Sukses


ARRC Mandalika 2023: Pendapat Aldi Satya Mahendra Mengenai Sirkuit, Angin Ikut Bawa Kerikil ke Trek

Bola.com, Mandalika - Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat menjadi arena balap Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023. Ajang itu berlangsung selama tiga hari yakni pada Jumat (11/8/2023) sampai Minggu (13/8/2023).

Itu adalah kali pertama Sirkuit Mandaliika menjadi tuan rumah ajang ARRC 2023. Hal itu membuat hampir semua pembalap yang bertarung pada ajang balap itu menjalani debut di Mandalika.

Satu di antaranya adalah Aldi Satya Mahenda. Pembalap asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu tampil apik dengan menduduki posisi kedua nomor AP250, Sabtu (12/8/2023).

Aldi Satya Mahendra pun mengungkapkan pandangannya mengenai Sirkuit Mandalika. Ia merasa sirkuit yang sudah pernah menggekar MotoGP dan World Superbike itu sebagai sirkuit yang menantang.

"Menurut saya sirkuit ini memiliki tipe high speed corner, diperlukan speed juga di tikungan," ujarnya. 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Perlu Kontrol Tinggi

Aldi Satya Mahenda merasa Sirkuit Mandalika memerlukan kontrol yang sangat maksimal terhadap motor. Terlebih, sirkuit itu dibangun tak jauh dari lautan. 

Hal itu membuat angin kencang kerap berhembus ke sirkuit. Adanya angin itu memberikan tantangan tersendiri menurut Aldi. 

"Perlu kontrol juga karena di sini dekat dengan lautan jadi anginnya bisa membawa kerikil kecil ke lintasan. Saya tadi juga hampir jatuh," ujar pembalap Yamaha Racing Indonesia itu. 

3 dari 3 halaman

Cuaca Panas

Selain itu, Sirkuit Mandalika bisa sangat panas jika cuaca sedang cerah. Hal itu akan memberikan ujian tersendiri bagi ban yang digunakan pada pembalap.

Ban itu bisa cepat kehilangan daya cengkeram. Aldi Satya Mahendra pun mengungkapkan ia sempat hampir jatuh karena kehilangan grip ban.

"Cuaca di sini sangat panas juga panas, saya tadi baru tiga lap sudah kehilangan grip," ungkapnya.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer