Sukses


7 Manfaat Mengonsumsi Pare untuk Kesehatan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Pare merupakan satu di antara sayuran yang cukup populer di Asia, khususnya Asia Tenggara. Sayuran ini kerap dijadikan bahan masakan seperti tumis.

Pare identik dengan rasanya yang pahit. Bagi sebagian orang, rasa pahit itu membuat mereka enggan mengonsumsinya. Namun, ada juga yang justru menyukai rasa pahit khas ala pare tersebut. 

Pare mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Pare juga mengandung mineral penting bagi tubuh seperti potassium, sang, dan magnesium.

Konsumsilah pare yang masih segar dan usahakan yang organik, untuk mendapatkan manfaat pare secara maksimal.

Kamu dapat mendapatkan kandungan baik pada pare dengan mngonsusinya secara rutin. Kamu dapat membuat pare dengan memasaknya sebagai tumis atau membuat jus yang berbahan dasar pare.

Ada beberapa manfaat pare untuk kesehatan tubuh kita, seperti mengobati batu ginjal dan menurunkan kolesterol.

Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat mengonsumsi pare untuk kesehatan tubuh, dikutip dari Lifehack, Jumat (4/8/2023).

2 dari 4 halaman

Manfaat Pare untuk Kesehatan Tubuh

1. Membantu Melawan Kanker

Berbagai penelitian menunjukan pare memiliki beberpa senyawa yang dapat melawan kanker. Ekstrak pare yang dikonsumsi secara rutin efektif untuk membunuh sel-sel kanker yang ada di lambung, usus, dan paru-paru.

Pare juga dapat menghambat bertumbuhan glukosa yang dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker pankreas. Cobalah untuk membuat jus pare. Walau rasanya sangat pahit, kamu akan mendapatkan khasiat dari meminumnya.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Pare merupakan tambahan yang baik untuk makanan diet. Sayuran ini rendah kalori dan kaya serat. Serat melewati saluran pencernaan dengan cukup lambat, dapat membantumu kenyang lebih lama. Selain itu juga mengurangi rasa lapar dan nafsu makan.

Penelitian menunjukan mengonsumsi 4,8 gram ekstrak pare sekali setiap hari dapat membakar lemak pada perut dan membantu menurunkan berat badan. Selain itu pare sangat kaya akan nutrisi, dan baik untuk membantu mengurangi kadar lemak dalam tubuh.

3. Membantu Mengobati Diabetes Tipe 2

Beberapa penelitian telah menunjukan pare dapat menurunkan kadar gula atau glukosa dalam darah, yang biasanya menjadi penyebab terbesar munculnya diabetes tipe 2 ini. Konsumsilah pare secara rutin dalam bentuk segar maupun bubuk.

3 dari 4 halaman

Manfaat Pare untuk Kesehatan Tubuh

4. Mengobati Batu Ginjal

Memiliki batu ginjal adalah satu kondisi yang sangat menyakitkan bagi setiap orang. Pare dapat membantu untuk membersihkan batu ginjal dengan cara memecahkannya secara alami. Pare mengurangi kadar asam yang menjadi penghasil dari batu ginjal.

Buatlah teh pare dengan cara mencampurkan bubuk pare dengan segelas air putih hangat, usahakan jangan memberikan campuran apa pun ke dalamnya.

5. Menurunkan Kolesterol

Jika sedang berusaha menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh, mungkin kamu dapat menggunakan pare untuk membantunya. Selain dapat mengurangi kolesterol jahat, mengonsumsi pare sacara rutin dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stroke.

4 dari 4 halaman

Manfaat Pare untuk Kesehatan Tubuh

6. Meningkatkan sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang sehat dan kuat penting untuk menangkal infeksi dan berbagai macam penyakit kronis. Kamu dapat menambahkan pare goreng atau rebus dalam menu makanan untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pare dapat menyembuhkan diare dan berbagai gejala flu seperti demam dan sakit kepala. Mengonsumsi pare secara rutin juga dapat mengurangi kadar asam lambung, yang dapat menghindarkan dari penyakit maag.

7. Mengandung Banyak Vitamin K yang Baik untuk Tulang

Vitamin K yang terkandung dalam pare bermanfaat untuk kesehatan tulang dan pare memiliki efek antiinmflamsi yang cukup kuat.

Pada orang yang sedang mengalami penyakit aritis akan mengurangi gejala yang muncul seperti nyeri sendi dan peradangan, dengan mengonsumi pare karena mengandung vitamin K yang kuat. 

 

Sumber: Lifehack

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer