Sukses


Bacaan Doa Hari Kamis dan Keutamaannya bagi Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Doa merupakan sarana komunikasi utama bagi seorang hamba dengan Tuhannya, sebagai bentuk pengakuan akan keterbatasan diri dan kebutuhan akan pertolongan-Nya.

Dalam agama Islam, doa menjadi inti ibadah dan merupakan jembatan yang menghubungkan manusia dengan Allah Swt.

Tiap-tiap hari dalam seminggu memiliki doa khusus yang sangat dianjurkan untuk dibaca. Satu di antaranya ada doa yang mustajab atau dikabulkan di hari Kamis.

Mungkin kita selama ini banyak mendengar istilah Jumat Berkah. Namun, hari Kamis juga memiliki keutamaan dengan berbagai amalan yang bisa umat muslim lakukan, beberapa di antaranya puasa kamis dan membaca doa di hari kamis.

Berikut bacaan doa hari Kamis dan keutamaannya bagi umat muslim, disadur dari Dream, Senin (24/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Hari Kamis

Ketika sudah masuk hari Kamis, hendaknya umat muslim tidak melewatkan untuk membaca doa hari Kamis dengan berbagai kebaikannya.

Berikut adalah beberapa doa hari Kamis yang bisa umat muslim amalkan:

Allhumma innii as’aluka hudaa wattuqaa wal ‘afaafa wa ghinaa wal ‘amala bima tuhibbu watardhaa, allhumma inni as’aluka mon quwwatika lidha’finaa wa min ghinaaka lifaqrinaa wa faaqatinaa, wamin hilmika wa ‘ilmika li jahlinaa, allahumma shalli ‘alaa muhammadin wa ‘aali muhammadin, wa a’innaa ‘alaa syukrika wa dzikrika, wa thaa’atika wa ‘ibaadatika, birahmatika yaa arhamar raahimiin.

Artinya: "Ya Allah, aku memohon petunjuk kepada-Mu dan kehormatan dan kekayaan serta beramal sesuai dengan apa yang Engkau cintai dan ridai. Ya Allah, aku memohon kekuatan dari-Mu karena kelemahan kami, kekayaan dari-Mu karena kefakiran dan kepapaan kami, dan kearifan dan ilmu dari-Mu karena kejahilan kami. Ya Allah, sampaikanlah selawat kepada Nabi Muhammad saw. dan keluarganya dan bantulah kami supaya dapat bersyukur dan berzikir kepada-Mu, dengan rahmat-Mu wahai Yang Maha Pengasih di antara yang mengasihi."

3 dari 3 halaman

Keutamaan Hari Kamis

Umat muslim perlu mengetahui apa saja keutamaan dari hari Kamis. Ketika umat muslim mengetahuinya, hal ini bisa memotivasi kamu untuk melakukan amalan-amalan yang dianjurkan pada hari tersebut.

Berikut adalah beberapa keutamaan hari Kamis yang perlu umat muslim ketahui:

Dibukanya Pintu Surga

Satu di antara keutamaan hari Kamis adalah dibukanya pintu surga serta diampuni dari dosa-dosa. Setiap orang tentu saja ingin masuk surga ketika sudah meninggal. Namun, hal tersebut tidaklah mudah. Seseorang haruslah menjalanlan apa yang diperintahkan Allah Swt. dan menjauhi segala larangan-Nya.

Hal ini seperti dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh muslim berikut:

"Pintu-pintu surga akan dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apa pun akan diampuni dosa-dosanya, terkecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Kemudian dikatakan, 'Tundalah pengampunan dosa kepada kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan dosa kepada kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan dosa kepada kedua orang ini sampai keduanya berdamai'." (HR. Muslim)

Hari Pengangkatan Amal Manusia

Keutamaan yang kedua dari hari Kamis adalah sebagai hari pengangkatan amal manusia. Hal ini sesuai yang dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi berikut:

"Amal manusia diangkat pada hari Senin dan Kamis maka aku menyukai amal perbuatanku diangkat sedangkan aku dalam keadaan berpuasa." (HR. At-Tirmidzi)

Rasulullah saw. Sering Melakukan Perjalanan di Hari Kamis

Perlu umat muslim ketahui bahwa Rasulullah saw. sering melakukan perjalanan di hari Kamis. Baik itu untuk berdagang, berdakwah, hingga berperang. Seperti yang dijelaskan dalam hadis berikut:

"Sangat jarang Rasulullah saw keluar (untuk melakukan perjalanan) kecuali pada hari Kamis." (HR. Bukhari)

Berkah bagi Para Penuntut Ilmu

Keutamaan yang terakhir dari hari Kamis adalah berkah bagi para penuntut ilmu. Seperti yang dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh As-Suyuthi berikut:

"Bersegeralah dalam menuntut ilmu. Sesungguhnya aku memohon kepada Tuhanku agar diberkati pada pagi hari dan menjadikan hari ini adalah hari Kamis."(HR. As-Suyuthi)

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 14/10/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer