Sukses


8 Cara Terbaik untuk Memiliki Pola Tidur yang Lebih Baik

Bola.com, Jakarta - Pada kehidupan yang makin sibuk dan penuh dengan tuntutan, kualitas tidur sering kali menjadi korban yang terabaikan.

Pola tidur yang baik memiliki dampak yang mendalam pada kesehatan dan kualitas hidup kita. Tidur yang cukup dan berkualitas tidak hanya memberikan istirahat bagi tubuh, tetapi juga membangkitkan keseimbangan emosional dan kognitif kita. 

Dalam menjalani rutinitas yang padat, kerap kali kita mengabaikan pentingnya tidur yang berkualitas. Namun, tidur yang baik adalah investasi dalam kesehatan.

Pola tidur yang tidak terjaga dengan baik, bisa meningkatkan risiko seseorang terkena stres serta kenaikan badan yang signifikan.

Perlu kamu pahami bahwa pola tidur memainkan peran penting terhadap keadaan kesehatanmu. Dengan itu, jangan sepelekan hal yang satu ini jika tidak ingin mengalami gangguan kesehatan.

Nah, berikut delapan cara terbaik untuk memiliki pola tidur yang lebih baik, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (23/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Memiliki Pola Tidur yang Lebih Baik

1. Lakukan Aktivitas Fisik 

Satu di antara cara memperbaiki pola tidur yang tidak teratur adalah dengan olahraga. Ya, olahraga adalah satu di antara cara paling baik untuk membuat tubuh bugar dan meningkatkan kualitas tidur.

Apabila kamu memiliki kebiasaan berolahraga, lakukan secara teratur dan usahakan untuk berolahraga pada pagi hari.

2. Relaksasi sebelum Tidur

Relaksasi sebelum kamu tidur dibutuhkan untuk menata kembali segala rutinitas keesokan hari. Melakukan relaksasi tidak perlu dengan olahraga yang berat, cukup dengan mengatur pernapasan serta meregangkan otot dan tulang persendian bisa membuat tidurmu jauh lebih pulas.

Selain itu, pertahankan suhu ruangan agar tetap sejuk. Suhu ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin akan memengaruhi kualitas tidur.

3. Jangan Mengonsumsi Kafein di Sore atau Malam Hari

Kafein dapat meningkatkan fokus, energi, dan kinerja olahraga. Namun, ketika dikonsumsi di sore hari, kafein menstimulasi sistem saraf dan dapat menghentikan tubuh untuk bersantai secara alami di malam hari.

Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi kafein hingga enam jam sebelum tidur secara signifikan memperburuk kualitas tidur. Kafein bisa tetap tinggi dalam darah selama 6-8 jam.

Jika kamu menginginkan secangkir kopi di sore atau malam hari, pilihlah kopi tanpa kafein.

3 dari 4 halaman

Cara Memiliki Pola Tidur yang Lebih Baik

4. Membuat Jadwal Tidur yang Konsisten

Cara memperbaiki pola tidur yang selanjutnya adalah dengan mengatur jadwal tidur yang konsisten. Hal ini berarti, kamu mencoba untuk tidur dan bangun di jam yang sama.

Lakukan juga aturan yang sama pada akhir pekan dan liburan. Dengan demikian, jam biologis tubuhmu akan terbiasa dan kamu bisa memiliki pola tidur yang lebih baik. 

5. Perhatikan Apa yang Kamu Makan dan Minum

Pola makan erat kaitannya dengan pola tidur. Jangan tidur saat kamu lapar atau kenyang. Hindari konsumsi makanan berat beberapa jam sebelum tidur.

Nikotin, kafein dan alkohol juga patut diwaspadai. Pasalnya, butuh waktu berjam-jam bagi tubuh untuk menghilangkan efek stimulasi nikotin dan kafein. Sedangkan, efek diuretik pada alkohol membuatmu yang berhasil tidur, akan sering buang air kecil. Hal ini tentu akan mengganggu kualitas tidur.

6. Atur Pencahayaan Ruangan 

Paparan cahaya bisa membuatmu sulit untuk tidur. Maka itu, gunakan lampu yang agak redup saat tidur. Selain itu, coba kurangi paparan cahaya yang berasal dari monitor komputer atau gadget.

Untuk di pagi hari, buatlah kamarmu terisi dengan cahaya matahari maupun cahaya lampu. Lampu kamar yang terang akan memudahkan kamu untuk terbangun.

4 dari 4 halaman

Cara Memiliki Pola Tidur yang Lebih Baik

7. Konsumsi Suplemen Melatonin 

Satu di antara cara memperbaiki pola tidur yang berantakan, bisa dengan bantuan suplemen melatonin. Melatonin adalah hormon tidur utama yang memberi tahu otak kapan waktunya untuk rileks. Suplemen melatonin sering digunakan untuk mengobati insomnia.

Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi 2 mg melatonin sebelum tidur akan meningkatkan kualitas tidur dan energi keesokan harinya, serta membantu orang tertidur lebih cepat.

Dalam penelitian lain, setengah dari kelompok tersebut tertidur lebih cepat dan mengalami peningkatan 15 persen dalam kualitas tidur.

8. Jangan Konsumsi Alkohol

Cara memperbaiki pola tidur agar menjadi lebih baik selanjutnya adalah dengan mengurangi atau tidak sama sekali mengonsumsi alkohol. Konsumsi alkohol beberapa kali di malam hari dapat berdampak negatif pada tidur dan hormon.

Alkohol diketahui menyebabkan atau meningkatkan gejala sleep apnea. Alkohol juga mengubah produksi melatonin malam hari, yang memainkan peran kunci dalam ritme sirkadian tubuh.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 20/10/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer