Sukses


6 Manfaat Vitamin B1 untuk Tubuh yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Vitamin adalah zat yang berperan langsung sebagai pengatur berbagai nutrisi yang telah dikonsumsi dan masuk ke tubuh. Jadi, vitamin merupakan nutrisi tambahan yang diperlukan tubuh sebagai penunjang kinerja sel.

Namun, vitamin tidak bisa dihasilkan sendiri oleh tubuh. Vitamin yang ada berasal dari makanan dan buah-buahan. Selain itu, vitamin bisa didapatkan vitamin dari berbagai suplemen.

Setiap harinya seseorang memerlukan berbagai vitamin untuk membantu fungsi tubuh bekerja dengan optimal. Ada beragam jenis vitamin yang diperlukan tubuh.

Satu di antara vitamin yang penting dan tidak boleh dilewatkan asupannya adalah vitamin B1. Vitamin B1 dikenal juga dengan nama tiamin.

Kekurangan vitamin B1 dapat membuat kamu berisiko terkena sejumlah masalah kesehatan. Fungsi vitamin B1 adalah sebagai mediator pengubah makanan (karbohidrat) menjadi energi, serta menjaga organ seperti saraf, jantung, dan lain-lain. 

Tidak hanya itu, masih banyak manfaat vitamin B1 lainnya. Apa saja manfaat vitamin B1 untuk tubuh?

Berikut ini manfaat vitamin B1 untuk tubuh yang perlu diketahui, disadur dari Klikdokter, Selasa (11/7/2023).

2 dari 5 halaman

Manfaat Vitamin B1 untuk Tubuh

1. Meningkatkan Produksi Energi

Ketika gula bercampur dengan vitamin B1, zat ini dapat menjadi energi yang digunakan untuk tubuh. Vitamin B1 membantu membuat proses tersebut menjadi lebih cepat dengan mendukung enzim lainnya.

2. Menurunkan Efek Sepsis

Sepsis adalah respons serius tubuh terhadap infeksi. Kondisi ini dapat berujung fatal jika tubuh kekurangan jumlah vitamin B1. Vitamin B1 juga dapat mengurangi risiko gagal ginjal yang kerap disebabkan infeksi.

3. Membantu Mengurangi Depresi

Mengonsumsi vitamin B1 yang dibarengi dengan obat antidepresan dinilai dapat membantu mengurangi depresi. Kegunaan vitamin B1 membantu mengurangi gejala dan menstabilkan suasana hati.

3 dari 5 halaman

Manfaat Vitamin B1 untuk Tubuh

4. Mengelola Penyakit Diabetes

Jika kamu menderita diabetes, pertimbangkan untuk mengonsumsi lebih banyak tiamin. Melansir WebMD via Klikdokter, gula darah tinggi dan kadar insulin akan membaik setelah mengonsumsi vitamin B1 selama enam minggu.

Manfaat vitamin B1 juga membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan komplikasi jantung pada pengidap diabetes.

Lalu, vitamin B1 dan B12 dapat membantu meredakan nyeri saraf pada penderita diabetes. Hal ini mengurangi kebutuhan untuk mengonsumsi obat penghilang rasa sakit.

Konsultasi dulu dengan dokter penyakit dalam untuk mengetahui kebutuhan vitamin B1 yang sesuai dengan kondisi diabetesmu.

5. Meminimalkan Risiko Penyakit Jantung

Tiamin penting untuk produksi asetilkolin, yang menolong tubuh mengirimkan pesan atau sinyal antara saraf dan otot. Tanpa asetilkolin, jantung tidak akan bekerja sebagaimana mestinya.

Kekurangan B1 merupakan satu di antara penyebab terjadinya masalah pada fungsi jantung.

6. Meningkatkan Memori

Mendapatkan cukup tiamin dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan memori. Manfaat ini dikarenakan efek positifnya pada perilaku dan fungsi otak.

4 dari 5 halaman

Dampak Kekurangan Vitamin B1

Kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan:

  • Sakit kepala
  • Kelelahan
  • Sifat lekas marah
  • Depresi
  • Ketaknyamanan perut

Tingkat tiamin yang sangat rendah dapat menyebabkan:

  • Beri-beri
  • Detak jantung cepat
  • Tekanan darah rendah (hipotensi)
  • Retensi cairan
  • Masalah pada otak

Untungnya, kekurangan tiamin jarang terjadi pada orang dewasa yang sehat. Kondisi ini lebih sering terjadi pada orang dengan kondisi medis tertentu, antara lain:

  • Alkoholisme
  • Penyakit Crohn
  • Anoreksia

Jangan abaikan peran vitamin B1 di dalam tubuh. Makan makanan bergizi seimbang yang kaya tiamin, dan cobalah tidak memasak makanan terlalu lama untuk menjaga nutrisi sebanyak mungkin.

5 dari 5 halaman

Dampak Kelebihan Vitamin B1

Sampai saat ini belum diketahui pasti efek samping atau bahaya kelebihan vitamin B1. Namun, kamu tetap perlu memenuhi asupannya sewajarnya.

Jika ingin minum suplemen vitamin B1, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Ikuti anjuran yang diberikan. Itulah pentingnya vitamin B1 untuk kesehatan kita.

 

Disadur dar: Klikdokter.com (Published: 9/6/2022)

Baca artikel seputar manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer