Sukses


Bacaan Doa setelah Sujud Terakhir beserta Hukumnya

Bola.com, Jakarta - Dalam agama Islam, salat merupakan satu di antara bentuk ibadah kepada Allah Swt. Setiap gerakan dan bacaan dalam salat memiliki makna mendalam.

Satu di antara gerakan dalam salat adalah sujud terakhir. Sujud merupakan momen di mana kita berada dalam posisi paling rendah, penuh penghormatan, dan khusyuk kepada Allah.

Setelah sujud terakhir, ada bacaan doa yang bisa dipanjatkan umat muslim. Doa tersebut merupakan bentuk pengharapan dan kerendahan diri kepada Allah Swt.

Doa setelah sujud terakhir adalah wadah untuk memohon ampunan, mengungkapkan keinginan, dan merenungkan nikmat-Nya yang tak terhitung.

Berikut bacaan doa setelah sujud terakhir beserta hukumnya, disadur dari Dream, Senin (14/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Hukum Berdoa saat Sujud Terakhir

Sebelum membahas tentang bacaan doa setelah sujud terakhir, umat Islam harus mengetahui terlebih dahulu tentang hukum membaca doa saat sujud terakhir.

Hukum berdoa saat sujud terakhir adalah sah atau boleh dilakukan. Namun, hal tersebut ada ketentuan yang harus diketahui oleh setiap umat Islam. Ketentuan-ketentuan tersebut antaranya adalah sebagai berikut:

Berdasar Teladan Nabi Muhammad saw

Ketentuan yang pertama adalah dengan berdasar pada teladan Nabi Muhammad saw. Sebagaimana terdapat dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Baro’ bin ‘Azib mengatakan:

"Aku pernah salat bersama Nabi Muhammad saw. Aku mendapati bahwa berdiri, rukuk, sujud, duduk beliau sebelum salam dan berpaling, semuanya hampir sama (lamanya)."

Inilah yang benar. Namun, ada tempat doa selain sujud, yakni setelah tasyahud. Saat Nabi Muhammad saw. mengajarkan, beliau pun bersabda:

"Kemudian setelah tasyahud, terserah padamu berdoa dengan doa apa saja."

Maka berdoalah ketika itu sedikit atau lama setelah tasyahud akhir sebelum salam.

Melalui hadis di atas menunjukkan bahwa berdoa di saat sujud dengan tidak melewatkan bagian lainnya, yaitu salat dengan waktu yang sama di antara semua bagian salat seperti halnya rukuk dan duduk di antara dua sujud. Dengan begitu, maka tidak akan kehilangan doa di bagian yang istimewa.

Dikabulkan Allah Swt.

Doa setelah sujud terakhir akan dikabulkan Allah Swt. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ras berikut:

"Adapun ketika rukuk, maka agungkanlah Allah. Sedangkan ketika sujud, maka bersungguh-sungguhlah dalam berdoa, maka doa tersebut pasti dikabulkan untuk kalian." (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 479]

Melalui hadis di atas menjelaskan bahwa umat Islam haruslah bersungguh-sungguh ketika menjalankan setiap gerakan salat.

Tak terkecuali saat sedang sujud haruslah bersungguh-sungguh karena di waktu itulah, manusia berada paling dekat dengan Allah Swt. Jadi, jika umat muslim bersungguh-sungguh maka Insyaallah akan dikabulkan oleh Allah Swt.

Bersumber dari Al-Quran

Ketentuan yang ketiga adalah doa yang dipanjatkan adalah dengan bersumber dari Al-Qur'an. Hal ini karena pedoman bagi kehidupan manusia adalah Al-Qur'an.

Jadi, saat berdoa pun juga harus sesuai dengan Al-Qur'an karena dijamin lebih mustajab dan bahkan adalah doa yang berasal dari orang-orang saleh sebelumnya yang ada di dalam Al-Qur'an.

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa setelah Sujud Terakhir

Setelah mengetahui hukum dan ketentuannya dalam membaca doa pada sujud terakhir, berikut adalah bacaan doa setelah sujud terakhir yang penting umat Islam ketahui:

Doa setelah Sujud Terakhir agar Diwafatkan dalam Kondisi Husnul Khotimah

Saat melakukan sujud terakhir maka berikut adalah bacaan doa setelah sujud terakhir agar diwafatkan dalam kondisi yang husnul khotimah:

 اللهم إني أسألك حسن الخاتمة

Allahumma inni as'aluka husnal khotimah.

Artinya: "Ya Allah aku meminta kepada-Mu husnul khotimah."

Doa setelah Sujud Terakhir agar Diberikan Kesempatan Tobat sebelum Wafat

Inilah doa setelah sujud terakhir yang bisa dibaca agar diberikan kesempatan untuk bertobat terlebih dahulu sebelum wafat:

٢. اللهم ارزقني توبتا نصوحا قبل الموت

Allahummarzuqni taubatan nasuha qoblal maut.

Artinya: "Ya Allah berilah aku rezeki taubat nasuha (atau sebenar-benarnya taubat) sebelum wafat."

Doa setelah Sujud Terakhir agar Hati Ditetapkan di Atas Agama-Nya

Berikut adalah bacaan doa setelah sujud terakhir agar hati ditetapkan di atas agama-Nya yang bisa diamalkan umat muslim:

٣. اللهم يا مقلب القلوب ثبت قلبي على دينك

Allahumma yaa muqollibal quluub tsabbit qolbi‘ala diinika.

Artinya: "Ya Allah wahai sang pembolak balik hati, tetapkanlah hatiku pada agama-Mu."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 4/4/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer