Sukses


Jadi Bintang pada Kualifikasi PON 2024, Atlet Berkuda Berusia 9 Tahun Mendominasi ESC Final Series Kelas U-14

Bola.com, Jakarta - Sepak terjang Atlet berkuda cilik, Naomi Afigthyven (9 Tahun) di kancah olahraga berkuda nasional semakin diperhitungkan setelah keberhasilannya tampil apik pada Kejuaraan Berkuda Piala Walikota Jakarta Timur dan ESC Final Series yang baru saja tuntas digelar akhir pekan lalu 19-20 Agustus 2023 di Jakarta International Equestrian Park (JIEP) Pulomas Jakarta Timur.

Pada kejuaraan berkuda yang hanya mempertandingkan kelas-kelas Dressage (tunggang serasi) dan menjadi bagian dari Babak Kualifikasi PON 2024 Cabang Olahraga Berkuda Equestrian tersebut, Naomi tampil cemerlang dengan mendominasi Kelas Dressage Walk Trot Test 2 U-14 yang merupakan kelas dasar bagi calon-calon atlet berkuda professional.

Wakil Equinara Horse Sport yang berpasangan dengan kuda Charmona Royale tersebut langsung menggebrak pada pertandingan di hari pembuka kejuaraan dengan raihan fantastis 111 poin dan skor akhir 69,375 % sekaligus meraih medali emas pertamanya di kejuaraan tersebut. Memasuki hari kedua kejuaraan, Naomi kembali menunjukkan performa maksimalnya saat pertandingan. Turun di kelas dan dengan kuda yang sama, Naomi kembali meraih medali emas dengan catatan 108,5 poin dan skor akhir 67,813 %.

Berkat dua kemenangan beruntunnya di kejuaraan tersebut Naomi pun dinobatkan sebagai peraih gelar Juara Umum (Overall Champions) di Kelas Dressage Walk Trot Test 2 U14 Kejuaraan Berkuda Equestrian Solidarity Challenge (ESC) yang telah menuntaskan tiga seri kejuaraan berkuda disepanjang musim kompetisi 2023 ini.

 

2 dari 3 halaman

Berkat Latihan Keras

Sementara itu kedua Orangtua Naomi, Hessa Afigthyven dan Tama Florentina sangat mengapresiasi keberhasilan Putri sulung Mereka dalam menjalani karier di dunia olahraga berkuda, apalagi catatan prestasi yang mampu ditunjukkan Naomi yang tengah berstudi di ACS Jakarta itu terbilang sangat konsisten disepanjang musim kompetisi tahun 2023 ini.

"Ini semua tentu berkat usaha keras Naomi yang rajin dan rutin berlatih kuda disela-sela kesibukan sekolahnya. Apalagi saat ini Naomi berlatih kuda bisa tiga atau empat kali dalam seminggu dengan jadwal latihan Dressage di Equinara Horse Sport dan latihan Show Jumping (lompat rintangan) di JJ Riding School yang berlokasi di Sawangan Depok," Ujar Tama Florentina.

Dalam menjalani karier berkudanya, sejumlah gelar juara dan penghargaan pun berhasil disabet Naomi yang lahir pada April 2014 ini. Mengawali debut sebagai Juara Pertama Kelas Dressage Walk Trot Test 2 U14 pada Kejuaraan Berkuda IHL Festival 2022 silam, catatan prestasi Naomi pun cukup signifikan di sepanjang musim kompetisi 2023 pada beberapa kejuaraan seperti Equestrian Solidarity Challenge (ESC), Equinara Pulomas Open (EPO), Djiugo Next Adventure (DNA, IHL Festival, Gubernur Cup Sumsel, dan yang terbaru adalah raihan prestasinya di Piala Walikota Jaktim & ESC Final Series.

“Sebenarnya Naomi lebih suka bertanding di kelas Show Jumping, tapi Naomi menyadari bahwa untuk memiliki kemampuan yang baik di kelas Show Jumping tentu harus menguasai Teknik-teknik di kelas Dressage, karena itulah Naomi tetap menjalani proses latihan Dressage juga Show Jumping dan untuk mengikuti kejuaraan pun Naomi akan ikut di pertandingan kelas Dressage dan juga Show Jumping.” Lanjut Tama Florentina.

 

3 dari 3 halaman

Tingkatkan Target

Tak hanya gelar-gelar juara di kelas Dressage, Naomi juga berhasil membukukan prestasi saat turun dipertandingan kelas-kelas Show Jumping. Beberapa gelar juga mampu dikoleksinya dari kategori pertandingan kuda lompat itu seperti meraih peringkat ke 5 dari total 86 peserta di Kelas SJ 30 Cm Open Kejuaraan Berkuda Djiugo Next Adventure 2023, Juara ke 4 Kelas SJ 50 Cm U16 Kejuaraan Berkuda IHL Festival 2023, dan yang terakhir adalah saat Naomi menjuarai Kelas SJ 30 Cm Open Kejuaraan Berkuda Gubernur Cup Sumsel yang diselenggarakan di Palembang Sumatera Selatan pada awal Agustus 2023 lalu.

“Untuk program pembinaan selanjutnya, setelah berdiskusi dengan Pelatih dan juga Naomi sendiri, berikutnya Naomi akan mencoba naik ke Kelas Dressage Walk Trot Test 3 dan juga Preliminary German, sedangkan untuk Show Jumping Naomi akan fokus dipertandingan dengan ketinggian lompatan 30 Cm hingga 50 Cm,” Tutup Tama Florentina.

Video Populer

Foto Populer