Sukses


10 Manfaat Durian untuk Kesehatan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Kesehatan adalah harta yang tak ternilai bagi setiap individu. Di tengah dinamika kehidupan modern yang serbacepat, menjaga kesehatan tubuh menjadi suatu prioritas utama.

Dalam pencarian akan pola makan yang seimbang dan bergizi, buah-buahan telah lama menjadi pilihan yang bijak. Namun, di antara beragam pilihan buah, ada satu yang mengundang perhatian khusus dengan citarasa unik dan kontroversi yang mengitarinya, yaitu buah durian.

Buah durian tidak hanya bisa dinikmati secara langsung. Ada bebagai makanan lezat yang bisa dibuat dari buah yang memiliki daging berwarna kuning muda ini.

Dari aroma khas yang menusuk hingga tekstur daging yang lembut, durian memang memiliki daya tariknya sendiri. Namun, di balik rasa enaknya, berbagai nutrisi yang terkandung bisa memberikan manfaat tersendiri untuk kesehatan tubuh.

Penasaran? Berikut 10 manfaat buah durian untuk kesehatan tubuh, seperti disadur dari Klikdokter, Kamis (24/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Durian untuk Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada durian berperan untuk mencegah pembentukan sel-sel abnormal di dalam tubuh. Buah ini mengandung polifenol yang memiliki efek antikanker. Oleh sebab itu, makan durian dapat bermanfaat untuk membantu menurunkan risiko kanker.

Selain itu, kandungan vitamin A, B, dan E pada buah yang memiliki cangkang berduri ini mampu membantu memberikan efek yang sama.

2. Memperkuat Tulang dan Sendi 

Manfaat buah durian bisa dirasakan tulang dan sendimu. Durian kaya kalsium, kalium, dan magnesium. Ketiga mineral ini memiliki peran untuk menjaga kesehatan tulang.

Kandungan tersebut bekerja dengan meningkatkan massa tulang, meningkatkan fleksibilitas sendi, dan memperbaiki kekuatan serat kolagen.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sistem imun merupakan pertahanan tubuh yang penting untuk menangkal penyakit akibat infeksi. Satu di antara vitamin yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, yaitu vitamin C.

Buah durian memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Oleh sebab itu, buah ini bisa menjadi pilihan untuk menjaga sistem imun tubuh.

Selain baik untuk daya tahan tubuh, vitamin C bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

3 dari 4 halaman

Manfaat Durian untuk Kesehatan Tubuh

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah durian mengandung kadar serat tinggi sehingga dapat membantu melancarkan pergerakan usus. Maka itu, durian dapat dijadikan sebagai satu di antara solusi mengatasi sembelit.

5. Mencegah Penuaan Dini 

Buah durian mengandung banyak antioksidan yang berperan untuk melawan radikal bebas. Sel-sel tubuh akan terhindar dari kerusakan. Dengan begitu, mengonsumsi durian bisa membuatmu lebih awet muda.

6. Menunjang Kesehatan Jantung

Selama ini durian dituding merusak, durian justru menunjang kesehatan jantung karena mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Manfaat durian ini didapatkan berkat kandungan serat di dalamnya.

Perlu kamu tahu, penurunan kadar kolesterol jahat sejalan dengan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah yang lebih rendah.

4 dari 4 halaman

Manfaat Durian untuk Kesehatan Tubuh

7. Mengontrol Tekanan Darah

Satu di antara manfaat makan durian adalah dapat menjaga tekanan darah. Buah berduri ini mengandung kadar kalium tinggi.

Kalium berperan membantu mengontrol tekanan darah agar tetap berada di rentang yang normal. Hal ini berarti, konsumsi buah tropis ini dalam porsi yang sesuai mampu menurunkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi.

8. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah 

Durian mengandung zat besi, folat, dan tembaga yang diperlukan untuk menciptakan sel darah merah. Kekurangan zat-zat tersebut menyebabkan berkurangnya sel darah merah atau yang biasa disebut anemia.

9. Mengatasi Insomnia

Durian memiliki senyawa bernama triptofan, yang bisa memberikan efek mengantuk (sedasi). Selain itu, kandungan vitamin B kompleks, kalsium, dan zat besi juga berkontribusi terhadap kualitas tidur yang baik.

Jika kamu mengalami kesulitan tidur di malam hari, mengonsumsi durian secara teratur dapat menjadi solusi.

10. Menurunkan Risiko Depresi

Ada penelitian yang menjelaskan bahwa satu di antara pemicu terjadinya depresi adalah kurangnya asupan vitamin B6. Buah durian mengandung banyak kadar vitamin B6 sehingga mampu mencegah terjadinya depresi dan gangguan mental sejenis.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 5/10/2020)

Yuk, bacaartikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer