Sukses


Cara Kembali Produktif dan Semangat Bekerja setelah Libur Panjang

Bola.com, Jakarta - Setelah menghabiskan waktu libur panjang untuk liburan, sudah waktunya kembali ke rutinitas untuk mengumpulkan pundi-pundi uang.

Namun, bagi beberapa orang, kembali beraktivitas normal setelah menjalani liburan panjang bukanlah hal yang mudah.

Tak sedikit yang merasakan "post-holiday blue" atau perasaan sedih yang muncul setelah liburan usai. Kemudian ada juga yang membutuhkan motivasi lebih agar bisa kembali produktif.

Sulitnya meningkatkan produktivitas adalah hal yang wajar.

Kendati demikian, kita berkewajiban untuk kembali menumbuhkan semangat untuk bekerja dan melakukan hal produktif lainnya.

Hal ini juga dilakukan agar post holiday blue yang dirasakan tidak terus berlarut dan pekerjaan yang sedang kamu lakukan dapat terselesaikan dengan cepat dan baik.

Berikut cara kembali produktif dan semangat bekerja setelah libur panjang, disadur dari Klikdokter, Senin (3/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Kembali Produktif dan Semangat Bekerja setelah Libur Panjang

1. Mulai Rutinitas dengan Perlahan

Post vacation blues sering dialami orang yang langsung bekerja usai liburan. Hal ini tentu bisa memicu stres.

Usai liburan, usahakan untuk pulang ke rumah satu atau dua hari sebelum bekerja. Berikan jeda agar tubuh dan pikiran beradaptasi perlahan dengan rutinitas.

Ibaratnya, jangan langsung "digas". Kamu perlu menyesuaikan diri juga sebelum kembali bekerja.

2. Bersihkan Rumah dan Meja Kerja

Tumpukan barang-barang liburan yang berantakan dan timbunan pekerjaan yang belum selesai bisa membuatmu malas bekerja.

Tips untuk semangat kerja setelah liburan adalah segera bereskan benda-benda tersebut. Kamu juga bisa merapikan meja kerja sebelum liburan. Jadi, setelah kembali masuk ke kantor dan melihat meja bersih, kamu bisa kembali bersemangat.

3. Segera Rapikan Foto Liburan

Melihat-lihat lagi foto liburan sering membuatmu susah move on dari liburan. Jika ingin kembali bekerja, simpan foto-foto tersebut dan hindari mengecek media sosial terus-menerus.

Bila ingin menyortir foto-foto, kamu bisa melakukannya ketika weekend. Jadi, waktu kerja tidak terganggu karena mengurus hasil foto.

3 dari 4 halaman

Cara Kembali Produktif dan Semangat Bekerja setelah Libur Panjang

4. Rencanakan Liburan Selanjutnya

Berdasarkan studi yang dipublikasikan The Journal Applied Research in Quality of Life, merencanakan liburan dapat membuat mu lebih bahagia.

Agar lebih terbantu untuk termotivasi bekerja, lakukan perencanaan liburan selanjutnya. Kamu bisa menjadi terpacu dalam bekerja demi mengumpulkan biaya liburan.

5. Santai Sejenak dan Lakukan Hobi

Untuk menghilangkan penat karena masalah pekerjaan, kamu juga mesti melakukan perencanaan agar tubuh relaks.

Cara mengembalikan semangat kerja setelah libur panjang adalah coba luangkan waktu untuk santai sejenak. Contohnya, lakukan hobi atau sekadar berkumpul bersama keluarga di akhir pekan sebagai pilihan tepat.

4 dari 4 halaman

Cara Kembali Produktif dan Semangat Bekerja setelah Libur Panjang

6. Memasak Ulang Makanan Saat Liburan

Penelitian menunjukkan, makanan dapat mengingatkan kita pada hal tertentu. Hal yang sama berlaku juga dalam hal liburan.

Sebelum masuk kerja, cobalah memasak makanan yang kita makan saat liburan. Semangat kerja setelah libur bisa kembali lagi karena masih dapat menyantap makanan lezat dari destinasi liburan.

7. Lebih Aktif

Saat liburan, terkadang pola makan menjadi tidak terkontrol. Berat badan pun meningkat. Tips untuk semangat kerja setelah liburan berikutnya ialah mulai kembali berolahraga.

Selain menurunkan berat badan, berolahraga dapat membuat tubuh lebih bugar untuk mulai bekerja kembali.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 28/4/2023)

Yuk, baca artikel kesehatan mental lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer