Sukses


10 Macam Makanan untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak, Orang Tua Wajib Tahu

Bola.com, Jakarta - Setiap orang tua pasti ingin memiliki anak yang cerdas. Sebuah kebanggaan bagi orang jika mempunyai anak yang berprestasi di bidang akademik.

Kecerdasan anak dipengaruhi oleh berbagai hal. Selain genetik dan stimulasi, nutrisi adalah faktor penting untuk menunjang perkembangan otak anak yang nantinya berdampak pada kecerdasan.

Kecerdasan otak anak dapat ditingkatkan melalui pilihan makanannya. Ada beberapa sumber makanan beserta kandungan nutrisi yang dinilai dapat memaksimalkan perkembangan otak si kecil.

Bagi orang tua yang ingin memiliki anak cerdas, perlu mengetahui makanan yang bisa meningkatkan kecerdasan otak. Apa saja makanan untuk kecerdasan otak anak?

Berikut ini 10 macam makanan yang bisa meningkatkan kecerdasan otak pada anak, disadur dari Klikdokter, Selasa (8/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Makanan untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

1. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung protein berkualitas tinggi serta omega 3 yang penting untuk pertumbuhan otak si kecil.

Ikan berlemak ini juga mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan. Misalnya, Salmon disuguhkan dalam bubur MPASI pada bayi atau diolah dengan cara lain sesuai selera anak.

2. Ikan Kembung

Tidak hanya ikan salmon, ikan laut lokal seperti ikan kembung juga mengandung omega-3 yang tinggi. Selain harganya lebih terjangkau, ikan kembung mudah didapatkan di Indonesia.

Jenis ikan lain, seperti tuna, tongkol, dan sarden, juga mengandung kadar omega 3 yang tinggi sehingga baik diberikan untuk anak.

3. Daging Merah

Makanan untuk kecerdasan otak anak berikutnya adalah daging merah. Ya, sumber protein ini kaya zat besi yang juga penting untuk pertumbuhan otak si kecil.

Olahan dan resep makanan untuk kecerdasan otak anak ini juga sangat bervariasi. Misalnya, daging merah dikukus atau direbus lalu dipotong kecil-kecil. Sajikan sesuai selera buah hati Anda. Sebaiknya, pilih daging segar dibandingkan daging olahan, seperti sosis atau ham, untuk nutrisi yang lebih maksimal.

3 dari 4 halaman

Makanan untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

4. Ayam dan Hati Ayam

Ayam mengandung kadar protein hewani yang tinggi dan penting untuk pertumbuhan anak, termasuk perkembangan otak. Selain dagingnya, hati ayam juga penting diberikan karena punya kadar zat besi yang tinggi.

5. Telur

Putih telur mengandung kadar protein yang tinggi, sementara kuning telur mengandung lemak dan omega 3 untuk pertumbuhan otak. Inilah alasan telur menjadi satu di antara pilihan makanan untuk kecerdasan otak anak.

6. Susu

Tidak hanya mengandung protein dan lemak, susu juga mengandung berbagai vitamin yang dapat menunjang pertumbuhan si kecil, termasuk otak.

Pada bayi, tentunya ASI adalah pilihan utama hingga mereka berusia enam bulan. Selanjutnya, ASI diberikan bersama MPASI hingga dua tahun. Susu UHT bisa mulai diberikan sejak anak berusia satu tahun.

Setelah usia dua tahun, konsumsi susu 1-2 gelas sehari tetap diperlukan anak sebagai asupan nutrisi.

7. Berbagai Minyak Nabati

Pada usia dua tahun ke bawah, lemak diperlukan anak untuk pertumbuhan otak. Pada usia ini, komposisi lemak dalam makanan dapat mencapai 35-50 persen dari total kalori anak.

Nah, berbagai minyak nabati, seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak sawit, dan minyak biji bunga matahari, dapat ditambahkan dalam MPASI bayi untuk mencukupi kebutuhan lemaknya.

4 dari 4 halaman

Makanan untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

8. Lemak Hewani

Tidak hanya lemak nabati, lemak hewani juga dapat ditambahkan dalam MPASI, misalnya butter dan lemak daging.

Tentunya konsumsi lemak ini juga perlu melihat kondisi gizi anak. Untuk anak yang mengalami gizi lebih atau obesitas, konsumsi makanan yang mengandung lemak ini perlu dibatasi.

9. Minyak Ikan

Minyak ikan penting karena mengandung berbagai nutrisi yang dapat menunjang pertumbuhan otak, seperti omega 3 dan vitamin A. Untuk itu, minyak ikan dapat menjadi satu di antara pilihan bagi para orang tua yang menginginkan anaknya tumbuh cerdas.

10. Kacang-kacangan

Selain mengandung protein dan lemak, kacang-kacangan juga mengandung banyak vitamin dan mineral, serta lemak esensial. Nutrisi-nutrisi ini penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak, serta kecerdasan anak.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 25/1/2021)

Baca artikel seputar anak lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer