Sukses


10 Cara Terbaik untuk Meningkatkan Fokus

Bola.com, Jakarta - Di tengah kehidupan yang diwarnai gangguan dan tuntutan, kemampuan untuk tetap fokus menjadi kualitas yang begitu berharga.

Kemampuan untuk sepenuhnya terlibat dalam tugas yang sedang dihadapi dan memusatkan perhatian pada hal yang penting adalah kunci untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi dan merasa terpenuhi dalam hidup.

Memang tidak mudah untuk tetap fokus dengan distraksi yang muncul. Perlu diingat, kehilangan fokus bisa memengaruhi kesungguhanmu dalam mewujudkan cita-cita dan tujuanmu.

Jika kamu merasa sering kehilangan fokus, mulai saat ini sebaiknya mencoba mencari cara agar bisa tetap fokus pada tujuan dan menghilangkan distraksi yang ada. Kamu masih belum terlambat untuk memulainya.

Berikut 10 cara terbaik yang bisa dilakukan untuk meningkatkan fokus, seperti dikutip dari Inspiringtips, Kamis (15/6/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Terbaik untuk Meningkatkan Fokus

1. Bebaskan Diri dari Hubungan yang Toxic

Jika kamu menjalin hubungan dengan seseorang yang menuntut banyak waktu dan perhatian, mungkin inilah saatnya untuk merenungkan apakah pasanganmu adalah inspirasi atau pengalih perhatian saat ini.

Jika dia tidak mengerti kebutuhanmu untuk fokus, mungkin kamu perlu jeda dalam hubungan.

2. Hindari Gangguan

Selain pasangan yang menuntut, kamu perlu menghindari bentuk gangguan lain. Gangguan umum lainnnya yang harus diwaspadai adalah terlalu banyak menggunakan media sosial, menonton TV, dan bermain game seluler.

Putuskan untuk berhenti sejenak dengan berbagai hal tersebut saat kamu mencoba mencapai tujuanmu.

3. Jauhkan dari Kebiasaan Overthinking

Terlalu banyak memikirkan sesuatu dapat mengakibatkan kemalasan dan kecemasan, yang merupakan penghalang untuk mencapai konsentrasi penuh.

Untuk itu, kamu harus segera mengalihkan perhatian ke hal-hal yang produktif setiap kali kamu tergoda untuk melamun atau memikirkan hal-hal yang tidak perlu.

4. Hindari Multitasking

Multitasking adalah skill, tetapi tidak selalu disarankan karena bertentangan dengan tujuan fokus. Hal itu dapat membagi perhatianmu dan mengurangi kualitas tugas yang kamu kerjakan secara bersamaan. Selain itu, kamu dapat menyelesaikan satu aktivitas lebih cepat jika kamu fokus padanya.

3 dari 4 halaman

Cara Terbaik untuk Meningkatkan Fokus

5. Buat Daftar Tugas untuk Setiap Hari

Metode perencanaan penting lainnya yang dapat membantumu fokus adalah membuat daftar tugas harian. Hal ini memungkinkanmu untuk mengatur aktivitasmu, dengan fokus pada tujuan penting dan mendesak yang perlu dicapai untuk hari itu.

Hal ini juga akan membantumu menghemat waktu dan energi dari hal-hal yang tidak perlu.

6. Kelola Waktu dengan Bijak

Fokus membutuhkan banyak disiplin, terutama dalam hal manajemen waktu. Selain membuat to-do-list, kamu perlu menganggarkan waktu dengan baik dan ketat untuk menyelesaikan tugas sebanyak mungkin dalam sehari.

Misalnya, jika kamu telah menetapkan dua jam untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu, lebih baik kamu memaksimalkan waktu itu sehingga kamu tidak perlu memperpanjang dan memengaruhi jadwal berikutnya.

7. Letakkan Seluruh Konsentrasi pada Apa yang Dilakukan

Untuk mencapai tujuan utama, kamu harus benar-benar fokus pada aktivitasmu saat ini. Misalnya, hindari memeriksa ponsel saat kamu sedang belajar atau menyelesaikan beberapa dokumen penting. Hal ini akan membantumu memaksimalkan waktu dan produktivitas.

4 dari 4 halaman

Cara Terbaik untuk Meningkatkan Fokus

8. Tidur yang Cukup

Kurang tidur akan menghalangi kamu untuk berkonsentrasi pada hal-hal yang kamu lakukan. Bagaimana kamu bisa fokus jika kamu berjuang keras untuk tetap membuka mata? Akui saja, sulit untuk memahami apa yang terjadi di sekitarmu ketika semua yang diinginkan otakmu adalah tidur.

9. Identifikasi Prioritas Utama

Tidak apa-apa untuk memiliki banyak tujuan, tetapi jika kamu ingin mencapai keunggulan, kamu perlu fokus satu per satu. Pada titik ini, mana yang paling penting dan yang membutuhkan perhatian penuhmu? Itu berarti kamu akan mencurahkan sebagian besar waktu dan energi untuk hal tersebut.

10. Kosongkan Pikiran

Kamu perlu mengatur pikiranmu sehingga sisa hidupmu juga akan teratur. Hindari distraksi yang biasanya menyita pikiranmu. Misalnya, kamu dapat menonaktifkan akun media sosial untuk menjaga dirimu dari kata-kata kasar dan drama online.

 

Sumber: Inspiringtips

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer