Sukses


10 Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Sebagai upaya menjaga kesehatan tubuh, mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan memiliki efek positif bagi tubuh menjadi hal penting untuk dilakukan.

Satu di antara rempah-rempah yang telah dikenal sejak zaman kuno karena khasiatnya adalah kapulaga.

Kapulaga, dengan nama ilmiah Elettaria cardamomum, adalah rempah-rempah yang sering digunakan dalam berbagai masakan, khususnya makanan Asia dan Timur Tengah.

Tidak hanya memberikan aroma dan rasa yang lezat pada hidangan, kapulaga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh yang tak boleh diabaikan.

Lantas, apa saja manfaat dari rempah-rempah yang berbentuk kecil, tetapi memiliki efek yang menyehatkan ini?

Berikut 10 manfaat kapulaga untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (26/7/2023).

2 dari 4 halaman

Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan Tubuh

1. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Dalam sebuah studi, para peneliti memberikan tiga gram bubuk kapulaga per hari kepada 20 orang dewasa yang memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi). Setelah 12 minggu, tingkat tekanan darah menurun. 

Para peneliti melihat bahwa kadar antioksidan yang tinggi dan efek diuretik dalam kapulaga bertanggung jawab atas hal tersebut. Faktanya, status antioksidan pada partisipan penelitian meningkat hingga 90 persen pada akhir studi.

2. Memiliki Komponen Antikanker

Satu di antara kandungan kapulaga atau cardamom adalah komponen antikanker. Sejumlah studi yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa bubuk kapulaga dapat meningkatkan aktivitas beberapa enzim yang kemudian membantu melawan kanker.

Bumbu rempah ini juga meningkatkan kemampuan sel-sel untuk menghambat pertumbuhan tumor. Meski demikian, dibutuhkan penelitian yang lebih kuat pada manusia untuk memvalidasi hasil-hasil yang sudah ada.

3. Melindungi Tubuh dari Penyakit Kronis

Selain bersifat antikanker, kapulaga memberikan manfaat untuk tubuh karena komponen antiradang di dalamnya. Peradangan terjadi ketika tubuhmu terpapar oleh substansi-substansi asing. Dalam jangka panjang, kondisi ini bisa berujung pada timbulnya berbagai penyakit kronis.

Satu studi pada tikus menemukan bahwa mengonsumsi bubuk kapulaga menurunkan peradangan pada hati, yang disebabkan oleh pola makan tinggi karbohidrat dan lemak.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan Tubuh

4. Mengatasi Bau Mulut

Khasiat kapulaga untuk kesehatan berikutnya adalah dapat mengatasi bau mulut tidak sedap dan memperbaiki kesehatan mulut. Manfaat ini sebenarnya adalah resep kuno.  

Di beberapa budaya, mengunyah bagian buah kapulaga untuk menyegarkan napas termasuk hal yang umum. Bahkan, satu di antara produsen permen karet ternama menggunakan rempah ini pada produknya.

Satu studi menemukan bahwa ekstrak kapulaga efektif untuk melawan lima bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan gigi. Alasan mengapa kapulaga dapat membuat napas segar mungkin terkait dengan kemampuannya dalam melawan bakteri mulut.

5. Mencegah Keracunan Makanan

Manfaat kapulaga yang tak kalah penting adalah mencegah keracunan makanan.

Beberapa penelitian memperlihatkan bahwa ekstrak kapulaga dan minyak esensialnya sama efektif, dan terkadang lebih ampuh daripada obat-obatan standar untuk melawan E.coli dan Staphylococcus. Keduanya adalah bakteri penyebab keracunan makanan.

Campylobacter yang berkontribusi terhadap peradangan perut juga diteliti dapat diatasi dengan minyak esensial kapulaga. Namun, studi lebih lanjut tetap diperlukan untuk melihat efeknya lebih jauh pada manusia.

6. Baik untuk Kesehatan Pernapasan

Kapulaga diketahui dapat meningkatkan pernapasan dengan membuat jalan napas lebih rileks. Sebuah studi yang dilakukan pada tikus dan kelinci menemukan bahwa ekstrak kapulaga dapat mengendurkan saluran udara tenggorokan. 

Jika ekstrak ini punya efek yang sama terhadap orang dengan asma, mungkin dapat mencegah saluran udara mereka yang meradang dari rasa tercekik. Untuk mengetahui efektivitasnya ini, perlu dilakukan pengamatan lebih dalam.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan Tubuh

7. Membantu Mengatasi Masalah Pencernaan

Selama ribuan tahun, manfaat kapulaga untuk kesehatan mengatasi masalah pencernaan cukup populer di masyarakat.

Tidak hanya dapat digunakan sebagai obat herbal tunggal, kapulaga juga dapat dicampur dengan berbagai rempah dan herbal lain untuk mengatasi masalah pencernaan seperti mual dan muntah.

Dalam sebuah penelitian terhadap tikus, kapulaga telah terbukti mengurangi jumlah dan ukuran tukak lambung (luka pada lambung).

8. Mengobati Infeksi

Infeksi bakteri dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Nah, kapulaga memiliki efek antibakteri yang dapat mengatasi infeksi tertentu. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak dan minyak atsiri dari kapulaga mengandung senyawa yang dapat melawan beberapa jenis bakteri.

Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk memastikan manfaat kapulaga yang satu ini.

9. Baik untuk Kesehatan Jantung

Khasiat kapulaga yang terbukti pada hewan percobaan antara lain adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini disebabkan karena satu di antara kandungan kapulaga, yaitu antioksidan yang dapat membantu meningkatkan fungsi jantung.

Hewan percobaan yang mendapat kapulaga memiliki kadar kolesterol dan trigliserida yang lebih rendah. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terhadap manusia.

10. Membantu Menjaga Kesehatan Hati

Sejak dahulu, dalam pengobatan ayurveda telah diyakini manfaat kapulaga untuk membantu menjaga kesehatan hati.

Dalam suatu penelitian yang melibatkan orang-orang yang obesitas (kelebihan berat badan) dan perlemakan hati, didapati bahwa mereka yang mengonsumsi kapulaga memiliki kesehatan hati yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi plasebo.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 9/4/2023)

Yuk, baca juga artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer