tak terbatas, yaitu salat hajat.

Salat hajat, yang juga dikenal sebagai salat al-istikharah adalah salat yang dilakukan ketika seseorang menghadapi kesulitan, kebingungan, atau ketakpastian dalam membuat keputusan.

Melalui salat hajat, umat Islam bisa memohon petunjuk, bimbingan, dan pertolongan dari Allah Swt. untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Saat mendirikan salat hajat, banyak keutamaan serta manfaat yang bisa diambil secara langsung oleh umat Islam.

Lantas, apa saja keutamaan mendirikan salat hajat secara rutin?

Berikut keutamaan salat hajat yang perlu umat Islam ketahui, disadur dari Dream, Senin (12/6/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Keutamaan Salat Hajat

Pasrah dengan Ketentuan Allah Swt

Keutamaan salat hajat yang pertama adalah pasrah dengan ketentuan Allah Swt. mengingat bahwa segala sesuatu hanya Allah Swt. yang berhak untuk memutuskan apa yang akan terjadi.

Meski di mata manusia baik, belum tentu di mata Allah Swt. juga begitu. Namun, segala sesuatu yang diputuskan Allah Swt. sudah pasti yang terbaik untuk hamba-Nya.

Selain itu, saat umat muslim sudah menjalankan salat hajat dan tidak segera dikabulkan Allah Swt., jangan menyerah dan berprasangka buruk kepada Allah Swt. Teruslah berdoa dan memasrahkan segalanya hanya kepada Allah Swt. semata.

Ikhlas Menerima Keputusan Allah Swt.

Segala sesuatu yang telah diputuskan Allah Swt. Sebagai makhluk hendaknya menerima dengan ikhlas keputusan dan ketentuan tersebut.

Jika doa yang dipanjatkan langsung dikabulkan maka syukurilah dan anggap itu sebagai ujian bagi diri sendiri untuk bisa menahan diri dari kesombongan.

Begitu juga saat Allah Swt. menurunkan ujian kepada kita maka terimalah dengan sabar dan ikhlas Karena segala ujian yang diberikan Allah Swt. tidak akan melebihi dari batas kemampuan umat-Nya.

3 dari 4 halaman

Keutamaan Salat Hajat

Bisa Mengendalikan Semua Kebutuhan

Wajar sebagai manusia ada banyak sekali keinginan yang hendak dicapai. Bahkan dikatakan juga bahwa musuh terbesar manusia adalah nafsu diri sendiri.

Meski begitu, kita juga diperintahkan untuk bisa mengendalikan diri. Dengan melaksanakan salat hajat, di sinilah kita bisa bersyukur dengan segala sesuatu yang dimiliki.

Mendekatkan Diri kepada Allah Swt.

Salat hajat memang hanya salat sunah, tetapi salat ini sangat istimewa. Bukan hal yang mudah mengajak diri ini untuk bergerak, mengambil air wudu, dan menjalankan salat sunah hajat.

Salat hajat bisa menjadi media di mana kita bisa curhat kepada Allah Swt. tentang apa yang kita alami dalam kehidupan ini.

Keinginan Cepat Dikabulkan

Keutamaan yang terakhir adalah keinginan umat muslim yang cepat dikabulkan Allah Swt. Segala sesuatu yang kita inginkan, sekecil apa pun itu, hendaknya hanya kepada Allah Swt. tempat kita meminta.

Dalam ibadah ini, umat muslim menjalankan salat dua rakaat dan dilanjutkan dengan memanjatkan doa kepada Allah Swt. untuk menyampaikan apa yang kamu inginkan.

4 dari 4 halaman

Waktu Salat Hajat

Waktu Menjalankan Salat Hajat 

Setelah mengetahui apa saja keutamaan menjalankan salat hajat, umat muslim juga perlu mengetahui waktu yang tepat untuk mengerjakannya.

Dengan waktu yang tepat inilah maka ibadah sunah yang umat muslim lakukan lebih afdal dan mustajab, apalagi saat memanjatkan doa dan memohon keinginan kepada Allah Swt.

Dalam melaksanakan salat hajat, hendaknya dilakukan sebanyak dua sampai 12 rakaat. Setiap dua rakaatnya harus disertai dengan salam. 

Umat muslim mengerjakan salat hajat ini kapan saja, kecuali pada waktu yang memang dilarang untuk menjalankan salat. Waktu-waktu yang dilarang tersebut adalah sebagai berikut:

  • Selepas salat subuh sampai matahari terbit.
  • Selepas waktu ashar sampai matahari terbenam.

Kemudian waktu yang paling baik untuk mengerjakan salat hajat adalah pada malam hari, terutama pada sepertiga terakhir malam.

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 10/6/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer