Sukses


7 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Brokoli, yang termasuk keluarga sayuran cruciferous, sering kali dianggap sebagai satu di antara superfood yang penuh nutrisi penting.

Dengan penampilannya yang khas, dengan kepala bunga hijau kecil dan batang yang kuat, brokoli telah menjadi pilihan populer di meja makan di seluruh dunia.

Kepopuleran brokoli tidak hanya sebatas tampilannya yang menarik, tetapi juga karena kandungan nutrisi yang luar biasa di dalamnya.

Brokoli mengandung sejumlah zat aktif, seperti vitamin, mineral, serat pangan, dan senyawa fitokimia, yang memberikan manfaat positif bagi kesehatan tubuh kita.

Satu di antara manfaat terbesar dari brokoli adalah kandungan nutrisinya yang kaya akan antioksidan. Antioksidan membantu melindungi tubuh kita dari kerusakan seluler yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat mengakibatkan penyakit degeneratif, penuaan dini, dan bahkan kanker.

Brokoli mengandung senyawa-senyawa seperti vitamin C, beta-karoten, dan sulforaphane, yang memiliki efek antioksidan yang kuat dan dapat membantu melawan kerusakan oksidatif dalam tubuh.

Berikut tujuh manfaat brokoli untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui, seperti dikutip dari TimeofIndia, Selasa (11/7/2023).

2 dari 4 halaman

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengandung Antioksidan

Brokoli mengandung antioksidan yang kuat dan dapat membantu tubuh dalam menangkal berbagai macam penyakit. Selain itu, brokoli mengandung vitamin C yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Brokoli kaya akan kandungan kalsium dan vitamin K yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan mengonsumsi brokoli secara rutin, kita dapat menghindarkan masalah yang sering timbul pada tulang seperti osteoporosis.

Selain kalsium dan vitamin K, brokoli mengandung nutrisi seperti mangesium, fosfor, dan seng, yang baik untuk kesehatan tulang anak-anak dan kesehatan ibu hamil.

3 dari 4 halaman

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh

3. Makanan Baik Untuk Diet

Brokoli adalah sumber makanan yang baik dan kaya serat yang dapat membantu pencernaan, mencegah sulit buang air besar, mengontrol gula darah, dan dapat mengurangi nafsu makan berlebihan.

Dengan serat yang terkandung, sayuran ini dapat dijadikan makanan untuk membantu menurunkan berat badan karena serat yang ada pada brokoli membantu kita untuk kenyang lebih lama.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Brokoli mengandung beta karoten, vitamin A, fosfor, vitamin B kompleks, dan vitamin C, nutrisi-nutrisi tersebut baik untuk menjaga kesehatan mata.

Mengonsumsi brokoli secara rutin dapat membantu melindungi mata dari berbagai gangguan seperti katarak dan berbagai masalah lain yang sering diakibatkan oleh radiasi yang mengenai mata.

4 dari 4 halaman

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh

5. Mencegah Kanker

Brokoli yang dicampurkan dalam berbagai jenis sayuran seperti kembang kol dan kubis, dapat membantumu mecegah berbagai macam jenis kanker dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Brokoli dipercaya sangat ampuh untuk mencegah kanker payudara dan kanker rahim bagi wanita yang sedang hamil.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol

Seperti kebanyakan sayuran lainnya, brokoli mengandung serat yang cukup banyak yang dapat melarutkan kolesterol untuk keluar dari tubuh. Serat yang terkandung dalam brokoli membantu mengikat kolesterol dengan asam empedu di dalam pencernaan.

Ini membantu koleterol yang akan keluar dari tubuh kita dengan lebih mudah. Dari hasil beberpa penelitian, brokoli dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh hingga enam persen.

7. Mengurangi Alergi dan Peradangan

Brokoli dapat membantu untuk mengurangi peradangan yang terjadi pada tubuh. Ini karena brokoli mengandung asam lemak omega-3 yang dikenal sebagai antiinflamasi yang cukup kuat.

Dengan hal itu, sayuran ini dapat membantu seseorang yang menderita artritis karena brokoli mengandung sulforaphane, senyawa yang menghambat enzim yang dapat menyebabkan kerusakan sendi dan menyebabkan peradangan.

 

Sumber: TimesofIndia

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer