Sukses


Jenis-Jenis Buah yang Bisa Bantu Menaikkan Berat Badan

Bola.com, Jakarta - Dalam dunia yang sering kali menuntut untuk menurunkan berat badan, penting untuk diingat bahwa ada juga individu yang memiliki tujuan sebaliknya, yaitu menaikkan berat badan secara sehat.

Bagi mereka yang ingin melakukan peningkatan berat badan, pemilihan makanan yang tepat penting dalam mencapai tujuan tersebut.

Buah-buahan adalah satu di antara pilihan yang cerdas dan sehat untuk membantu meningkatkan berat badan tanpa mengabaikan nutrisi yang dibutuhkan. 

Buah mengandung vitamin, kalori, serta lemak sehat yang dipercaya bisa membantu seseorang menaikan berat badan tanpa efek samping.

Berikut jenis-jenis buah yang bisa membantu untuk menaikkan berat badan, seperti disadur dari Klikdokter, Kamis (24/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Buah yang Bisa Bantu untuk Menaikkan Berat Badan

1. Mangga 

Mangga merupakan satu di antara sumber kalori dan karbohidrat yang baik. Sebanyak 165 gram mangga mengandung 99 kalori dan 0,6 gram lemak. 

Meski bisa menaikkan berat badan, kamu perlu waspada dengan kadar gula mangga. Jika kamu menderita diabetes, porsi mangga harus dibatasi dan tidak boleh dikonsumsi berlebihan. 

2. Kurma 

Satu kurma mengandung sekitar 66,5 kalori dan 0,1 gram lemak. Namun, sama halnya mangga, buah kurma punya kandungan gula tinggi sehingga perlu berhati-hati dalam mengonsumsinya. 

3. Plum Kering

Satu porsi buah plum mengandung 67 kalori dan 0,1 lemak. Tidak hanya itu, plum mengandung 18 gram karbohidrat yang bisa membantu menaikkan berat badan. Selain itu, plum dikenal karena kemampuannya untuk meringankan sembelit. Kandungan seratnya mempercepat pencernaan makanan. 

3 dari 4 halaman

Buah yang Bisa Bantu untuk Menaikkan Berat Badan

4. Pisang 

Pisang menjadi satu di antara pilihan buah untuk meningkatkan berat badan yang tepat. Tidak hanya kaya serat, buah ini menjadi sumber karbohidrat dan kalori baik. 

Menurut berbagai penelitian, satu pisang berukuran sedang (118 gr) mengandung sekitar 105 kalori dan 0,4 gram lemak. Selain itu, pisang mengandung banyak mikronutrien yang tidak kalah bermanfaat untuk kesehatan. 

 5. Alpukat 

Alpukat menjadi sumber lemak baik yang bisa membantu menaikkan berat badan. Setengah buah alpukat mengandung sekitar 161 kalori dan 15 gram lemak. Alpukat juga kaya vitamin dan mineral, termasuk kalium serta vitamin K, C, B5 (asam pantotenat), dan B6 (piridoksin). 

Kamu bisa mengonsumsi buah alpukat secara langsung atau dijadikan jus. Konsumsi alpukat dapat dilakukan harian untuk meningkatkan berat badan. 

6. Kelapa 

Daging buah kelapa dianggap efektif meningkatkan berat badan. Dalam 28 gram daging kelapa, terdapat 99 kalori dan 9,4 gram lemak. Daging kelapa mengandung banyak mineral penting, termasuk fosfor dan tembaga.

Kamu bisa mengonsumsi daging kelapa dengan banyak cara, misalnya campuran salad buah atau smoothie bowl.

4 dari 4 halaman

Buah yang Bisa Bantu untuk Menaikkan Berat Badan

7. Nanas

Buah yang menyegarkan ini mengandung 83 kalori. Tidak heran nanas masuk daftar buah yang bisa menaikan berat badan. Satu cangkir nanas juga mengandung 78,9 miligram (mg) vitamin C, yang membuatnya bisa meningkatkan kesehatan sistem imun tubuh.

8. Aprikot Kering

Selain menjadi sumber kalori yang baik, aprikot kering mengandung beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin untuk mendukung kesehatan mata. 

Satu porsi aprikot kering (28 gram) mengandung 67 kalori, 18 gram karbohidrat, dan 0,1 gram lemak. 

9. Kismis 

Sejatinya, kismis adalah buah anggur yang dikeringkan. Sekitar 28 gram kismis, mengandung 85 gram kalori, 0,1 gram lemak, dan 22 gram karbohidrat.

Itulah sebabnya, buah kismis dianggap baik untuk menggemukkan badan. Kismis merupakan sumber magnesium, mangan, dan banyak vitamin B. Selain membuat badan berisi, kismis juga menyehatkan.

10. Anggur 

Buah kecil nan lezat yang satu ini ternyata bisa membuat badan berisi. Sekitar satu cangkir anggur segar mengandung 104 kalori, yang bisa membantu kamu mencapai berat badan ideal.

Buah anggur yang menyehatkan dengan segudang jenis ini memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti mencegah kanker hingga menjaga kesehatan jantung.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 19/6/2021)

Yuk, baca artikel jenis-jenis lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer