Sukses


7 Macam Vitamin yang Baik untuk Menjaga Fungsi Otak

Bola.com, Jakarta - Otak adalah organ yang sangat kompleks dan penting dalam tubuh kita. Fungsi otak yang baik berperan untuk mengatur berbagai proses kognitif, termasuk memori, konsentrasi, pemikiran, dan koordinasi gerakan.

Untuk menjaga kesehatan otak kita, peran vitamin sangat penting. Terlebih jika kita mengonsumsinya secara rutin setiap hari.

Vitamin adalah senyawa organik yang esensial untuk tubuh kita. Tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin sendiri sehingga kita perlu mendapatkannya melalui makanan atau suplemen yang kita konsumsi.

Dalam hal menjaga fungsi otak yang optimal, ada beberapa vitamin yang terbukti memiliki peran penting dalam mendukung kesehatan otak.

Berikut tujuh macam vitamin yang baik untuk menjaga fungsi otak, seperti disadur dari Klikdokter, Minggu (9/7/2023).

2 dari 4 halaman

Macaam-Macam Vitamin yang Baik untuk Menjaga Fungsi Otak

1. Asam Lemak Omega-3 

Omega-3 dapat digunakan sebagai vitamin untuk meningkatkan fungsi otak. Ada tiga jenis omega-3, yakni asam eicosapentaenoic (EPA), asam docosahexaenoic (DHA), dan asam alfa-linolenat (ALA).

EPA dan DHA bisa kamu peroleh dari ikan berlemak, seperti salmon dan makerel. Sementara, asam alfa-linolenat dapat ditemukan pada sayuran berdaun hijau, minyak sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

2. Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan yang dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Suplemen harian vitamin E dapat memperlambat gejala penurunan daya ingat pada pengidap demensia.

Vitamin otak untuk dewasa ini memiliki sifat antiradang. Sifat antiradang vitamin E dapat membantu menjaga DNA agar tetap sehat dan bereplikasi dengan benar sembari mempertahankan struktur membran sel otak yang sehat. 

Meski termasuk vitamin saraf otak yang sering dikonsumsi, suplemen vitamin E tidak boleh digunakan berlebihan.

Ahli diet dari Cleveland Clinic, Maxine Smith, RDN, LD, menduga vitamin E yang dikonsumsi dalam dosis tinggi bisa meningkatkan risiko terjadinya kematian. 

Agar lebih aman, kamu bisa memperoleh vitamin E dari makanan, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran berdaun hijau tua, serta minyak bunga matahari atau minyak jagung. 

3 dari 4 halaman

Macam Vitamin yang Baik untuk Menjaga Fungsi Otak

3. Vitamin B1

Tiamin atau vitamin B1 adalah satu di antara nutrisi yang bisa membantu menjaga fungsi otak. Kekurangan vitamin B1 bisa memengaruhi sistem kerja saraf otak. Sebaliknya, mengonsumsi vitamin B1 bisa membantu enzim menghasilkan neurotransmitter yang tepat.

Senyawa kimia pembawa pesan antarsel saraf tersebut membantumu untuk berpikir, meningkatkan memori, bergerak, dan mengatur suasana hati. Coba penuhi asupan tiamin dengan mengonsumsi ayam, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

4. Vitamin B6

Vitamin B6 atau pyridoxine adalah satu di antara dari delapan vitamin B kompleks yang memiliki fungsi penting untuk tubuh, termasuk untuk kecerdasan otak. 

Vitamin B6 dibutuhkan untuk perkembangan otak anak-anak dan mempertahankan fungsi otak. Mengonsumsi vitamin B6 bersama vitamin B12 dan folat bisa memperlambat penurunan kemampuan kognitif dan kehilangan memori akibat pertambahan usia. 

Asupan vitamin B6 alami bisa kamu peroleh dari makanan kaya protein, seperti kacang-kacangan, daging, unggas, dan ikan. 

4 dari 4 halaman

Macam Vitamin yang Baik untuk Menjaga Fungsi Otak

5. Folat (Vitamin B9)

Vitamin B9 alias asam folat berperan menghasilkan sel darah merah yang penting selama masa pertumbuhan. 

Bahkan, sejumlah penelitian menunjukkan penggunaan suplemen asam folat selama trimester pertama kehamilan diduga bisa meningkatkan kemampuan kognitif anak. 

Untuk memperoleh asupan folat, kamu bisa mengonsumsi bayam, kubis, kacang-kacangan, biji bunga matahari, telur, buah segar, dan makanan laut. 

6. Vitamin B12

Vitamin B12 bisa dikonsumsi untuk mendukung fungsi otak. Vitamin ini berperan untuk mencegah terjadinya atrofi otak, yaitu kondisi hilangnya sel otak. Hal ini sering dikaitkan dengan hilangnya ingatan atau demensia. 

Berdasarkan American Journal of Clinical Nutrition, konsentrasi vitamin B12 yang rendah dapat berdampak pada kinerja memori yang buruk. 

Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa mengonsumsi sumber vitamin B12, seperti daging, ikan, susu, keju, telur, dan sereal.  

7. Vitamin C

Vitamin C dan flavonoid juga bisa membantu meningkatkan fungsi otak dan membuat organ penting manusia ini menjadi lebih sehat.

Selain mendukung fungsi otak, vitamin C berpotensi mengatasi peradangan yang merusak otak. Berdasarkan Journal of Nutrients, mengonsumsi makanan kaya vitamin C dapat menurunkan risiko demensia dan Alzheimer. 

Sumber vitamin C bisa kamu peroleh dari kiwi, paprika merah dan hijau, stroberi, jeruk, brokoli, tomat, serta kembang kol. 

 

Sumber: Klikdokter.com

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer