Sukses


6 Manfaat Menyehatkan Minyak Zaitun untuk Kulit dan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Ketika membahas tentang kesehatan, kita tak dapat mengabaikan betapa pentingnya menjaga tubuh agar tetap berfungsi optimal.

Di tengah gaya hidup modern yang serba cepat dan polusi lingkungan, menjaga kesehatan tubuh merupakan prioritas utama yang tak boleh diabaikan.

Satu di antara anugerah alam yang telah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu adalah minyak zaitun. Tidak hanya memberikan rasa lezat pada hidangan, minyak zaitun juga memiliki manfaat yang mengagumkan untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Minyak zaitun bukanlah sekadar komponen dalam kuliner, tetapi juga merupakan sumber nutrisi bernilai tinggi yang berkontribusi dalam menjaga kesehatan tubuh.

Dari membantu menjaga keseimbangan kolesterol hingga melindungi jantung, minyak zaitun memiliki sifat-sifat yang menjadikannya bahan alami yang mengesankan dalam merawat tubuh dari dalam. 

Berikut enam manfaat menyehatkan minyak zaitun untuk kulit dan tubuh, seperti dilansir dari Healthline, Senin (14/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Minyak Zaitun untuk Kulit dan Tubuh

1. Mengandung Antioksidan

Antioksidan yang terkandung di dalam minyak zaitun dapat mencegah berbagai penyakit kronis. Antioksidan tersebut juga dapat melawan radikal bebas yang menjadi penyebab tumbuhnya sel kanker.

Selain itu, antioksidan dapat menghindarkan kulit dari paparan radikal bebas, yang dapat menyebabkan kulit terlihat kusam, mudah keriput, dan menyebabkan penuaan dini.

Untuk manfaat kesehatan tubuh, kamu dapat mengonsumsinya dengan mencampurkan minyak zaitun pada makanan. Sedangkan untuk menjaga kesehatan kulit, kamu dapat mengoleskan minyak ini pada permukaan kulit.

2. Menjaga Kesehatan Hati

Menjaga kesehatan hati merupakan hal penting. Organ hati memiliki tugas vital untuk menyaring berbagai racun yang ada dalam tubuh.

Kamu dapat mengonsumsi minyak zaitun yang dapat membantu usaha menjaga kesehatan hati. Hal ini karena minyak zaitun mengandung asam oleat dan senyawa fenolik.

Berbagai kandungan tersebut dapat mencegah stres oksidatif, peradangan, dan resistensi insulin, yang dapat menyebabkan gangguan pada organ hati.

3 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Minyak Zaitun untuk Kulit dan Tubuh

3. Mencegah Penyakit Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit di mana pengidapnya dapat kehilangan memori dan dapat dengan mudah melupakan sesuatu yang pernah terjadi. Penyakit ini biasanya banyak diidap lansia.

Untuk mencegah munculnya penyakit Alzheimer, kamu dapat menggunakan minyak zaitun yang dikonsumsi dengan mencampurkannya ke dalam makanan yang akan kamu konsumsi.

Hal ini karena minyak zaitun dapat memperlancar aliran darah menuju ke otak dan melindungi pembuluh darah. Selain itu, kandungan oleocanthal di dalam minyak zaitun dapat membantu menekan laju atau menghentikan pertumbuhan Alzheimer.

4. Menyehatkan Jantung

Jantung merupakan organ vita penting bagi tubuh, mengingat tugasnya memompa aliran darah ke seluruh tubuh. Dengan aliran darah yang lancar, organ di dalam tubuh akan bekerja dengan semestinya.

Mengonsumsi makanan yang telah dicampurkan minyak zaitun, seperti salad sayuran, dapat dengan efektif membantu menjaga kesehatan jantung.

Minyak zaitun dapat menurunkan tekanan darah, mencegah penggumpalan darah, dan menjaga dinding pembuluh darah, yang pada akhirnya dapat memperlancar pompa darah menuju ke seluruh tubuh.

4 dari 4 halaman

Manfaat Menyehatkan Minyak Zaitun untuk Kulit dan Tubuh

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Mengonsumsi minyak zaitun secara rutin setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Kadar kolesterol jahat yang terlalu banyak di dalam tubuh dapat menimbulkan plak, yang dapat menyumbat pembuluh darah, dan mengakibatkan munculnya penyakit jantung.

Untuk mendapatkan manfaatnya sebagai penurun kadar kolesterol, kamu dapat mengonsumsi minyak zaitun secara langsung atau mencampurkannya sebagai bahan masakan.

6. Menurunkan Risiko Depresi

Minyak zaitun yang dikonsumsi dengan cukup rutin, dapat membantu usaha mengatasi depresi dan kecemasan. Minyak zaitun dapat melindungi dan memberikan efek tenang pada sistem saraf.

Untuk mendapatkan manfaatnya sebagai penurun risiko terkena depresi, kamu dapat mengonsumsi minyak zaitun saat sarapan di pagi hari, atau sebelum melakukan kegiatan di luar rumah.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer