Sukses


Kumpulan Doa Pagi Hari dalam Islam yang Bisa Mendatangkan Berkah

Bola.com, Jakarta - Doa pagi hari dalam Islam merupakan satu di antara cara untuk memohon rahmat kepada Allah Swt. dan mengawali hari dengan penuh semangat dan kesadaran spiritual.

Pagi adalah awal yang baik untuk membangun semangat dan pikiran positif. Setiap pagi hari tentunya kita berharap senantiasa diberi hari yang indah oleh Allah Swt.

Ada beberapa doa pagi yang diajarkan dalam Islam. Membaca doa tersebut tidak hanya membawa ketenangan jiwa, tetapi juga berkah dalam setiap langkah kehidupan.

Islam mengajarkan pentingnya menjalin hubungan yang erat dengan Allah dalam setiap aspek kehidupan, termasuk di pagi hari. 

Berikut kumpulan doa pagi hari dalam Islam yang bisa mendatangkan berkah, disadur dari Dream, Kamis (10/8/2023).

2 dari 4 halaman

Doa Pagi Hari dalam Islam yang Bisa Mendatangkan Berkah

Doa Pagi Hari dalam Islam

Setiap pagi sebelum mengawali aktivitas, hendaknya kita berdoa memohon perlindungan kepada Allah Swt. Doa pagi hari dipanjatkan sebagai bentuk permohonan agar segala urusan pada hari itu dimudahkan oleh-Nya.

Rasulullah saw. pernah mengajarkan doa yang dianjurkan untuk dibaca setiap pagi. Begini bacaan doanya:

Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.

Artinya: "Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali." (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

Doa Pagi Hari Islam saat Mengawali Pekerjaan

Setiap memulai pekerjaan di pagi hari, sebagai muslim kita disunahkan membaca doa agar diberikan kelancaran. Berikut bacaan doa pagi hari Islam yang perlu kamu amalkan saat mengawali aktivitas:

Allahummarzuqnii rizqan halaalan thayyiban, wasta'milnii thayyiban. Allahummaj'al ausa'a rizqika 'alayya 'inda kibari sinnii wanqithaa'i 'umrii. Allahummakfinii bihalaalika 'an haraamika wa aghninii bifadhlika 'amman siwaaka. Allahumma innii as-aluka rizqan waasi'an naafi'an. Allahumma innii as-aluka na'iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu

Artinya: "Ya Allah, berilah kepadaku rezeki yang halal dan baik, serta pakaikanlah kepadaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezeki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan kepada-Mu rezeki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku mohonkan kepada-Mu nikmat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang."

3 dari 4 halaman

Doa Pagi Hari dalam Islam yang Bisa Mendatangkan Berkah

Doa Pagi Hari Memohon Petunjuk Jalan yang Lurus

Setiap langkah manusia kadang berbelok dari jalan yang lurus. Inilah mengapa kita harus memohon kepada Allah agar senantiasa diberi petunjuk tetap di jalan kebenaran.

Berikut ini doa untuk memohon petunjuk jalan yang lurus, cocok diamalkan setiap pagi hari.

Rabbanaa aatinaa minladunka rahmataw-wahayyi lanaa min amrinaa rosyada.

Artinya: "Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami."

Doa Pagi Hari Islam agar Diringankan Beban Hidupnya

Masih ada banyak doa untuk dibaca waktu pagi hari, termasuk doa memohon diringankan beban hidupnya. Dikutip dari Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 286, berikut doa pagi hari dalam Islam supaya beban hidupmu diringankan oleh Allah Swt.:

Rabbana laa tuaa-khidzna innasiina au akhtho'na, rabbana wala tahmil 'alaina ishran kama hamaltahu 'alalladziina min qablina, rabbana wala tuhammilna ma la thooqatalanabih, wa'fu'anna waghfirlana warhamna, anta maulana fansurna 'alal qaumilkaafiriin.

Artinya: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

4 dari 4 halaman

Doa Pagi Hari dalam Islam yang Bisa Mendatangkan Berkah

Doa Supaya Diberi Petunjuk Saat Ambil Keputusan

Bagaimana bacaan doa agar diberikan keputusan terbaik? Berikut bacaan doanya dikutip dari Al-Qur'an surah Al-A'raf ayat 89:

"Rabbanaftah bainanaa wa baina qauminaa bilhaqqi wa anta khairul faatihiin."

Artinya: "Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak (adil). Engkaulah pemberi keputusan terbaik."

Doa Pagi Hari dalam Islam Mohon Perlindungan

Pada saat umat muslim tiba di tempat kerja dan hendak memulai pekerjaan, hendaknya membaca doa memulai pekerjaan di pagi hari agar senantiasa dilindungi oleh Allah Swt.

Berikut bunyi doanya yang dapat kamu baca setiap harinya:

Allahumma innii as-aluka min khairi hadzal amali wa khairi maa fiihi, wa'audzubika min syarri haadzal amali wasyarri maa fiihi innaka 'alaakulli syaiin qadiir

Artinya:

"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan pekerjaan ini dan segala kebaikan yang ada di dalamnya, dan aku berlindung kepada-Mu daripada keburukan pekerjaan ini dan segala keburukan yang ada di dalamnya. Sesungguhnya di atas segala sesuatu itu Engkaulah yang maha berkuasa menentukannya."  

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 4/4/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer