Sukses


8 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Buah nangka merupakan buah yang banyak disukai. Hal itu karena rasanya yang enak dan memiliki aroma khas.

Tak heran nangka sering digunakan sebagai bahan campuran minuman dan makanan. Selain itu, buah ini tidak sulit ditemukan di Indonesia

Buah nangka disebut kaya akan vitamin dan mineral alami. Kandungan yang ada tersebut membuat buah ini baik untuk dikonsumsi setidaknya seminggu sekali.

Nangka kaya akan nutrisi yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Tak hanya itu, masih ada manfaat lain dari buah nangka tersebut.

Bagi kamu yang suka dengan buah nangka tentu perlu mengetahui manfaatnya untuk tubuh. Di bawah ini beberapa manfaat buah nangka yang bisa dibaca dengan saksama.

Berikut ini beberapa manfaat buah nangka untuk tubuh yang perlu diketahui, disadur dari Klikdokter, Rabu (12/7/2023).

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Nangka

1. Mencegah Kanker

Berdasarkan riset dari American Institute for Cancer Research, phytochemical di dalam buah nangka memiliki kandungan antioksidan yang secara efektif bisa menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Tidak hanya itu, buah nangka mengandung zat lainnya yang dapat menangkal radikal bebas, seperti tanin dan flavonoid.

Kandungan fitonutrien dalam nangka merupakan senyawa alami yang mungkin memiliki manfaat melawan kanker. Senyawa itu bisa mencegah pembentukan sel kanker di tubuh.

2. Melindungi Kulit

Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah nangka dipercaya bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Agar manfaatnya lebih maksimal, tetap gunakan sunscreen tiap kali ingin ke luar rumah.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Kandungan kalium di dalam buah nangka dipercaya bisa mengendalikan tekanan darah dan detak jantung. Pada akhirnya, kalium akan menurunkan risiko stroke dan serangan jantung.

Tidak hanya itu, kandungan resveratrol buah nangka bisa membantu mengatasi penyakit kardiovaskular seperti hipertensi.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Nangka

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Tidak hanya kalium, buah nangka mengandung kalsium yang bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang. Kandungan magnesium buah nangka juga bisa membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh.

Inilah sebabnya, makan nangka dengan porsi yang tepat setiap hari bisa mengurangi gejala osteoporosis di kemudian hari.

5. Mengontrol Gula Darah

Buah nangka memiliki indeks glikemik yang cukup rendah. Hal ini juga berkaitan erat dengan kandungan seratnya yang tinggi untuk membantu memperlambat sistem pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah.

Selain itu, nangka menyediakan beberapa protein yang dapat membantu mencegah kadar gula darah naik terlalu cepat setelah makan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Nangka

6. Melindungi Tubuh dari Penyakit

Vitamin C di dalam buah nangka membantu mencegah peradangan yang dapat menyebabkan penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

Lalu, kandungan karotenoid-nya juga sudah terbukti bisa menurunkan peradangan dan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2.

Kandungan flavanon nangka mengandung sifat antiinflamasi yang bisa membantu menurunkan gula darah, tekanan darah, dan kadar kolesterol.

7. Mengontrol Tekanan Darah

Menurut American Heart Association, potassium di dalam buah nangka dipercaya secara efektif bisa menurunkan tekanan darah. Hal ini bekerja dengan mengurangi tegangan yang ada di dinding pembuluh darah.

8. Mengatasi Sembelit

Nangka adalah sumber serat yang baik. Jadi, bisa membantu kamu merasa kenyang lebih lama dan membantu melancarkan BAB. Sebaiknya, imbangi juga dengan jenis buah lainnya, seperti pisang, pepaya, dan lainnya.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 17/11/2020)

Baca artikel seputar manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer