Sukses


Arti Catoptrophobia atau Fobia Becermin yang Masih Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Catoptrophobia adalah perilaku fobia seseorang milihat cermin. Orang dengan fobia ini mungkin merasakan takut terhadap refleksi atau pantulan gambar mereka di cermin.

Meski terlihat langka dan aneh, fobia ini merupakan kondisi yang serius.

Orang dengan catoptrophobia bisa mengalami penurunan kualitas hidup. Sebab, mereka harus menghindari cermin saat beraktivitas sehari-hari.

Catoptrophobia memiliki nama lain, yaitu spectrophobia dan eisoptrophobia. Gejala dari fobia cermin ini bisa dialami berbeda-beda oleh setiap orang.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang catoptrophobia atau fobia melihat cermin, disadur dari Klikdokter, Senin (4/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Gejala Fobia Becermin

  • Mengalami gejala kecemasan, seperti gemetar, berkeringat, detak jantung meningkat, dan panik ketika menghadapi atau membayangkan cermin.
  • Menghindar, pergi, atau kabur saat berhadapan dengan oleh cermin.
  • Merasa tertekan dan kehidupan sehari-harinya terganggu akibat takut pada cermin.
3 dari 3 halaman

Terapi untuk Mengatasi Catoptrophobia

Orang dengan fobia cermin dapat diperiksa terlebih dahulu oleh psikolog atau psikiater. Apabila didiagnosis mengidap fobia, psikolog dapat memberikan perawatan atau terapi yang sesuai.

Sama seperti phobia lainnya, bisa diberikan treatment dengan penanganan yang tepat. Biasanya diberikan psikoterapi, seperti CBT, systematic desensitization, exposure therapy, hipnoterapi, dan sebagainya. 

Bila perlu, pengidap fobia harus mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi ketakutan atau kecemasan yang dialaminya.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 6/11/2021)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer